Pantai Sine Tulungagung Jawa Timur

Pantai Sine Tulungagung - Tulungagung adalah salah satu nama Kabupaten yang berada di Provinsi Jawa timur memiliki luas sikitar 10,83 kilo meter persegi. Kabupaten Tulungagung dikenal dengan aneka objek wisata alam-nya mulai dari Air Terjun Gunung hingga aneka wisata Pantai.

Pariwisata di Kabupaten Tulungagung mulai terus berkembang atas dukungan pemerintah dan juga warga sekitar yang selalu mendukung. Salah satu objek wisata Pantai yang wajib sobat kunjungi adalah Pantai Sine, Pantai Sine berlokasi di Desa Kalibatur, Kecamatan Kalidawir, Kabupaten Tulungagung, Jawa Timur.
Pantai Sine Tulungagung Jawa Timur Pantai Sine Tulungagung Jawa Timur Pantai Sine Tulungagung Jawa Timur


Rute Jalan Menuju Pantai Sine Tulungagung

Sebelum berangkat untuk berwisata ke Pantai Sine Tulungagung, saya sarankan untuk menggunakan kendaraan pribadi saja, karena angkutan umum yang menuju ke pantai-pantai Tulungagung belum ada. 

Seandainya sudah ada fasilitas angkutan umum yang menuju ke tempat-tempat wisata di Kabupaten Tulungagung saya yakin Kota Tulungagung akan ramai seperti Bali. Karena kota yang satu ini lengkap wisatanya ada gunung, air terjun dan pantai. Tinggal di kelola secara baik dan di lengkapi fasilitasnya.

Jalan Pertama Menuju Pantai Sine

Rute jalan menuju Pantai Sine Tulungagung mudah diakses, jika perjalanan kalian dimulai dari pusat kota Tulungagung. Ada dua jalan yang bisa sobat lewati untuk sampai ke Pantai Sine Tulungagung. 

Jalan pertama adalah, jalan yang paling mudah untuk sobat lewati, yaitu dari perempatan Gragalan, belok kiri, ikuti saja jalan tersebut sobat akan sampai di kecamatan Kalidawir. Di kecamatan Kalidawir sobat akan ketemu rambu petunjuk arah yang menuju ke Pantai Sine, ikuti saja rambu petunjuk jalan tersebut sobat akan sampai di Pantai Sine.

Jalan kedua Menuju Pantai Sine

Jalan yang kedua ini lebih jauh dan sedikit memutar, bila perjalanan sobat dimulai dari kota Tulungagung, tapi lebih dekat bagi sobat yang berangkat dari arah Kabupaten Trenggalek. Bila perjalanan sobat dimulai dari arah kota Tulungagung, arahkan kendaraan sobat menuju perempatan tamanan, sobat lurus saja sampai ketemu lampu merah pasar Campur Darat, setelah itu beloklah ke kiri.

Sobat akan masuk wilayah Desa Ngentrong, nanti ada pertigaan, jika sobat lurus akan menuju ke Pantai Popoh, kalau sobat belok kiri akan sampai di Kecamatan Tanggung Gunung. Ikuti saja jalan utama yang mengarah ke Pantai Sine, 

karena lokasi Pantai Sine Tulungagung berada di balik Bukit, jalan yang akan sobat lewati naik turun dan berkelok khas jalan pegunungan. Jika sobat masih bingung gunakan GOOGLE MAP ya he he heeee. Saya harap sobat berhati-hati saat melewati jalan ini terutama bagi kalian yang menggunakan motor matic.

Pantai Sine Tulungagung Jawa Timur Pantai Sine Tulungagung Jawa Timur Pantai Sine Tulungagung Jawa Timur


Harga Tiket Masuk Pantai Sine Tulungagung

Setelah melewati bukit sobat akan sampai di kampung nelayan setelah melewati kampung terus saja nanti ada pintu portal. Disini sobat harus membayar tiket masuk sebesar Rp.10.000 per Orang, tapi kalau sobat sampai di pantai malam hari dan camping ceria di bawah Cemoro Sewu Pantai Sine banyar Rp. 5,000 perorang lebih murahkan he he heeee.

Fasilitas Umum di Pantai Sine Tulungagung

Setelah melewati portal pebelian tiket sobat akan melewati warung- warung yang menjajahkan aneka makanan dan minuman dan yang membuat saya terheran adalah semua warung yang ada di Cemoro Sewu Pantai Sine ada wifi-nya, jadi sobat semua tidak perlukawatir kalau sinyal di HP kalian lenyap, sobat tinggal beli secangkir kopi, minta password wifi lalu update status di sosmed.

Biar mantan kalian mengerti kalau sobat sedang liburan dan tetap bisa bahagia walau tidak bersamanya, mantapkan sob he  he he heeeee. Tidak hanya itu fasilitas yang tersedia di Pantai Sine cukup lengkap seperti lahan parkir yang luas, moshola, gazebo untuk sanatai bersama teman dan keluarga, camp area dan toilet.

Pantai Sine Tulungagung Jawa Timur Pantai Sine Tulungagung Jawa Timur Pantai Sine Tulungagung Jawa Timur

Keindahan Pantai Sine Tulungagung

Didepan warung-warung berdiri sejajar pohon cemara kalau di Google Map bertuliskan Pantai Sine Cemoro Sewu, disini sobat bisa mendirikan tenda untuk bermalam atau memasang hammock untuk bersantai sambil minikmati suara deburan ombak Pantai Sine.

Agar foto sobat tidak hanya dibibir pantai saja, di sebelah utara Pantai Sine ada sebuah tebing, kalau air laut sedang surut sobat bisa berfoto-foto di pinggir tebing ini. Waktu terbaik untuk foto di Pantai bisa sobat mulai dari jam 5 pagi sampai jam 9 pagi.

Kalau sore hari paling bagus mulai jam 4 sore sampai jam 6 sore. Jadi kalau sobat ingin dapat foto yang bagus, diusahakan sampai di Pantai Sine sore lalu camping ceria pagi foto-foto lagi jam 10 siang pulang setalah sampai dirumah makan terus tidur he he heeeee.

Kuliner di Pantai Sine Tulungagung

Setelah capek bermain air dan berfoto-foto tak terasa perut sudah mulai lapar. Kuliner yang tersedia di Pantai Sine cukup lengkap dan menggugah selera, mulai dari asap ikan, ikan bakar, cumi-cumi bakar dan masih banyak lagi pilihannya, semua kuliner diatas banyak tersedia di warung pinggir Pantai.

Selain itu sobat juga bisa membeli ikan asap kalau sobat tidak suka ikan asap, sobat bisa membeli ikan segar langsung dari nelayan, yang pasti akan lebih murah dari pada sobat beli di pasar, untuk oleh-oleh keluarga di rumah.

Pantai Sine Tulungagung Jawa Timur Pantai Sine Tulungagung Jawa Timur Pantai Sine Tulungagung Jawa Timur

Tradisi Adat Budaya masyarakat Pantai Sine

Tidak hanya terkenal dengan keindahan alamnya, masyarakat di sekitar Pantai Sine ramah-ramah dan masih menjunjung tinggi nilai-nilai adat budaya tinggalan nenekmoyangnya. Ketika diawal bulan Suro para nelayan dan warga setempat melaksanakan Upacara Larung Sesaji di bibir Pantai Sine sebagai bentuk rasa syukur kepada Tuhan atas melimpahnya hasil laut yang telah mereka ambil bertahun-tahun.

Setelah acara larung sesaji selesai malam harinya warga setempat akan datang lagi di pinggir pantai untuk melihat pementasan Wayang Kulit semalam suntuk. Jika tradisi adat itu tidak di lakukan, warga di sekitar pantai Sine akan mendapat musibah dan hasil laut akan berkurang. 

Misteri Pantai Sine tidak sebatas itu saja, ada mitos lain jika pas malam bulan purnama Kanjeg Ratu Kidul akan menampakkan dirinya di bibir Pantai Sine. Perlu sobat catat ini hanya mitos dan cerita rakyat mau percaya atau tidak percaya terserah anda. 

Bagaimana sobat tertarik untuk mengunjungi pantai yang satu ini? Cukup sekian dulu dari saya semoga tulisan ini bermanfaat untuk kalian semua dan liburan kalian menyenangkan. Kurangi Sampah Plastik Perbanyak Piknik Salam Lestari.