Pendakian Gunung Merapi Via Selo

Desa Selo adalah pintu gerbang utama pendakian Gunung Merapi via Selo dan berada di ketinggian 1.560 mdpl. Desa Selo terletak diantara Gunung Merapi dan Gunung Merbabu. Membuat Desa Selo memiliki Panorama alam yang sangat luar biasah indahnya.

Lokasi Gunung Merapi berdampingan dengan Gunung Merbabu biasanya para pendaki menyebutnya 2M Merapi dan Merbabu, selain masuk wilah Kabupaten Sleman dan Daerah Istimewa Yogyakarta, Gunung Merapi masuk wilayah Provinsi Jawa Tengah, yaitu di wilayah Kabupaten Magelang, Kabupaten Boyolali dan Kabupaten Klaten.

Untuk sampai ke puncak Gunung Merapi ada dua jalur pendakian yang bisa sobat lewati yaitu: Via Selo dan Via Sapuangin, para pendaki biasanya memilih jalur Via Selo karena jalur favorit, ramai dan angkutan umumnya masih satu jalur dengan Basecamp Gunung Merbabu Via Selo, Omah Bambu Merapi dan wisata Bukit Ganci.
Pendakian Gunung Merapi Via Selo
Pendakian Gunung Merapi Via Selo
Pendakian Gunung Merapi Via Selo

Lokasi dan Angkutan Umum Menuju Basecamp New Selo

Perlu sobat ketahui kalau Gunung Merapi adalah salah satu gunung berapi dengan tipe Volcano aktif dan paling aktif diantara gunung-gunung lain yang ada di Jawa Tengah. Gunung Merapi memiliki ketinggian 2930 mdpl, ketinggian ini di ukur pada tahun 2010.

Nama puncaknya adalah Puncak Garuda, tetapi puncak Garuda sudah hilang karena letusan gunung merapi pada tahun 2010 yang lalu, puncak Garuda adalah batu besar berbentuk mirip burung garuda, jadi para pendaki menyebutnya Puncak Garuda.

Untuk sampai di basecamp New Selo sobat bisa menggunakan transportasi umum atau kendaraan pribadi. Jika sobat berangkat dari Surabaya atau wilayah lain naik-lah bus atau kereta jurusan Solo, turun terminal Tirtongadi, kalau naik kereta turun Stasiun Purwosari. lalu naik bus jurusan Boyolai turunlah di RSUD Pandaran Surowedanan.

Dari RSUD Pandaran Surowedanan naik bus lagi turun di Pasar Cepogo,  setelah itu sobat lanjut lagi naik bus kecil tujuan Pasar Selo dan turun di depan Polsek Selo. Dari Polsek Selo perjalanan sobat bisa di lanjut dengan menggunakan jasa Ojek Rp 15.000 per orang, kalau sobat rombongan bisa naik mobil mobil pick up untuk menuju ke Basecamp Gunung Merapi Via New Selo.

Bagi teman-teman yang menggunakan kendaraan pribadi jangan kuatir, cukup mudah untuk menemukan keberadaan basecamp pendakian New Selo. Karena, sobat akan ketemu papan-papan petunjuk arah yang terpampang di sepajang jalan menuju basecamp New Selo.

Basecamp dan Pos Pendakian Gunung Merapi Via New Selo

Sebelum pendakian dimulai sobat harus melakukan registrasi dan mendaftarankan diri dan kelompok di basecamp Bara Meru Merapi yang berada diketinggian sekitar 1600 mdpl. Harga tiket masuk Rp. 16.000,- per-orang. Tinggalkan nomer Hp yang bisa dihubungi, agar kalau terjadi sesuatu pada sobat, pihak basecamp bisa menghungi keluarga sobat dengan cepat.

Fasilitas umum di basecamp Bara Meru Merapi ada warung, tempat parkir, mushola dan kamarmandi. Sebelum meninggal basecamp dan memulai pendakian Gunung Merapi via Selo cek lagi barang bawaan sobat, bawalah air yang banyak karena gunung Merapi tidak ada sumber mata air, kalau semua sudah siap perjalanan di mulai dari basecamp.
Pendakian Gunung Merapi Via Selo
Pendakian Gunung Merapi Via Selo
Pendakian Gunung Merapi Via Selo

Basecamp – New Selo Gunung Merapi Via Selo

Jalan beraspal sampai New Selo, wisata Omah Bambu Merapi, yaitu sebuah gardu pandang sobat bisa melihat pemandangan alam dan gagahnya gunung Merbabu yang berdiri kokoh didepan mata. Untuk sampai di New Selo, mebutuhkan waktu sekitar 15 menit, jika teman-teman ingin menghemat waktu dan tenaga, sobat bisa naik ojek langsung ke New Selo, di sini ada sebuah tulisan besar New Selo seperti di Hollywood.

Selain Desa Wisata dan Wisata Pegunungan di Desa Selo ada tempat wisata GOA RAJA, konon katanya pada masa kerajaan Raja dan Ratu Kasunanan Surakarta sering melakukan meditasi ditempat ini jadi warga setempat menyebutnya dengan nama Goa Raja.Kalau sobat masih kuat setelah mendaki gunung Merapai sobat bisa mampir di Goa Raja.

New Selo - Pos 1 Gunung Merapi via Selo

Selepas New Selo pendakian yang sebenarnya baru akan sobat mulai, jalur yang akan sobat lewati adalah perkebunan warga desa solo dengan trek barupa paving, setelah itu jalur berubah mejadi tanah padat dan mulai menanjak, setelah berjalan sekitar 1 jam, sobat akan menemukan shelter di samping gerbang taman nasional Gunung Merapi.

Pos 1 – Pos 2 Gunung Merapi via Selo

Selepas pos 1 jalur pendakian gunung Merapi semakin terjal dan menanjak trek-nya berupa bebatuan besar, banyak pendaki yang mengeluh, bisiknya liirih jalur inilah yang paling sulit dan paling berat untuk dilewati. Setelah sampai di pos 2 teman-teman bisa mendirikan tenda disini, di lokasi inilah yang paling aman untuk mendirikan tenda karena masih banyak pepohonan, namun untuk sampai ke puncak gunung Merapi perjalanan masih cukup jauh.

Pos 2 – Pasar Bubrah Gunung Merapi via Selo

Selepas pos 2 pendaki akan sampai di batas Vegetasi, disini sudah tidak ada lagi pepohonan, yang ada hanya bebatuan besar, batu besar ini kalau tidak salah namanya watu gajah. setelah sampai watu Gajah berati Pasar Bubrah sudah dekat,

di Pasar Bubrah para pendaki harus berhati hati karena kabut sering turun sesuka hati, membuat jarak pandang sangat pendek. Untuk sampai Pasar Bubrah mebutuhkan waktu sekitar 1 jam. Setelah di Pasar Bubrah sobat akan melihat hamparan Pasir, krikil dan Bebatuan.

Pasar Bubrah - Puncak Gunung Merapi via Selo

Setelah sampai Pasar Bubrah, biasanya para pendaki mulai mendirikan tenda, namun sobat harus berhati-hati dan tetap waspada di pasar Bubrah tidak ada penghalang angin seperti pohon dan rumput yang tinggi, jadi sangat berbahaya jika ada badai,

di Pasar Bubrah sobat bisa melihat Puncak Gunung Merapi yang menjulang tinggi dan batas aman pendakian Gunung Merapi hanya sampai di pasar bubrah saja, jika pendaki tetap ngeyel ingin menuju ke puncak, pihak Basecamp Bara Meru tidak bertanggung jawab apabila terjadi sesuatu dipuncak Gunung Merapi, ada banyak papan peringatan yang terpampang dengan jelas di sekitar pasar Bubrah, jika anda tetap ngenyel resiko ditanggung penumpang.
Pendakian Gunung Merapi Via Selo
Pendakian Gunung Merapi Via Selo
Pendakian Gunung Merapi Via Selo
Pendakian Gunung Merapi Via Selo

NOTE: Baca dan terapkan semoga pendakian menyenangkan dan selamat sampai rumah.

Gunung Merapi adalah gunung yang tidak ada sumber mata air, jadi sobat di wajibkan membawa persediaan air dari basecamp Bara Meru Merapi. Dan melengkapi peralatan mendaki yg Safety agar tidak merugikan team dan diri sendiri.

Patuhilah semua peraturan yg tertulis di basecamp Bara Meru Merapi, karena gunung bukan tempat pribadi, melainkan tempat umum yang harus kita jaga bersama-sama. Jangan lupa bawa turun sampahmu, agar Gunung Merapi tetap indah dan terjaga kelestariannya. Kalau bisa Kurang Sampah Plastik Perbanyak Piknik. Terima kasih telah mampir di blog kami jika informasi ini dirasa bermanfaat bagikan keteman-teman anda SALAM LESTARI.