Pantai Nguyahan Gunung Kidul Yogyakarta

Dari sejumlah tempat Pariwisata di Gunung Kidul, yang paling terkenal dan menarik adalah pantai-pantainya. Hamparan pasir putih di sepanjang bibir pantai dan mentari terbit dari timur menambah keindahannya. 

Kalau sobat sedang pergi liburan ke Jogja tidak ada salahnya untuk mampir di Pantai Nguyahan, Pantai Nguyahan masih alami dan belum banyak wisatawan yang mengetahui keberadaan pantai ini.
Pantai Nguyahan Gunung Kidul Yogyakarta

Meskipun tak seterkenal Pantai Parangtritis, keindahan Pantai Nguyahan tidaklah kalah, akan lebih indah lagi kalau sobat kesini bersama si pujaan hati he he heeeee. Pantai Nguyahan termasuk pantai yang relatif kecil, karena di sebelah kanan dan kiri pantai ada tebing yang tinggi, sehingga hamparan pasir putih yang berada di depan mata tidak seluas Pantai Parangtritis.

Tapi jangan kecewa dan bersedih dulu, justru adanya tebing tersebut membuat foto-foto kalian lebih bagus dan unik jos sekali untuk di upload di Instalgram buat Story WA masok juga sekalian pamer kalau sobat sobat sedang liburan he he heeee. 
PANTAI NGUYAHAN GUNUNG KIDUL YOGYAKARTA PANTAI NGUYAHAN GUNUNG KIDUL YOGYAKARTA PANTAI NGUYAHAN GUNUNG KIDUL YOGYAKARTA

Asal-Usul Nama Pantai Nguyahan

Ada sedikit cerita tentang pantai Nguyahan, saat saya ngopi di warung ibu ibu yang ngomel karena saya dan teman belum menggulung tenda pas jam 8:00 tadi. Kata ibu penjaga warung dulu waktu Indonesia masih di jajah Belanda.

kawasan Pantai Nguyahan terkenal sebagai sentral penghasil garam. Oleh sebab itu warga sekitar menamai pantai ini Pantai Nguyahan, dalam bahasa jawa uyah kalau di translit ke Bahasa Indonesia artinya garam. Jadi, jangan heran kalau pantai ini disebut dengan nama Nguyahan.

PANTAI NGUYAHAN GUNUNG KIDUL YOGYAKARTA PANTAI NGUYAHAN GUNUNG KIDUL YOGYAKARTA PANTAI NGUYAHAN GUNUNG KIDUL YOGYAKARTA

Lokasi Pantai Nguyahan

Pantai Nguyahan berlokasi di Desa, Kanigoro, Kecamatan, Saptosari, Kabupaten, Gunung Kidul, Yogyakarta. Sebenarnya pantai ini berdekatan dengan Pantai Ngobaran, pantai yang terkenal ada patung Semar dan Pura kata orang orang pantai ini mirip pantai Tanah Lot di bali,

jarak kedua pantai ini juga tidak terlalu jauh sekitar 200 Meter saja. Jadi, perjalan menuju kedua pantai ini sama, sekali berangkat dua tempat wisata di dapat mantapkan? Akses dan rute jalan menuju Pantai Nguyahan bisa menggunakan transportasi Motor maupun Mobil Pribadi untuk Bus dan Mobil Elf bisa juga kalau sobat ingin rombangan bersama sanak keluarga.

Rute Jalan dari Yogyakarta

Rute yang harus sobat tempuh jika dari Kota Yogyakarta adalah melewati Piyungan, Patuk, Gading atau lapangan udara lalu belok kanan, Playen, Paliyan, Pasar Trowono, Kanigoro, Pantai Nguyahan. Bagi sobat yang bersal dari luar Kota Yogyakarta,

kalau mau main ke pantai Nguyahan saya sarankan sewa motor saja, karena angkutan umum untuk menuju ke pantai ini belum ada. Harga sewa motor di jogja tidak mahal mulai dari harga Rp 75.000 sampai Rp 150.000 tergantung tipe dan CC motor yang akan sobat sewa.

Rute Jalan dari Solo

Jika perjalanan dari Solo. Ambil arah Sukoharjo, lalu ke Cawas, setelah itu menuju ke arah Wonosari, lalu menuju ke Paliyan setelah sobat sampai di Paliyan, ambil arah ke daerah Trowono, setelah itu masuk daerah Saptosari, di Saptosari ini sudah banyak plang petunjuk arah menuju Pantai Nguyahan. Jika sobat masih bingung bisa menggunakan Google MAP waktu saya kesini sudah akurat kok Google MAP nya. 
PANTAI NGUYAHAN GUNUNG KIDUL YOGYAKARTA PANTAI NGUYAHAN GUNUNG KIDUL YOGYAKARTA PANTAI NGUYAHAN GUNUNG KIDUL YOGYAKARTA

Fasilitas di Pantai Nguyahan

Untuk fasilitas umum yang tersedia di sini cukup lengkap, seperti Parkir area, Warung Makan, Toilet, dan Mushola. Sayang penghinapan seperti Losmen dan Hotel di sekitar pantai belum ada cuma itu saja kekurangan di pantai Nguyahan. Tapi sobat tidak perlu kuatir jika ingin bermalam disini sobat bisa membawa tenda sendiri dari rumah,

nanti sobat bisa Camping ceria sambil bercerta hal hal yang bodoh kala di tinggal kekasih tercinta he he heeee. Kalau sobat Camping di pantai ini jam 8:00 pagi tenda sobat harus cepat di gulung kalau tidak sobat bisa di marahi ibu ibu penjaga warung he he heeee.

Aktivitas di Pantai Nguyahan

Agar liburan sobat semakin menyenangkan dan tidak mejenuhkan ada beberapa hal yang perlu sobat ketahui. Pantai Nguyahan memiliki warna pasir yang putih dan lembut, menambah keindahan pesisir pantai. Selain itu, lokasi pantai tidak terlalu miring seperti pantai lain, sehingga sangat aman dan nyaman untuk bermain di sekitar pantai, seperti bermain bola, voli, dan lain sebagainya.

1. Mancari Ikan di Batukarang

Ketika air laut sedang surut, sobat akan di suguhi pemandangan batu karang yang bagus. Bukan hanya itu, di sela-sela batu karang terdapat ikan-ikan kecil yang terperangkap di batu-batu karang kalau sobat mau bisa menangkapnya dan di bawa pulang. Momen seperti ini tidak akan sobat dapatkan kalau sobat hidup di perkotaan seperti saya he he heee.

2. Spot Foto di Pantai Nguyahan

Selain itu ada pemandangan rumput laut dan gagang rumput laut yang menyangkut di sela-sela batu karang. Batu karang yang ditumbuhi rumput laut membuat warna tepi laut lebih indah dan tampak kehijauan. Pemandangan seperti ini bisa menjadi background foto yang bagus bagi sobat yang doyan  fotografi.

3. Spot Foto diatas Bukit Pantai Nguyahan

Karena Pantai Nguyahan dikelilingi oleh bukit-bukit yang tinggi, hal ini menambah keindahan dan ke elokan pemandangan disekitar pantai. Kalau sobat mau menaiki bukit, sobat bisa melihat pemandangan Pantai Nguyahan dan laut lepas di atas bukit, namun sobat harus tetap berhati-hati untuk menjaga keselamatan. Di atas bukit ada spot foto yg bagus.

4. Memancing di Pantai Nguyahan

Bagi sobat yang mempunyai hobi atau suka memancing, sobat bisa memancing di pinggir pantai, Ketika air sedang surut banyak orang memancing di sekitar pantai andai saya bawa pancing pastinya saya ikut memancing he he heee. Pantai Nguyahan termasuk dangkal sehingga cukup aman untuk sekedar bermain-main air di tepian pantai.

Kalau sobat sudah mulai capek, di pinggir Pantai Nguyahan banyak Gazebo Bambu kecil sederhana yang sengaja di buat warga setempat untuk berteduh dan beristirahat di pinggir pantai, disini sobat bisa bersantai sambil makan-makan dan menikmati keindahan panorama alam.
Pantai Nguyahan Gunung Kidul Yogyakarta
Pantai Nguyahan Gunung Kidul Yogyakarta
Pantai Nguyahan Gunung Kidul Yogyakarta
Walau air laut sedang tenang, sobat harus tetap waspada dan berhati hati saat ombak sedang pasang, selalu awasi teman dan keluarga anda agar tidak terjadi hal hal yang idak kita inginkan. Samapai disini dulu pembahasan tentang pantai Nguyahan semoga liburan sobat menyenangkan dan jangan lupa buang sampah pada tempatnya agar Pantai Nguyahan yang indah ini tetap terjaga keasriannya. Kurangi Sampah Plastic Perbanyak Piknik Salam Lestari.