Jalur Pendakian Gunung Merbabu Via Selo

Jalur Pendakian Gunung Merbabu Via Selo, adalah salah satu dari 5 jalur pendakian yang bisa sobat lewati untuk menuju Puncak Gunung Merbabu, jalur Selo dikenal sebagai jalur yang paling landai dan paling ramai dikujungi para pendaki jika dibandingkan dengan jalur lainnya, seperti jalur: Wekas, Suwanting, Chuntel dan Tekelan.

Pendakian Via Selo sangat saya sarankan untuk kalian para pendaki pemula yang hendak menikmati keindahan alam di atas puncak gunung Merbabu. Tapi ada syaratnya bagi kalian para pendaki pemula, kalian wajib mengajak teman atau saudara yang sudah pernah mendaki gunung Merbabu dan dibawah ini syarat-syarat yang harus kalian penuhi sebelum mendaki gunung merbabu.
Pendakian Gunung Merbabu Via Selo Pendakian Gunung Merbabu Via Selo Pendakian Gunung Merbabu Via Selo

Syarat Mendaki Gunung Merbabu via Selo

  1. Sebelum mendaki Gunung Merbabu Via Selo, siapkan perlengkapan mendaki sobat dan taati semua peraturan atau SOP pendakian dan kusus jalur pendakian via selo mulai di anjurkan untuk Pendaftaran Online. Untuk medaftar online sobat kunjungi www.tngunungmerbabu.org dan prosedur pendakian via selo seperti di bawah ini:
  2. Jika sobat sudah sampai di basecamp selo istirahatlah dulu lalu pesen kopi, setelah sruput kopi sobat pergi ke gedung basecamp untuk menujukkan bukti kalau sobat semua sudah daftar online.
  3. Setelah menyerahkan bukti pendaftaran dan data sobat akan mendapatkan brifing, cek list dan tanda tangan.
  4. Setelah sobat mendapat tanda tangan sobat balik keatas untuk meyerahkan KTP kalau sobat lupa tidak membawa KTP, SIM juga bisa kalau belum punya SIM jangan sampai lupa membawa kartu pelajar.
  5. Setelah menyerahkan KTP, SIM atau kartu pelajar jangan lupa bayar retribusi atau simaksi nati sobat akan mendapatkan gelang sebagai tanda bukti kalau sobat bukan pendaki ilegal.

Cara Booking Online Merbabu

Setelah sobat mengetahui semua peraturan pendakian Gunung Merbabu Via Selo, di bawah ini adalah tata cara booking mendaki merbabu secara online Taman Nasional Gunung Merbabu.
  1. Ketua rombongan mempersiapkan data diri dan identitas anggota. Akses Pendaftaran online melalui www.tngunungmerbabu.org bisa menggunakan Laptop atau HP pilih tombol PENDAFTARAN ONLINE dan klik menu DAFTAR.
  2. Sebelum sobat klik tombol setuju ada baiknya membaca Terlebih dahulu peraturan Taman Nasional Gunung Merbabu apabila sobat menyetujuinya langsung saja centang tombol setuju
  3. Isikan form biodata ketua rombongan dan data anggota dengan lengkap klik tombol SUBMIT
  4. Jika proses pendaftaran online telah Selesai, sobat atau calon pendaki akan mendapatkan kode registrasi, simpanlah kode tersebut dengan mencatat atau screeshot tampilan layar laptop atau HP kalian
  5. Kalau sobat ingin cek data diri atau ingin melakukan perubahan data yang sudah terdaftar, klik saja tombol PENDAFTARAN ONLINE lalu klik tombol EDIT DATA PENDAKI
  6. Masukan kode unik ke form registrasi dan klik tombol CEK
  7. Setelah memasukkan kode simpanlah form pendaftaran dengan cara klik tombol PRINT pada print destination, lalu klik Safe as pdf dan kemudian Save
  8. Setelah selesai di Save print bukti pendaftaran tersebut, nanti kalain bawa untuk registrasi ulang di loket pendaftaran di Jalur Pendakian Gunung Merbabu Via Selo

Lokasi dan Angkutan Umum Menuju Basecamp Selo

Lokasi basecamp jalur pendakian merbabu via selo berada di Dusun Pakis, Desa Tarurabatang, kecamatan Selo, Kabupaten Boyolali, Jawa Tengah. Untuk bisa sampai ke basecamp Selo bisa menggunakan kendaraan pribadi dan angkutan umum, agar sobat sampai tujuan dengan aman dan nyaman ikuti petunjuk di bawah ini:

Merbabu via Selo dari jakarta dan Surabaya

Jika sobat berangkat dari Jakarta dan Surabaya atau wilayah lain naiklah bus atau kereta jurusan Solo turun terminal Tirtongadi, kalau naik kerta turun Stasiun Purwosari. lalu naik bus jurusan Boyoli turunlah di RSUD Pandaran Surowedanan.

Dari RSUD Pandaran Surowedanan naik bus lagi turun di Pasar Cepogo,  setelah itu sobat lanjut lagi naik bus kecil tujuan Pasar Selo dan turun di depan Polsek Selo. Dari Polsek Selo perjalanan sobat bisa di lanjut dengan menggunakan jasa Ojek Rp 15.000 per orang, kalau sobat rombongan bisa naik mobil mobil pick up untuk menuju ke basecamp Selo.

Bagi teman-teman  yang menggunakan kendaraan pribadi jangan kuatir, cukup mudah untuk menemukan keberadaan basecamp pendakian jalur Selo. Karena, sobat akan ketemu papan-papan petunjuk arah yang terpampang di sepajang jalan menuju basecamp Selo. 
 
Pendakian Gunung Merbabu Via Selo Pendakian Gunung Merbabu Via Selo Pendakian Gunung Merbabu Via Selo

Basecamp Merbabu Via Selo

Disepanjang perjalan menuju basecamp merbabu sobat akan di suguhi pemandangan yang menawan, luasnya hamparan sawah dan ladang penduduk, gagahnya merapi merbabu membuat daya tarik tersendiri, sehingga dibuatlah desa wisata agar bisa menambah penghasilan warga.     
 
Sesampainya di basecamp Selo, sobat bisa beristirahat dulu sebelum melanjutkan perjalanan menuju puncak gunung Merbabu. Fasilitas yang disediakan pihak basecamp cukup lengkap, seperti tempat parkir, tempat beristirahat, mushola, toilet dan warung makan.

Estimasi Pendakian Merbabu Via Selo

Setelah istirahat selesai, tenaga kembali pulih saatnya melanjutkan perjalanan menuju puncak merbabu. sebelum berangkat pendaki wajib cek barang bawaan, alat pendakian dan jangan lupa membawa persediyaan air yg banyak karena di sepanjang perjalanan pendakian Gunung Merbabu tidak ada Sumber Mata Air! Serta mendaftarkan diri anda dan kelompok, membayar biaya retrubusi atau tiket mendaki Gunung Merbabu. Untuk pendaftaran Online sobat klik disini.

Basecamp Merbabu - Pos 1 Dok Malang 150 menit

Selepas pintu masuk, jalanan masih landai, medan berupa tanah padat, vegetasi cukup terbuka, berupa barisan pohon pinus yang menciptakan pemandangan kece. Jalur pendakian sangat jelas, karena petunjuk arah terpampang di sepanjang perjalanan.

Mendekati pos 1 ditandai dengan vegetasi yang mulai merapat, hutan semakin rimbun. pos 1, tempatnya cukup luas dan bernama Dok Malang, di pos 1 ini sobat akan menemukan bangunan untuk berteduh dan beristirahat sejenak agar tenaga yg terkuras bisa terisi lagi.

Pos 1 Dok Malang - Pos 2 Pandean 60 menit

Perjalanan menuju pos 2, jalur pendakian sedikit menajak, medan masih berupa tanah padat, meskipun sobat berjalan di hutan tropis yang lembab, namun Vegetasi lebih terbuka dibandingkan perjalanan basecamp ke pos 1.

Dalam perjalanan menuju pos 2, Anda harus menghadapi tanjakan terjal, tanjakan yang paling aduhai di jalur Selo, tanjakan yang memiliki kemiringan sekitar 70 derajat, tanjakan ini dikenal dengan sebutan Tikungan Macan. Pendaki diharap berhati-hati saat menghadapi tanjakan macan ini, tetap jaga semangat dan jangan pernah meninggalkan teman dibelakang! Sekitar 1 jam perjalanan, sobat akan sampai di pos 2.

Pos 2 Pandean - Pos 3 Watu Tulis 35 menit

Selepas pos II, jalur pendakian semakin menanjak tidak karuan, cukup melelahkan dan vegetasi semakin terbuka, memperlihatkan hamparan alam yang mampu memanjakan mata dan hati para pendaki, serta bunga Edelweis yang tumbuh di lereng gunung merbabu sudah mulai menampakkan dirinya. Perjalanan ini membutuhkan waktu sekitar 30 menit.

Pos 3 Watu Tulis - Sabana 1 Merbabu 60 menit

Perjalanan berlanjut dengan track yang lebih sadis dari sebelumnya, medan berupa tanah merah berdebu tebal, bila musim hujan sangat licin sekali pendaki diharapkan sangat berhati-hati. Tapi tenang, pemandangan sepanjang perjalanan sangat indah dan memanjakan mata para pendaki.

Setelah berjalan selama 60 menit, sobat akan sampai di pos IV, sebuah tempat yang di beri nama Sabana 1, merupakan salah satu tempat camp ideal karena memiliki lahan yang luas dan memiliki pemandangan elok yang berupa padang rerumputan hijau nan mempesona dan ijo royo-royo. Kalau cuaca cerah para pendaki bisa melihat gagahnya gunung Merapi dari sini.
 
Pendakian Gunung Merbabu Via Selo Pendakian Gunung Merbabu Via Selo Pendakian Gunung Merbabu Via Selo

Sabana 1 Merbabu - Sabana 2 Merbabu 30 menit

Jalanan menuju Sabana satu tidak terlalu terjal, namun berkelok-kelok, menaiki dan menuruni bukit, pemandangan sangat mewah, sepanjang mata melihat, warna hijau rerumputan menghiasi perbukitan yang dibalut dengan kabut tipis dan udara sejuk pegunungan. Berjalan sekitar 30 menit, sobat akan sampai di Sabana ll.

Sabana 2 Merbabu - Puncak Kenteng Songo 120 menit

Sebagian besar para pendaki, memulai perjalanan summit atack dari Sabana 1, sekitar jam 3:00 dini hari, mereka sudah bergegas menuju puncak Kenteng Songo, memburu kemewahan sunrise di puncak tertinggi gunung Merbabu.

Medan menuju puncak Kenteng Songo cukup landai, namun vegetasi yang sangat terbuka menjadikan angin leluasa menampar tubuh kita, membuat udara terasa sangat dingin. Perjalanan kepuncak Kenteng Songo butuh waktu sekitar 2 jam, bisa kurang bias lebih, tergantung Fisik Pendaki.
 
Pendakian Gunung Merbabu Via Selo Pendakian Gunung Merbabu Via Selo Pendakian Gunung Merbabu Via Selo

Puncak Gunung Merbabu

Merbabu Mountain  memiliki 3 puncak, jarak antar puncak tidak terlalu jauh kok sob dan yang unik dari 3 puncak ini memiliki nama yang beda ketinggiannyapun tidak sama.
  1. Puncak Syarif berada di sebelah kanan ( 3.119 mdpl), 
  2. Puncak Trianggulasi berada di sebelah kiri  (3.142 mdpl)
  3. Puncak Kenteng Songo berada di tengah  (3.142 mdpl) yang merupakan puncak tertinggi di gunung Merbabu. 

Pemandangan Gunung Merbabu

Puncak Gunung Merbabu berupa tanah lapang dan datar, di puncak Merbabu sobat akan melihat pemandangan yang elok, berjajaran gunung-gunung yang ada di jawa tengah, seperti: Gunung Telomoyo. Gunung Merapi. Gunung Sindoro. Gunung Sumbing dan Gunung Lawu kalau cuaca sedang cerah dan bersahabat he he heee.

NOTE: Baca dan terapkan semoga pendakian menyenangkan dan selamat sampai rumah.

Gunung Merbabu termasuk gunung yang tidak ada sumber mata air, jadi untuk para pendaki diwajibkan membawa persediaan air yg banyak dari basecamp agar tidak kekurangan air dan mecegah terjadinya kejadian yg tidak diinginkan.

Melengkapi peralatan mendaki yg Safety agar tidak merugikan team dan diri sendiri. Patuhilah semua peraturan yg telah diberikan, karena gunung bukan tempat pribadi, melainkan tempat umum yang harus kita jaga bersama-sama. Jangan lupa bawa turun sampahmu, agar gunung Merbabu tetap terjaga ke asriannya. Kalau bisa kurangi Sampah Plastik Perbanyak Piknik. Salam lestari.
Untuk Video Pendakian Gunung Merbabu di bawah ini