Air Terjun Dolo Kediri Jawa Timur

Air Terjun Dolo Kediri berlokasi di Provinsi jawa timur. Air terjun Dolo Kediri Jawa Timur adalah salah satu tempat wisata alam yang berada di Dusun Besuki, Desa Jugo, Kecamatan Mojo, Kabupaten Kediri, Jawa Timur.

Air terjun Dolo Besuki Kediri ini berlokasi di lereng Gunung Wilis. Gunung ini memiliki ketinggian 2.850 meter di atas permukaan laut. Tempat air terjun Dolo yang berada di pegunungan membuat tempat wisata ini memiliki suhu yang dingin, bahkan ketika sedang cuaca buruk, wilayah ini akan ditutupi oleh kabut. Tentu saja cuaca dingin dan suhu air yang dingin, akan bertambah dingin ketika kabut mulai berdatangan.

Namun, ketika cuaca cerah, pemandangan yang indah akan terlihat di tempat ini. Suara gemuruh air, ditemani pohon-pohon yang rindang akan menambah kesan sejuknya suwasana pegunungan. Hal ini didukung dengan adanya air terjun Dolo yang terletak di tengah lereng gunung Wilis, atau berada kurang lebih 1.800 meter di atas permukaan laut.
Air Terjun Dolo Kediri Jawa Timur
Air Terjun Dolo Kediri Jawa Timur
Air Terjun Dolo Kediri Jawa Timur

Spot Foto Wisata Air Terjun Dolo

Air terjun Dolo Kediri memiliki ketinggian sekitar 125 meter. Bentuknya berundak-undak dengan curahan air tertinggi kira-kira 90 meter dan undakan dibawahnya memiliki tinggi 2 hingga 5 meter. Spot foto paling menarik untuk mengambil gambar pada bagian bawah air terjun. Sobat bisa mengambil foto dari sudut ini. Sobat akan terlihat berada di samping air terjun, keindahan air terjun yang memikat ini sama sekali tidak ada hubungannya dengan mitos air terjun dolo yang katanya sedikit menyeramkan.

Sejarah dan Pantangan Berwisata di Air Terjun Dolo

Wisata air terjun Dolo Kediri memiliki banyak tempat yang bisa di jadikan alternative sebagai kegiatan liburan keluarga selain berada di wisata air terjun. Karena berada di kawasan pegunungan, tempat lokasinya dikelilingi suburnya tanaman yang tumbuh. Terutama tanaman bunga-bungaan.

Sejarah air terjun Dolo Kediri Jawa Timur ini sudah ada sejak berabad-abad lalu, tepatnya pada zaman Kerajaan Kediri. Ada fenomena yang tidak biasa. Yaitu ada benda yang bisa terlihat dengan mata, namun tiba-tiba menghilang. Jadi, benda aneh tersebut kadang-kadang terlihat dan kadang-kadang menghilang. Benda itu tergantung di atas pohon di sebelah air terjun.

Itulah legenda air terjun Dolo Kediri yang melekat di masyarakat hingga sekarang. Dolo, dalam bahasa setempat berarti menggantung. Benda aneh yang menggantung itulah yang menjadi asal usul nama air terjun ini. Cerita itu pula yang menjadi nama air terjun Dolo Kediri.

Pantangan yang harus sobat patuhi ketika berkunjung di Air Terjun Dolo. Pantangan-pantangan ini juga berlaku jika sobat sedang berkunjung di wisata Air Terjun Irenggolo, pantangannya adalah sobat dilarang bersiul, jangan bertepuk tangan, tidak boleh bersenda gurau berlabihan dan jangan coba-coba mengambil hasil alam secara berlebihan, contonya mengambil tumbu-tumbuhan yang hidup secara liar di area air terjun. Kalau sobat sampai melanggar resiko ditanggung penumpang he he heeee.
 
Air Terjun Dolo Kediri Jawa Timur Air Terjun Dolo Kediri Jawa Timur Air Terjun Dolo Kediri Jawa Timur

Fasilitas Umum Air Terjun Dolo Kediri

Meskipun masih sangat alami, air terjun Dolo sudah memberikan fasilitas yang lengkap bagi sobat, seperti toilet umum dan musholla. Anda juga bisa beristirahat di kedai-kedai makanan yang berjualan di sepajang jalan wisata. Kalau berwisata di dolo jangan lupa mencoba Nasi Goreng Tiwul. Nasi Tiwul adalah makanan khas Dusun Besuki dan tidak akan sobat temukan di tempat wisata lain selain di sini.

Hiking Area

Bagi Anda penggemar aktivitas hiking, jangan lupa untuk singgah di tempat ini. Anda akan dimanjakan dengan pemandangan yang memukau selama perjalanan menuju air terjun Dolo yang berada di pegunungan menjadi tempat yang pas bagi Anda.

Camp Area Gazebo Dolo

Terdapat camping ground yang cukup luas di tempat ini. Lokasi camp area sebelum parkiran wisata air terjun Dolo, orang-orang biasah menyebutnya Gazebo Dolo, Bagi sobat yang masih jomblo dan bingung mau kemana? saya sarankan mendirikan tenda di tempat ini, lalu berdiskusi tentang masa depan.

Bagi sobat yang sudah berkeluarga Gazebo Dolo sangat cocok digunakan untuk camping ceria bersama anak dan istri Anda karena tempatnya tidak jauh dari jalan utama, kalau malam hari bisa melihat Kota Kediri, pagi bisa melihat mata hari terbit dan kalau sobat beruntung bisa melihat bintang bertaburan yang sedang bercumbu dengan sang rembulan he he heee .

Pantangan camp ceria di kawasan air terjun Dolo, bagi sobat yang camp di area Dolo dianjurkan bagi mereka yang membawa benda-benda tajam wajib menancapkan-nya ke tanah. Hal-hal seperti ini memang remeh, tapi menurut warga setempat lakukan saja agar sobat tidak di gangguan makhuluk-makhluk gaib yang tinggal di area Gazabo Dolo.

Fasilitas Camping ceria disini ada 1 warung yang buka 24 jam kalau hari sabtu dan minggu, jika sobat ingin masak sumber air ada di bawah dekat dengan taman langit turunlah dengan menggunakan motor. biaya medirikan tenda Rp 10.000 per tenda, kalau ada perubahan harga tolong tinggalkan di kolom komentar ya sob karena harga bisa berubah setiap saat.
 
Air Terjun Dolo Kediri Jawa Timur Air Terjun Dolo Kediri Jawa Timur Air Terjun Dolo Kediri Jawa Timur

Rute menuju Air Terjun Dolo 

Sebenarnya sangat gampang, tapi saratnya harus menggunakan kendaraan pribadi karena angkutan umum yang menuju keloksi wisata belum ada, sebelum berangkat cek dulu kendaraan sobat, karena jalan yang akan sobat lewati naik turun dan berkelok. Agar lebih gampang dari Kota Kediri sobat menuju Terminal Tamanan kota Kediri.

Di depan Terminal sudah ada papan petunjuk arah menju ke wisata air terjun Dolo dan wisata Religi Gua Maria (Puh Sarang) sobat ikuti saja jalan sampailah ke Dusun Besuki Desa Jugo. Ikuti saja papan petunjuk arah yang bertuliskan Dolo nanti sobat akan sampai di pintu gerbang Kawasan Wisata Besuki dan membayar tiket masuk sebesar Rp 3.000 per orang, setelah itu lanjutkan perjalanan sobat secara berlahan sambil menikmati indahnya alam menuju parkiran.

Itulah sedikit deskripsi dari saya tentang air terjun dolo Semoga bisa membantu sobat dalam mencari referensi tempat liburan bersama keluarga dan teman-teman Anda. Semoga bermanfaat dan terimakasih. Kurangi Sampah Plastik perbanyak Piknik. Salam Lestari