Pendakian Gunung Penanggungan Via Tamiajeng

Jalur pendakian Gunung Penanggungan via Tamiajeng, Trawas, Mojokerto. Memang salah satu jalur pendakian yang paling ramai dikunjungi para pendaki dan sangat cocok bagi sobat yang ingin belajar mendaki gunung, biasanya disebut pendaki pemula. Gunung Penanggungan mepunyai julukan Miniature Semeru, puncaknya disebut puncak Pawitra yang berarti kabut, karena puncaknya sering kabut. Kalau dilihat dari kejauhan mirip seperti Gunung Semeru.

Gunung Penanggungan berada di dua Kabupaten yaitu Pasuruan dan Mojokerto. Mempunyai ketinggian 1.653 MDPL. Gunung Penanggungan merupakan tujuan para pendaki yang tidak mempunyai banyak waktu dan hanya untuk mengobati rasa rindu pada ketingian dan sejuknya kabut.
Pendakian Gunung Penanggungan Via Tamiajeng Pendakian Gunung Penanggungan Via Tamiajeng
Ada 4 jalur pendakian yang biasa dilalui untuk sampai ke puncak Gunung Penanggungan. Yaitu pendakian Via Tamiajeng,

Jalur Pendakian Gunung Penanggungan Via Jolotundo 

Lokasi Pos Pendakian Gunung Penanggungan Via Jolotundo berada di Desa Seloliman, Kecamatan Trawas, Kabupaten Mojokerto, Jawa Timur. Masih satu jalur dengan pendakian Gunung Bekel Via Jolotundo.

Jalur Pendakian Gunung Penanggungan Via Kedungudi

Lokasi Jalur Pendakian Gunung Penanggungan Via Kedungudi berada di Desa Kedungudi, Kecamatan Trawas, Kabupaten Mojokerto, Jawa Timur. Masih satu jalur dengan pendakian Gunung Bekel Via Jolotundo.

Jalur Pendakian Gunung Penanggungan Via Kunjoro Wesi

Lokasi Jalur Pendakian Gunung Penanggungan Via Kunjoro Wesi, berada di Dusun Telogo, Desa Kunjorowesi, Kecamatan Ngoro, Mojokerto, Jawa Timur

Angkutan Umum ke Basecamp Tamiajeng

Karena tulisan ini saya tujukan untuk pemula jadi mari kita ulas jalur pendakiannya Via Basecamp Tamiajeng, Perjalanan bisa sobat mulai dari Kota Surabaya menuju Terminal Purabaya tau lebih dikenal Terminal Bungurasih, lalu naiklah bus tujuan Malang, turun Terminal Pandaan, setelah sampai di terminal Pandaan sobat bisa naik angkutan umum menuju Terminal Trawas.

Biasanya supir angkutan umum ngomong ke pendaki mau diantar sampai Basecamp Tamiajeng atau tidak, kalau mau diantar sampai Basecamp teman-teman pendaki harus manambah tarif angkutan, bisanya dari Terminal Pandaan ke Basecamp kena 25 ribu per orang,

harga bisa berubah setiap saat tergantung teman teman pintar nego atau tidak, jangan lupa minta nomer HP bpk supir angkot tadi karena bpk supir angkot tadi siap mejemput di basecamp dan mengantar teman-teman kembali ke Terminal Pandaan.

Setelah sampai di Basecamp Tamiajeng biasanya para pendaki beristirahat sejenak untuk memulihkan tenaga setelah perjalanan yg cukup jauh. Fasilitas yang tersedia di Basecamp cukup lengkap seperti, Tempat Parkir, Mushola, Warung makan dan Toilet. Sebelum melanjutkan perjalanan menuju Pucak Gunung Penanggungan para pendaki harus daftar dan membayar tiket dibasecamp tamiajeng.

Pendakian Gunung Penanggungan Via Tamiajeng Pendakian Gunung Penanggungan Via Tamiajeng Pendakian Gunung Penanggungan Via Tamiajeng Pendakian Gunung Penanggungan Via Tamiajeng

Estimasi Waktu Pendakian Gunung Penanggungan Via Tamiajeng

Untuk sampai Puncak Bayangan atau camp area dari basecamp Tamiajeng butuh waktu kurang lebih sekitar 4 jam perjalan, bisa kurang bisa lebih itu tergantung fisik para pendaki, kebanyakan para pendaki bermalam di pos banyangan, jadi durasi pendakian yang ideal adalah 2 hari 1 malam.

Rute Pendakian Gunung Penanggungan Via Tamiajeng

Kalau sobat ingin mendaki gunung Penanggungan saya sarankan berangkat-lah pagi hari, agar sobat bisa mendaki secara santai dan menyenangkan, pas sore hari tiba sobat sudah sampai di Pos Bayangan dan mulailah mendirikan tenda, 


terus buat kopi, lalu nikmatilah indahnya senja bersama teman atau bersama seseorang yang engkau cinta he he he heeeeee. Di bawah ini adalah nama-nama pos pendakian dan Rute pendakaian Gunung Penanggungan Via Tamiajeng yang harus sobat lewati.

Basecamp Tamiajeng - Pos I Gunung Penanggungan

Dari Basecamp menuju Pos 1 jalur masih landau dan berbatu, jalur ini adalah jalur pemanasan, waktu yang ditempuh ke Pos 1 kurang lebih 30 menit. Di Pos 1 terdapat warung yang mejual makanan ringan dan air mineral yang segar, pendaki bisa beristirahat sebentar untuk memulihkan tenaga.

Pos I – Pos II Gunung Penanggungan

Setelah beristirahat di pos 1 lanjut pos 2. Jalur yang masih berbatu dan agak landau dan beberapa kali ketemu tanjakan kecil. Untuk sampai di Pos 2 kira-kira butuh waktu 60 menit. Di Pos 2 terdapat shelter kecil bisa digunakan para pendaki beristirahat sejenak.

Pos II – Pos III Gunung Penanggungan

Setelah melewati Pos 2. Jalur pendakian berupa tanah hitam yang keras dan mulai menanjak. Di sarankan lebih berhati-hati kalau musim hujan karena jalur ini sangat licin pas musim penghujan. Sebenarnya tidak terlalu jauh Pos 2 menuju pos 3 karena jalur mananjak pendaki harus mengatur nafas dan langkah kaki biar tidak kram. Untuk sampai Pos 3 kira kira butuh waktu 50 menit. Di Pos 2 terdapat shelter kecil bisa digunakan para pendaki beristirahat sejenak.

Pos III – Pos IV Gunung Penanggungan

Setelah melewati Pos 3. Jalur semakin menanjak dan berkelok, jalur yg dilewati berupa tanah dan bebatuan besar besar dan sedikit menyempit, pendaki harus berhati-hati berpengan ranting pohon dan akar pohon Dari Pos 3 ke Pos 4 kira-kira butuh waktu 60 menit tergantung fisik pendaki.

Pos 4 – Puncak Bayangan Gunung Penanggungan

Setelah melewati Pos 4. Jalur menanjak berbatu terjal dan sedikit berpasir, jalur sedikit terbuka karena sudah masuk vegetasi. Di jalur ini pendaki sudah melihat keindah kota kalau berjalan pas malam hari lampu kota terlihat idah serasa diatas bintang-bingtang, setelah berjalan selama 30 menit pendaki tiba di Puncak bayangan.

Puncak Bayangan merupakan lahan terbuka yang luas, disini para pendaki mulai mendirikan tenda untuk bermalam sebelum melanjutkan perjalanan kepuncak. Di puncak banyangan ini pemandangan sangat bagus kalau cuaca cerah bisa melihat gagahmya Gunung Arjuno dan hijaunya rerumputan, kalau malam hari bisa melihat indahnya kota dari ketinggian.

Puncak Bayangan – Puncak Gunung Penanggungan

Sebagian besar para pendaki, memulai perjalanan summit atack dari Puncak Bayangan, sekitar jam 4:00 dini hari, mereka sudah bergegas menuju puncak Gunung Penanggungan, memburu kemewahan sunrise di puncak tertinggi gunung Penanggungan.
Pendakian Gunung Penanggungan Via Tamiajeng Pendakian Gunung Penanggungan Via Tamiajeng Pendakian Gunung Penanggungan Via Tamiajeng
Medan menuju puncak Penanggungan cukup menanjak, kemiringan sekitar 50 drajat dan vegetasi yang sangat terbuka menjadikan angin leluasa menampar tubuh kita, membuat udara terasa sangat dingin. Di tengah perjalanan teman-teman akan menemukan sebuah GUA yang katanya bisa muat sampai 7 orang pendaki. Perjalanan kepuncak Penanggungan butuh waktu sekitar 120 menit, bisa kurang bisa lebih, tergantung Fisik Pendaki.

Info Pendakian Gunung Penanggungan

Gunung Penanggungan termasuk gunung yang tidak ada sumber mata air, jadi untuk para pendaki di wajibkan membawa persediaan air yg banyak agar tidak kekurangan air dan mecegah terjadinya kejadian yg tidak diinginkan.

Melengkapi peralatan mendaki yg Safety agar tidak merugikan team dan diri sendiri. Patuhilah semua peraturan yg telah diberikan, karena gunung bukan tempat pribadi, melainkan tempat umum yang harus kita jaga bersama-sama. Jangan lupa bawa turun sampahmu, karena di gunung tidak ada petugas kebersihan sampah. Kurangi Sampah Plasik Perbanyak Piknik. Salam Lestari