Pendakian Gunung Sindoro Via Kledung

Jalur Pendakian Gunung Sindoro Via Kledung, merupakan jalur pendakian yang paling favorit dan ramai di kunjungi para pendaki gunung, akses menuju basecamp-pun  tidaklah sulit ditemukan karena berada di pinggir jalan besar, dengan trek yang menantang dan pemandangannya yang  sangat indah.

Gunung Sindoro juga kerap disebut Gunung Sundoro, gunung ini terletak di sekitar Kabupaten Temanggung dan Wonosobo, Jawa Tengah Apabila dikaitkan dengan 2 Gunung lain yaitu Sindoro, Sumbing, dan Slamet. 3 gunung ini memiliki julukan Triple S, tiga dari empat gunung tertinggi di Jawa Tengah yang berawalan huruf S. Bagai mana teman-teman tertarik mengujungi gunung ini?
Pendakian Gunung Sindoro Via Kledung Pendakian Gunung Sindoro Via Kledung Pendakian Gunung Sindoro Via Kledung

Akses Jalan Menuju Bascamp Gunung Sindoro

Gunung Sindoro adalah tipe gunung volcano aktif dan memiliki ketinggian 3153 Mdpl. yang berada di Jawa Tengah dan dikenal sebagai gunung kembar dengan Gunung Sumbing, karena letaknya yang berdekatan. Untuk mencapai puncak Gunung Sindoro ada 2 jalur pendakian yang bisa lewati, yaitu:

Pendakian Via Sigedang atau Sikatok Tambi

Basecamp Sigedang atau Sikatok berlokasi di Desa Tambi, Kecamatan Kejajar, Kabupaten Wonosobo, Jawa Tengah. Jalur ini terkenal sebagai jalur tercepat untuk sampai ke Puncak Gunung Sindoro. Selain tercepat sobat akan melewati kebun Teh yang sangat luas.

Perjalanan dari basecamp menuju pintu gerbang kebun teh Sikatok tidaklah susah, sobat tinggal menyusuri jalan beraspal, kalau sobat tidak mau jalan kaki, sobat bisa menggunakan jasa ojek saja biar tidak capek dan menghemat waktu.

Akses jalan menuju Basecamp Sikatok, bisa sobat mulai dari terminal Terminal Mendolo, Wonosobo. lalu oper minibus tujuan Dieng, setelah itu turun di pertigaan  Rejosari, dari sini bisa sobat lanjutkan dengan jalan kaki sejauh kurang lebih 5 km. Kalau sobat menggunakan jasa Ojeg kena biaya sekitar 20 sampai 30 ribu kalau sobat pinter nego pasti bayar murah.

Pendakian Via Kledung.

Basecamp Kledung berada di Desa Kledung, Kabupaten Temanggung, tempatnya di samping Balai Desa Kledung. Untuk menuju basecamp, kalau perjalanan sobat di mulai dari Surabaya atau Jawa Timur, naiklah bus jurusan Yogyakarta turun Terminal Ghiwangan,

dari Ghiwangan naik bus lagi jurusan Magelang turun Terminal Tidar, setelah sampai terminal tidar, naik bus jurusan Wonosobo dan turunlah di Desa Kledung dengan patokan Balai Desa Kledung.
Pendakian Gunung Sindoro Via Kledung Pendakian Gunung Sindoro Via Kledung Pendakian Gunung Sindoro Via Kledung Pendakian Gunung Sindoro Via Kledung

Basecamp Pendakian Gunung Sindoro Via Kledung

Pendakian menuju puncak Gunung Sindoro, sobat akan menemukan berbagai macam trek. Mulai dari basecamp, sobat akan lebih dulu melalui jalur bebatuan yang tersusun rapi. Di sepanjang jalan, sobat akan melewati perkampungan warga, ladang warga, hingga akhirnya sampai di kebun tembakau yang sangat luas.

Pendakian menuju Pos 1 memberikan banyak pemandangan yang indah. Jika ingin menghemat tenaga atau menyingkat waktu, sobat bisa naik ojek dari basecamp hingga Pos 1. Namun, sobat harus mengeluarkan biaya tambahan untuk menggunakan fasilitas tersebut.

Sebelum memulai pendakin para pendaki Wajib mebayar tiket, mengisi formulir dan mengecek barang bawaan dan persiapkan bekal. Bawa air yang banyak karena gunung sindoro tidak ada sumber mata air. Pastikan juga anda dalam kondi fit.

Bagi pendaki wanita dilarang naik kalau sedang datang bulan (haid) Fasilitas yg tersedia di basecamp adalah tempat parkir, warung makan dan kamar mandi. Bagi teman-teman yang mau menghinap di basecamp di persilahkan dengan senang hati. Setelah semua pesyaratan di penuhi perjalanan siap untuk di mulai.

BASECAMP - POS 1 Gunung Sindoro Via Kledung

Dari Baesecamp pendaki akan melakukan perjalanan ke pos 1. Perjalanan menuju ke pos 1 ini memakan waktu sekitar 1 setengah jam. Disini para pendaki akan disuguhkan dengan pemandangan perkebunan tembakau dan ladang penduduk yg sangat indah

POS I – II Gunung Sindoro Via Kledung

Setelah di Pos 1 jalur yang dilewati sudah bukan jalan berbatu, tetapi jalan setapak berupa tanah, sepanjang jalan menuju pos 2 pendaki akan melihat rimbunnya pepohonan, jalur kepos 2 ini terbilang masih cukup ringan hanya sedikit tanjakan saja.

POS II – POS III Gunung Sindoro Via Kledung

Setelah sampai Pos 2, di persilakan untuk beristirahat dulu, setelah ini jalur yang akan dilewati mulai menanjak dan bebatuan. Selain itu pendaki akan keluar dari hutan membuat pemandangan disekitar jalur pendakian terlihat jelas. Pos 3 merupakan dataran yg cukup luas, biasanya para pendaki memilih tempat ini untuk mendirikan tenda di pos 3 ini.

POS III – POS IV Gunung Sindoro Via Kledung

Setelah sampai di pos 3 pendaki akan dipaksa untuk melewati jalur yang menjak dan curam dengan kemiringan sekitar 50- 60 derajat, jalur ini didominasi bebatuan  namun peman sudah mulai terlihat sangat indah terlihatnya gunung sumbing yang terlihat berdiri gagah di depan mata dan terlihat sederet gunung-gunung lainya

POS IV – PUNCAK Gunung Sindoro Via Kledung

Perjalanan menuju Puncak pendaki akan ditemani oleh kebun bunga EDELWEIS yang terlihatsangat indah ketika mekar, jalur dari Pos 4 menuju Puncak ini merupakan jalur terbuka, sehingga sangat rawan terkena terkena angin kencang yang menyebabkan udara terasa sangat dingin.

Puncak Gunung Sindoro ditandai dengan adanya kawah besar yang terlihat masih menyemburkan asap, puncak Gunung Sindoro tak hanya kawah saja, tetapi ada sebuah dataran luas layaknya padang sabana, lokasi tersebut bernama Segara Wedi, kalau musim hujan akan terisi air yang menjadi danau.

Pendakian Gunung Sindoro Via Kledung
Pendakian Gunung Sindoro Via Kledung
Pendakian Gunung Sindoro Via Kledung
Pendakian Gunung Sindoro Via Kledung

NOTE: Baca dan terapkan semoga pendakian menyenangkan dan selamat sampai rumah.

Gunung Sindoro termasuk gunung yang tidak ada sumber mata air, jadi untuk para pendaki diwajibkan membawa persediaan air yg banyak agar tidak kekurangan air dan mecegah terjadinya kejadian yg tidak diinginkan. Dan melengkapi peralatan mendaki yg Safety agar tidak merugikan team dan diri sendiri.

Patuhilah semua peraturan yg telah diberikan, karena gunung bukan tempat pribadi, melainkan tempat umum yang harus kita jaga bersama-sama. Jangan lupa bawa turun sampahmu, karena di gunung tidak ada petugas kebersihan sampah.