Pandakian Gunung Ungaran Via Promasan

Pendakian Gunung Ungaran Via Promasan, namanya memang tak setenar jalur pandakian Gunung Ungaran Via Mawar, tapi sobat harus tau dan mencoba melewati jalur pendakian Via Promasan, agar sobat tau rasanya menyusuri kebun teh menggunakan Motor tidak jalan kaki seperti Via Mawar. Gunung Ungaran memiliki ketinggian 2.050 mdpl. Berlokasi di Semarang, Jawa Tengah.

Walau tak terkenal seperti gunung lain Pandakian Gunung Ungaran Via Promasan terkenal dengan keindahan kebun teh-nya dan sangat ramah untuk pendaki pemula. Untuk sampai kepuncak Gunung Ungaran ada beberapa basecamp yang bisa sobat lewati antara lain.
Pandakian Gunung Ungaran Via Promasan Pandakian Gunung Ungaran Via Promasan Pandakian Gunung Ungaran Via Promasan
Pandakian Gunung Ungaran Via Promasan
Pandakian Gunung Ungaran Via Jimbaran
Pandakian Gunung Ungaran Via Medini
Pandakian Gunung Ungaran Via Perantunan
Pandakian Gunung Ungaran Via Gebungan
Pandakian Gunung Ungaran Via Gedong Songo

Dari semua basecamp yang telah saya tulis di atas, jalur pendakian Via mawar-lah yang paling favorit dan paling terkenal, saat saya pertamakali pertamka kali mendaki Gunung Ungaran saya lewat jalur Mawar, saya kesini lagi mengantarkan teman untuk melangkahkan kaki menuju puncak Ungaran, karena saya sudah pernah lewat Mawar saya ajukan lewat Basecamp Promasan.

Lokasi Basecamp dan Suasana Desa Candi Promasan

Basecamp Pendakian Gunung Ungaran Via Promasan berlokasi di Desa Candi Promasan, Kelurahan Ngesrep Balong, Kecamatan Limbangan, Kabupaten Kendal, Jawa Tengah. Kalau di google map di tulis Kampung Promasan. 

Desa Promasan adalah desa terakhir untuk menuju ke puncak gunung Ungaran, yang menarik dari desa Promasan adalah, Desa Promasan terletak di tengah kebun teh dan berdekatan dengan Gua Jepang.

Udara yang sejuk semilir angin yang syahdu di tambah ramahnya warga desa membuat saya dan teman-teman betah disini dan yang lebih edan lagi kata Mbok yem pemilik basecamp Via Promasan dan warung makan sekaligus tempat kami menghinap, satu Desa Promasan Cuma ada sekitar 20 rumah keren gak tuh? Kalian bisa bayangkan kalau hidup di kampung ini? He he heeeeeee

Warga desa Promasan mayoritas bekerja sebagai pemetik daun teh dan merawat kebun teh setelah selesai bekerja kalau sore hari para bapak pergi ke pinggirhutan untuk mencari rumput buat pakan hewan ternak ada juga yang mencari kayu bakar. 

Yang saya lupa bertanya anak-anak disini sekolah dimana? jarak antar desa sangat jauh dan jalan yang di lewati tidaklah mudah. Kalau ada yang tau tolong tinggalkan comen di bawah ya sob.

Mbok yem di Gunung Lawu punya warung tertinggi kalau mbok yem Promasan punya dua anak dan satu suami. Kedua anak mbok yem sudah menikah semua dan ikut istrinya keluar desa jadi mbok yem tinggal berdua saja sama suaminya bernama mbah men. Walau mereka berdua Cuma hidup berdua saja sepertinya mereka hidup dengan bahagia.
Pandakian Gunung Ungaran Via Promasan Pandakian Gunung Ungaran Via Promasan Pandakian Gunung Ungaran Via Promasan

Akses jalan menuju Desa Candi Promasan

Akses jalan menuju Desa Candi Promasan dan Pandakian Gunung Ungaran Via Promasan, jika perjalanan sobat di mulai dari Kota Semarang. Sobat bisa lewat Pasar Jrakah - Boja masuk wilayah Kecamatan Mijen lalu ke Cangkiran. 

Ketika sobat sudah memasuki wilayah Cangkiran, sobat lurus saja menuju ke Taman Rejo, jika sobat belok ke arah kanan akan menuju ke Kecamatan Boja. Setelah melewati Kelurahan Taman Rejo, sobat akan masuk wilayah Medini, di Medini sobat akan di hadapkan denagan 2 pilihan.

Pilihan pertama melanjutkan perjalanan menuju Desa Candi Promasan dengan jalan kaki atau melanjutkan perjalan dengan menggunakan Motor (Pit Motor) kalau menggunakan Motor butuh waktu sekitar 1 jam perjalanan. 

kalau milih jalan kaki sobat harus izin dulu di Basecamp Medini dan waktu perjalan yang akan sobat tempuh katanya sekitar 3 jam jalan kaki. Jalanan yang akan sobat lewati tidaklah mulus tapi batu yang ditatarapi orang-orang biasah menyebutnya jalan Makadam.

Setelah melewati perkampungan Medini, lanjutkan perjalanan sobat menuju desa -Promasan, jarak antara Medini dan Promsan sekitar 10km, sobat akan melewati jalan makadam yang terjal. 

Disini sobat tidak perlu kuatir tersesat di kebun teh, selain banyak petunjuk arah menuju lokasi Gua Jepang, sobat cukup ikuti kabel listrik yang bergelantungan di atas tanaman teh itu saja nanti sobat akan sampai di Desa Candi Promasan.

Sebelum sampai di desa Promasan di sebelah kiri jalan ada camp area waktu saya kesini ada anak SMA Semarang sedang diklat atau pelatihan disini. Maju lagi 100 Meter disebelah kanan jalan adalah rumah mbok yem, setelah sampai di rumah mbok yem sobat bisa beristirahat dulu sambil minum teh hangat yang di petik di belakang rumah.
Pandakian Gunung Ungaran Via Promasan Pandakian Gunung Ungaran Via Promasan Pandakian Gunung Ungaran Via Promasan Pandakian Gunung Ungaran Via Promasan

Basecamp - Puncak Gunung Ungaran Via Promasan

Pandakian Gunung Ungaran Via Promasan dari rumah mbok yem menuju ke puncak Gunung Ungaran membutuhkan waktu sekitar 3 jam jalan kaki. sebelum masuk kebun teh sobat akan masuk tengah kampung dulu setelah melewati perkampungan baru masuk area kebun teh di kebun teh, 

jalan yang sobat lewati masih jalan makadam dan batu yang ditata rapi. Terus saja iku jalan sampai ketemu camp area. Camp area ini adalah pertemuan antara jalur pendakian Via Mawar dan jalur Pendakian Gunung Ungaran Via Promasan. Dari rumah mbok yem ke camp area ini butuh waktu sekitar 15 menit.

Setelah melewati camp area sobat ikuti jalan besar belok ke kanan. Kira-kira sejauh 500 Meter sobat akan mulai masuk hutan. Disinilah Pandakian Gunung Ungaran Via Promasan yang sebenarnya akan sobat mulai. Jalur bebatuan tadi berubah menjadi tanah merah padat, jalan yang luwas mengecil menjadi setapak, rumput liar dan aneka tumbuhan hutan semakin tinggi berbentuk seperti lorong.
Pandakian Gunung Ungaran Via Promasan Pandakian Gunung Ungaran Via Promasan Pandakian Gunung Ungaran Via Promasan
Disini jalan masih belum nanjak dan tidak ada percabangan sobat tinggal lurus saja sampai ketemu pos selanjutnya namanya aku lupa. kalau sobat pembaca tau namanya bisa komen diwabawah.

Yang jelas pos ini juga pertemuan antara jalur Pandakian Gunung Ungaran Via Promasan dan jalur Mawar.  Kata salah satu pendaki yang istirahat di pos ini, dari Bascamp Mawar menuju pos ini tidak melewati kebun teh sama sekali.

Lewat hutan terus katanya. Di pos ini ada dua plang petunjuk arah yang satu mengarah ke Mawar dan satunya mengarah kepuncak. Kalau sobat dari arah Promasan berati lurus saja untuk menuju kepuncak, kalau belok kiri sobat akan turun lagi menuju Bascamp Mawar.

Istirat dan canda tawa di pos ini sudah selesai saatnya melanjutkan perjalanan. Dari pos tadi jalur yang akan soabat lewati mulai menajak dan menyempit disini sobat harus berhati-hati saat musim hujan jalur ini sangat licin sekali karena struktur tanahnya tanah merah padat kalau terkena air hujan sangat licin sekali, gunakan akar pohon untuk pegangan dan pijakan.

Sampai sini jalur yang sobat lewati tidak ada bonus sama sekali alias nanjak terus. Hutan Gunung Ungaran mulai terbuka jalur berganti dengan tanah hitam dan bebatuan disini sobat harus waspada dan lebih berhati-hati jangan injak batu yang ditumbuhi lumut karena sangat licin sekali. Setelah melewati jalur ini sobat akan dapat sedikit bonus berupa tanah lapang dan ditumbuhi rumput ilalang.

Di tempat ini lah biasanya para pendaki mulai mendirikan tenda, lokasi pendirian temda tidak terlalu luas kira-kira hanya muat sekitar 10 tenda saja dan bermalam, besok 5 pagi baru muncak. Dari camp area ini puncak Gunung Ungaran sudah kelihatan, untuk sampai kepuncak Ungaran kira-kira butuh waktu sekitar 15 menit dan jalurnya masih tanah hitan dan bebatuan.
Pandakian Gunung Ungaran Via Promasan Pandakian Gunung Ungaran Via Promasan Pandakian Gunung Ungaran Via Promasan
Selepas camp area jalan masih nanjak tapi tak separah tadi, lanjut berjalan dengan santai tak perlu cepat toh puncak tak akan kemana he he heeee tak lama sampailah kami semua di puncak. 

Puncak Gunung Ungaran cukup luas tak jarang ada pendaki yang mendirikan tenda di tempat ini. Tapi saya sarankan jangan mendirikan tenda di puncak selain bahaya kalau ada angin kencang juga menggu pendangan kalau ada pendaki lain mau berfoto bersama.

Saya sarankan camp di bawahnya sedikit, arah ke jalur pendakian Gedong Songo. Lokasinya luas, datar dan teduh disini sobat akan aman dan nyaman karena masih banyak pepohonan yang rindang, dari puncak juga tidak jauh kok jadi saya sarankan bermalam di camp area ini saja.

Tips Pandakian Gunung Ungaran Via Promasan

Sebelum berangkat mendaki Gunung Ungaran Via Promasan cek dan servis dulu kendaraan sobat agar tidak terjadi kerusakan di tengah jalan makadam. Cek kembali barang waan siapa tau ada yang tertinggal, kalau tidak mau ribet dan santai titok saja. bawa tas kecil di isi Sleeping Bag. kalau musim hujan bawa banju ganti dan camilan. jangan lupa Sepatu dan Jaket gunung.

Tidur, makan, minum bisa di rumah mbok yem. Berangkatlah pagi hari agar sobat bisa menikmati indahnya senja di kebun teh. jam setengah tiga pagi (02:30) sobat harus bangun dari tidur dan bersiap-siap melanjutkan perjalan menuju puncak Gunung Ungaran, bawa air yang banyak karena di sepanjang perjalanan tidak ada sumber air. 

Bawa bekal makanan (bungkus nasi campur) dari rumah mbok yem. setelah itu semua siap lanjutkan perjalanan semoga perjalanan sobat menyenangkan dan jangan lupa bawa turun sampahmu. kalau bisa Kurangi Sampah Plastik Perbanyak Piknik.