Pendakian Gunung Lawu via Cemoro Sewu

Pendakian Gunung Lawu via Cemoro Sewu, salah satu jalur pendakian yang paling ramai di kunjungi para pendaki, selain akses jalan menuju basecamp sangat mudah, jalur pendakianpun tidak sesulit dan sepanjang jalur lain. Sangking populernya pendakian Gunung via Cemoro Sewu, sobat akan menemui warung-warung yang menjual makanan dan minuman di setiap pos pendakian.

Selain ada warung disetiap pos pendakian dan basecamp yang ada dipinggir jalan raya, pemandangan Sunrise dan Sunset Gunung Lawu menjadi daya Tarik tersendiri bagi para pendaki. Kalau sobat belum tau Gunung lawu Memiliki 3 puncak yaitu: Puncak Hargo Dalem, Hargo Dumiling, Hargo Dumilah dan mempunyai ketingian 3.265 mdpl.
Pendakian Gunung Lawu via Cemoro Sewu Pendakian Gunung Lawu via Cemoro Sewu Pendakian Gunung Lawu via Cemoro Sewu

Lokasi dan Transpotasi ke Basecamp Cemoro Sewu

Gunung Lawu lokasi-nya berada diantara dua Provinsi yaitu: Provinsi Jawa Tengah dan Provinsi Jawa Timur. Dan masuk di 3 wilayah Kabupaten yaitu: Kabupaten Karanganyar, Kabupaten Magetan dan Kabupaten Ngawi. Untuk sampai kepuncak Gunung Lawu ada 3 jalur pendakian yang bisa sobat pilih yaitu:

Jalur Pendakian Via Cemoro Kandang, Via Cemoro Sewu dan Via Candi Ceto. Fasilitas yang ada di basecamp Cemoro Sewu cukup lengkap, ada tempat Parkir, Toilet, Mushola dan Warung makan. Halaman di samping basecamp cukup luas, kalau sobat turun gunung kesorean atau kemaleman sobat boleh mendirikan tenda disini. Untuk sampai basecamp Cemoro Sewu ada beberapa rute yang bisa sobat lewati,

Transportasi ke Gunung Lawu via Cemoro Sewu dari Surabaya

dari arah jawa timur atau wilayah Surabaya dan sekitarnya, saat saya mendaki gunung Lawu perjalanan saya di mulai dari Terminal Purabaya (terminal mbungurasih) naik bus Sumber Selamat kalau tidak ada bus Sumber sobat bisa naik bus Mira turun Maospati dari Terminal Maospati naik angkutan umum turun Terminal Magetan dari Magetan oper lagi turun basecamp Cemoro Sewu.

Kalau sobat tidak ingin naik angkutan umum sobat bisa sewa atau carter angkutan tersebut untuk mengantarkan sobat langsung ke basecamp Cemoro Sewu. Biaya carter angkutan Rp 300.000 sampai 400.000 jadi pandai-pandai nego biar dapat murah he he heeeee.

Transportasi dari Jakarta, Bandung dan Jogja ke Gunung Lawu via Cemoro Sewu

Jika sobat berangkat dari Jakarta, Bandung, Jogja dan sekitarnya sobat wajib turun di Solo. Kalau sobat naik bus turun Terminal Titonadi kalau naik Kereta Api sobat turun Stasiun Balapan. Dari Terminal Tirtonadi dan Stasiun Balapan sobat naik bus mini Rukun Sayur atau Langsung Jaya, jurusan Terminal Tawangmangu, tarif bus-nya Rp 15.000 sampai Rp 20.000.

Dari Terminal Tawang Mangu sobat harus oper angkuatan mobil Pick Up L300 turun Basecamp Cemoro Sewu. Dengan tarif Rp 15.000 sampai Rp 25.000 tergantung jumlah penumpang. Kalau penumpang banyak hanya bayar Rp 15.000. Kalau jumlah penumpang di bawah tujuh orang, harganya naik menjadi Rp 25.000. Bagi teman-teman yang menggunakan kendaraan pribadi, Mobil dan Motor gunakan saja GPS ya he he heee
Pendakian Gunung Lawu via Cemoro Sewu Pendakian Gunung Lawu via Cemoro Sewu Pendakian Gunung Lawu via Cemoro Sewu

Estimasi Pendakian Gunung Lawu via Cemoro Sewu

Setelah sampai basecamp Cemoro Sewu sobat istirahat dulu minum teh hangat dan nikmati pemandangan Bukit Mongkarang di depan basecamp, sebelum pendakian dimualai sobat wajib medaftarkan diri atau kelompok lalu mengisi daftar hadir, saat mengisi daftar hadir jangan lupa tinggalkan nomer HP yang bisa di hubungi dan membawa air secukupnya,

jangan lupa cek lagi barang bawaan, siapa tau ada barang yang tertinggal, kalau ada barang yang tertinggal jangan kuwatir di basecamp ada penyewaan alat-alat pendakian. Setelah alat pendakian lengkap pendakian siap dimulai dari basecamp ke pos 1.

Basecamp - Pos 1 Gunung Lawu via Cemoro Sewu

Trekking menuju pos 1 jalur masih datar dan batu yang tersusun rapi seperti jalur pendakian Gunung Arjuno dan gunung Welirang, sobat akan melewati kawasan hutan cemara rindang, suasana seperti ini menjadi ciri khas jalur pendakian Gunung Lawu via Cemoro Sewu. Di pos 1, sobat akan ketemu warung Pak Supar, diwarung pak Supar menjajakan gorengan, minuman, nasi bungkus dll. Sobat boleh beristirahat di dalam warung atau mampir di gazebo pos 1. Dari basecamp ke pos 1 butuh waktu sekitar 30 menit.

Pos 1 – Pos 2 Gunung Lawu via Cemoro Sewu

Perjalanan menuju pos 2 masih sama dengan perjalanan menuju pos 1, jalur batu yang tersusun rapi sedikit menanjak, pohon pinus yang berbaris rapi masih setia menemani dan mendengarkan langkah kaki saat sobat lagi curhat tentang para mantan di sepanjang jalur pendakian. Setelah sampai di pos 2, sobat masih menemukan warung yang menjual makanan dan minuman, Bila terasa lelah, teman-teman bisa istirahat di dalam warung. Dari pos 1 ke pos 2 butuh waktu sekitar 1 jam.

Pos 2 – Pos 3 Gunung Lawu via Cemoro Sewu

Trek pos 2 ke pos 3 jalur terpanjang untuk sampai ke pos berikunya. jalur yang akan sobat lewati relatif masih sama, bebatuan dan menajak. Pos 3 ada shelter yang hamper rusak tidak ada atapnya, semoga cepat di perbaiki oleh pengelola.  Dari pos 2 ke pos 3 butuh waktu 1 jam 30 menit.

Pos 3 – Pos 4 – Pos 5 Gunung Lawu via Cemoro Sewu

Setelah melewati pos 3. Jalur pendakian masih sama tapi lebih menanjak lagi mendekati pos 4 jalur mulai terbuka dan di pos 4 tidak seperti pos lain, cuma ada tanda pos 4 begitu saja. Untuk sampai pos 5 tidak dibutuhkan waktu yang lama, setelah pos 5 sobat akan menemukan sumber mata air yang tidak asing dikalangan para pendaki, yaitu Sendang Drajat biasanya para pendaki mengambil air di sendang ini untuk keperluan memasak dan lainnya.

Di pos 5 ini biasanya para pendaki mulai mendirikan tenda lalu bermalam, besok paginya baru Summit ke punca Lawu. Dari Pos 5 ke Sendang Drajat, jalur pendakian mulai datar dan menurun. Setelah sampai sendang drajat sobat akan ketemu warung tertinggi senusantara yaitu warung Mbok Yem yang terkenan di gunung lawu.  Dari pos 3 samapai ke pos 5 butuh waktu 2 jam.
Pendakian Gunung Lawu via Cemoro Sewu Pendakian Gunung Lawu via Cemoro Sewu Pendakian Gunung Lawu via Cemoro Sewu

Pos 5 - Warung Mbok Yem - Puncak Gunung Lawu via Cemoro Sewu

Warung Mbok Yem sangat terkenal dikalangan pendaki gunung dan sangat membantu memberikan keringanan bagi pendaki. Kalu mau muncak Gunung Lawu tidak perlu membawa logistic-pun tidak apa-apa, karena di Warung Mbok Yem sudah komplit makanan dan minumannya. Tidak hanya itu Mbok Yem juga menyediakan tempat bermalam bagi pendaki yang tidak membawa tenda, tempatnya cukup luas bisa menampung sekitar 30 orang.

Kalau cuaca sedang bagus sobat bisa menikmati lautan Awan dan Sunrise, kalau ingin kopi tinggal pesan di warung mbok yem, tidak perlu kepuncak untuk menikmati keindahan itu. Nanti jam 7 pagi baru kepuncak Lawu untuk berfoto-foto di Puncak Hargo Dalem, Hargo Dumiling dan puncak yang tertinggi puncak Hargo Dumilah mempunya ketingian 3.265 mdpl.

Dari warung Mbok Yem ke puncak Lawu hanya butuh waktu sekitar 30 menit, dengan trek terjal dan menajak. Gimana ada yang penasaran dengan warung mbok yem? Minggu dapan sepertinya patut untuk di coba he he heeee. Cukup sekian dulu dari saya dan terimakasih telah mampir di blog kami. Kurangi Sampah Plastik Perbanyak Piknik. Salam Lestari.