Pendakian Gunung Klotok Kediri

Gunung Klotok Kediri memiliki ketinggian 536 Mdpl dan termasuk jajaran perbukitan Gunung Wilis, ada dua bukit lagi di sekitaran Gunung Klotok yaitu Puncak Klop dan Gunung Maskumabang. Ketiga puncak bukit ini memiliki keindahan yang tak jauh berbeda yaitu: menikmati indahnya Kota Kediri dari ketinggian. Tapi kebanyakan para pendaki memilih camp di Puncak Watu Bengkah dan Puncak Klop Gunung Klotok.

Pendakian Gunung Klotok Kediri

Sejarah Gunung Klotok Kediri

Nama Gunung Klotok berasal dari dua kata yaitu: Kolo dan Tok. Kolo artinya bahaya dan Tok artinya saja. Jadi arti Gunung Klotok adalah gunung yang berbahaya. Jika sobat melihat Gunung Klotok dari kejauhan bentuknya mirip sosok perempuan yang sedang tidur. Oleh karena itu Gunung Klotok memiliki julukan Si Cantik Tidur.

Selain mirip putri tidur Gunung Klotok mempunyai nilai sejarah yang tinggi pada masa kerajaan Kediri. Tidak hanya itu di kaki Gunung Klotok ada 3 Goa yaitu: Goa Selomangleng, Goa Selobale dan Goa Padedean. Selain Goa ada satu sumber mata air yang bernama Sumber Lo.

Mitos Gunung Klotok Kediri

Bagi kalian pasangan muda-mudi yang masih pacaran dan ragu dengan kesetiaan pasangan kalian, ajaklah main ke Goa Selomangleng atau mendaki Gunung Klotok. Karena area Wisata Gunung Klotok masih dipercaya sebagian orang sebagai penguji kelanggengan hubungan asmara. Bagaimana sobat ingin mencobanya? kalau terbukti benar jangan sungkan untuk meninggal komentar he he heeeeee.
Pendakian Gunung Klotok Kediri Pendakian Gunung Klotok Kediri Pendakian Gunung Klotok Kediri

Alamat dan Rute Jalan Menuju Gunung Klotok Kediri

Jika sobat tertarik berkunjung kesini atau ingin mendaki gunung, Gunung Klotok berlokasi di  Desa Pojok, Kecamatan Mojoroto, Kota Kediri, Provinsi Jawa Timur. Berjarak sekitar 5,5 Km dari pusat Kota Kediri tidak terlalu jauh dan transpotasi umum mudah di temui.

Akses jalan menuju Gunung Klotok tidak sesulit gunung-gunung lain karena jalannya mulus dan tidak naik turun atau berkelok. Untuk rutenya, jika perjalanan sobat dimulai dari pusat Kota Kediri. Arahkan kendaraan sobat menuju Perempatan lampu merah Desa Sukorame. di perempatan itu nanti ada papan petunjuk arah menuju wisata Goa Selomangleng ikuti jalan saja sampai mentok sobat akan sampai di Wisata Goa Selomangleng dan Pendakian Gunung Klotok Kediri. Jika sobat masih bingung bisa menggunakan Google Map

Jalur Pendakian Gunung Klotok Kediri

Sebelum memulai pendakian, ada yang perlu sobat ketahui kalau Pendakian Gunung Klotok Kediri belum memiliki bascamp resmi, jadi kalau sobat mendaki Gunung Klotok tidak banyar alias gratis-tis-tis he he heeee dan untuk parkir kendaraan sobat bisa parkir di depan Universitas Kadiri (UNIK) di situ sudah ada tulisan parkir. Jika sobat mau berwisata ke Goa Selomangleng sobat terus saja parkir kendaraan ada di dalam wisata Goa Selomangleng.

Untuk sampai ke puncak Gunung Klotok, pertama-tama sobat ikuti jalan aspal belok kanan jalan aspal sedikit menajak nanti sobat akan ketemu kantong air PDAM di sebelah kanan jalan, disitulah pendakian sobat akan di mulai. 

Estimasi Pendakian Gunung Kotok   

Setelah melewati  kantong PDAM rute pendakian berubah menjadi jalur tanah padat tapi banyak kerikil. enaknya jalur pendakian sedikit menanjak dan banyak bonusnya, pemadangan yang sobat lihat hanyalah pohon rindang dan rumput-rumput liar di kanan kiri jalur pendakian.

Setelah berjalan sekitar 30 menit sampailah sobat di Pos 1 Gunung Klotok, pos ini bernama Pos Proliman. Pos Proliman adalah persimpangan antara jalur pendakian Puncak Watu Bengkah dan Puncak Klop Gunung Klotok. Jadi jangan sampai keliru niat mau ke Watu Bengkah malah ke Puncak Klop he he heeeeee.

Pos 1 Proliman Puncak Watu Bengkah 

Setelah selesai beristirahat di pos proliman lajutkan perjalanan sobat. Jalur pendakian yang akan sobat lewati masih belum menajak sampai ketemu sungai yang hampir mengering. kalau musim hujan sungai ini memiliki air yang melimpah jadi tidak usah capek-capek membawa air dari bawah.  tapi kalau musim kemarau sobat wajib membawa air dari bawah.

Setelah sobat melewati sungai jalur pendakian sedikit menajak sampai ketemu sungai lagi, setelah melewati sungai yang ke tiga jalur mulai menajak terus saja sampai ketemu persimpangan yang mengarah ke gubuk Mbah Katimin dan mengarah kepuncak Watu Bengkah. Di sinilah perjalan mendaki sobat paling berat jalur menajak struktur tanah merah kalau musim hujan pasti licin sekali jadi berhati-hati saat melintasi jalur ini.

Sesudah melewati jalur menajak sobat akan melewati kebun singkong milik Mbah Katimin. Sobat jangan mengambil singkong ini ya, karena singkong ini beracun orang sini menyebutnya Telo Pandemir atau Telo  Gendruo.

Kalau orang jaman dulu mekonsumsi Telo Pandemir dengan cara di jemur dulu sampai mejamur  agar getah beracun yang terkadung di dalam Telo Pademir hilang dulu lalu di buat Tiwol dan Gaplek. Jadi jangan pernah mengambil dan memakan tanaman yang satu ini kalau sobat tidak ingin keracunan lalu mati di Puncak Watu Bengkah Gunung Klotok.

Setelah sobat melewati kebun singkong jalur pendakian mulai datar lagi sampai ketemu batu besar baru jalur pendakian menajak lagi sampai ketemu pohon bambu. Di bawah pohon bambu ini sobat harus berhati-hati karena tanjakan yang akan sobat lewati sangat menajak dan licin padahal tidak musim hujan apalagi kalau musim hujan pasti tidak karu-karuan he he heeeeee.

Sesudah melewati tajakan di bawah pohon bambu sampailah sobat di Puncak Watu Bengkah Gunung Klotok Kediri. Dari Pos 1 Proliman menuju Puncak butuh waktu sekitar 1 jam 30 menit, jadi total waktu pendakian dari Parkiran ke Puncak Watu Bengkah Gunung Klotok butuh waktu sekitar 2 jam perjalanan.
Pendakian Gunung Klotok Kediri Pendakian Gunung Klotok Kediri Pendakian Gunung Klotok Kediri

Puncak Gunung Klotok Kediri

Puncak Gunung Klotok tidak terlalu luas, cukup datar dan masih ada pohon besar jadi pemadangan di puncak Klotok tidak los seperti gunung-gunung pada umumnya tapi bisa melihat Kota Kediri dengan jelas dan melihat indahnya Sunset dengan jelas kalau cuaca sedang cerah Gunung Kelud terlihat jelas dari sini.

Kalau sobat berniat mendaki Gunung Klotok, saya sarankan berangkatlah siang hari saja agar tidak kemaleman di jalur pendakian, sobat dapat tempat camp yang nyaman dan aman. Kalau sobat sampai kemaleman jangan berharap mendapatkan tempat camp yang aman dan nyaman, terutama pas hari sabtu  dan minggu atau hari libur Gunung Klotok selalu penuh dengan pendaki pemula dan sangat ramai sekali.  

Cukup sekian dulu dari saya semoga info tentang Pendakian Gunung Klotok Kediri bermanfaat untuk kalian semua. Semoga pendakian kalian menyenangkan dan sampai selamat sampai di rumah. Jangan lupa bawa turub sampah, Kurangi Sampah Plastik Perbanyak Piknik. Salam Lestari.