Menikmati Senja di Gunung Telomoyo Via Pandean Magelang

Menikmati indahnya senja di puncak gunung adalah impian para penikmat lelah dan para penikmat kesunyian. Hampir semua manusia bisa melihat proses terjadinya senja, langit yang awalnya terang kebiruan berubah menjadi orange, jingga dan akhirnya gelap secara perlahan. Ahsudahlah tidak usah di teruskan jadi ingat janji manis sang mantan waktu berada di ketinggian he he heeeee.

Bagi teman-teman yang ingin mewujudkan impian itu tapi tidak ingin susah payah mendaki gunung, Gunung Telomoyo adalah tempat yang sangat tepat untuk mewujutkan impian itu. Gunung Telomoyo berada diantara dua Kabupaten, Kabupaten Semarang dan Kabupaten Magelang, Jawa Tengah, dan memiliki ketinggan 1894 Mdpl.
Gunung telomoyo Gunung telomoyo Gunung telomoyo

Rute ke Basecamp Gunung Telomoyo

Untuk sampai ke basecamp Gunung Telomoyo atau loket masuk ada 2 jalur yang bisa sobat lewati, jalur pertama bisa lewat Desa Pandean, Kecamatan Ngablak, Kabupaten Magelang, dan jalur kedua bisa lewat Sepakung, Banyubiru, Kabupaten Semarang.
Rute Gunung Telomoyo dari Magelang

Perjalan bisa sobat mulai dari Solo atau Jogja, langsung cus saja ke Magelang. Dari Kota Magelang kira-kira membutuhkan waktu sekitar 30 menit perjalanan, setelah sobat melewati Artos, sobat belok ke arahkanan menuju Kopeng dan Salatiga. Setelah melewati Terminal Tidar, nanti ada perempatan sobat belok ke kanan lagi, terus saja sekitar 20 km sobat akan menemukan papan petunjuk arah yang dibuat oleh warga. Kalau sobat takut kesasar lebih baik gunakan GPS saja. GPS nya sudah akurat kok sob.

Rute Gunung Telomoyo dari Semarang

Dari Kota Semarang, sobat ambil saja rute menuju ke Salatiga. Setelah itu ambil arah lingkar luar Salatiga, lanjut ke Kopeng, terus saja sampai ketemu papan petunjuk arah menuju Ngetas dan sampailah di wilayah Telomoyo. Jika sudah sampai disini jangan kuatir, karena warga sekitar sudah membuat papan petunjuk arah menuju pintu masuk Gunung Telomoyo,

kalau masih ragu gunakan saja GPS yaaaa. Perjalanan sobat menuju Telomoyo saya jamin tidak akan membosankan karena pemandangan gunung dan sawah disekitar Gunung Telomoyo terlihat jelas dan udara sejuk khas pegunungan yang sangat menyegarkan membuat suasana jadi semakin menyenangkan.

Jalur Pendakian Tiket Masuk Gunung Telomoyo

Sebelum pendakian sobat mulai ada dua pilihan untuk sampai kepuncak gunung Telomoyo. Sobat mau mendaki dengan berjalan kaki atau menggunakan motor? Kalau perjalalanan sobat menggunkan motor sobat wajib lewat basecamp ARDAT,

di depan basecamp Ardat sobat harus membayar tiket masuk sebesar Rp, 10,000. Kalau sobat ingin jalan kaki untuk sampai kepuncak gunung Telomoyo sobat harus ijin dulu di basecamp ARSAL. Kata orang basecamp Arsal untuk sampai kepuncak Telomoyo hanya butuh waktu sekitar 2 jam berjalan kaki dengan santai sambil menik mati alam.

Pendakian Gunung Telomoyo Dengan Motor

Pendakian ke puncak Gunung Telomoyo memang bisa menggunakan motor. Tapi tetap saja sobat harus berjuang melalui jalan menanjak yang sedikit rusak. Jadi sebelum berpetualang ke gunung Telomoyo siapkan dulu motormu agar aman dan nyaman selamat sampai tujuan.

Setelah berjuang melewati tanjakan dan tikungan rasa lelah sobat akan terbayar lunas, setelah melihat indahnya karya tuhan dari ketigian 1.894 mdpl. Di gunung Telomoyo ada sebuah landasan paralayang, jika landasan ini tidak di pakai bisa sobat gunakan untuk berfoto-foto dan bisa melihat luasnya Rawa Pening dari ketinggian.

Pendakian Gunung Telmoyo via Arsal Dengan Jalan Kaki

Pemandangan di jalur pendakian yang masih asri, alami, serta belum banyak terjamah tangan-tangan manusia yang suka usil coret sana-sini membuat pendakian lebih menyenangkan dan sangat berkesan. Dikalangan pendaki Via Arsal menjadi jalur favorit untuk menuju ke Puncak Telomoyo dengan jalan kaki.

Hanya butuh waktu sekitar 2 jam saja sobat sudah sampai di puncak gunung. Walau tak terlalu tinggi, jalur pendakian yang akan sobat lewati cukup sulit dan lumayan terjal, namanya juga gunung ingin enak ya ke moll saja he he he heeee. Untuk mendaki gunung Telomoyo dari basecamp Arsal, sobat hanya perlu mengeluarkan dana sebesar Rp 10.000 dan untuk uang parkir sebesar Rp 2.000 saja. Gimana murah meriahkan he he heeeee.

Basecamp Arsal Pos 1

Dari basecamp Arsal sampai pintu gerbang pendakian, sobat akan di suguhi pemandangan hijaunya perkebunan yang telah ditanami berbagai macam sayuran seperti cabai, kentang, wortel atau gubis. Setelah melewati gerbang pendakian, jalur pendakian mulai menanjak.

Setelah melewati pintu gerbang pemandangan menuju pos 1 masih banyak rumput gajah dan berbagai pepohonan. Jadi tidak usah heran, kalau sobat masih bisa menemui penduduk yang sedang mencari rumput untuk ternak dan kayu bakar untuk memasak.

Rute Pendakian Menuju Pos 2 Sampai Pos 3

Pemandangan yang akan sobaot lihat berupa pohon pinus, membuat suasana pendakian menjadi lebih sejuk dan membuat sobat sedikit terlindungi dari teriknya sinar matahari. Setelah enak-enak jalan santai tidak kepanasan, perjalanan sobat akan semakin menanjak berati sobat sudah dekat dengan pos 3.

Area menuju pos 3 berupa vegetasi yang cukup lebat. Selain itu area pos 3 juga dikenal dengan sebutan Terowongan Renggut, kenapa di sebut terowongan rengut? karena ada jalur pendakian berupa terowongan yang terbuat dari ranting-ranting pohoh dan rumput-rumput liar.
Gunung telomoyo Gunung telomoyo Gunung telomoyo

Rute Pendakian Pos 4 - Camp Area

Setelah melewati terowongan renggut, sobat akan melewati pos 4. Pos 4 berupa tugu batas. Tugu batas merupakan sebuah bangunan yang di buat untuk tanda perbatasan suatu daerah. Jalur pos 4 hingga Camp Area, jalur yang akan sobat lewati berupa jalan setapak dan di sebelah kanan kirinya ada jurang. Saya harap sobat berhati-hati saat melintasi jalur ini tetap waspada dan jaga teman-teman kita.

Kalau sobat sedang beruntung dan cuaca lagi cerah sobat bisa melihat gunung-gunung yang berada di Jateng, seperti Gunung Merapi, Merbabu, Sindoro, Sumbing, Andong, Ungaran dan Gunung Prau. Kalau sore hari sekitar pukul 16.00 sobat bisa melihat indahnya mata hari terbenam, kalau malam hari sobat bisa melihat indanhya lampu kota yang ada di sekitaran Gunung Telomoyo.