Wisata Air Terjun Irenggolo Kediri Jawa Timur

Wisata Air terjun Irenggolo, berlokasi di Dusun Besuki, Desa Jugo, Kecamatan Mojo, Kabupaten Kediri, Jawa Timur. Enaknya berwisata kesini sobat bayar satu tiket dapat 2 wisata. Wisata Air terjun Irenggolo dan Wisata Air Terjun Dolo. Meskipun tak seterkenal air terjun Dolo, Air terjun Irenggolo wajib sobat kunjungi kalau tidak mampir sobat rugi.

Air Terjun Irenggolo memiliki ketinggian sekitar 80 meter dan tingkat kemiringan-nya sekitar 40 drajat, sehingga membuat air terjun ini kelihatan landai. Yang unik dari air terjun Irenggolo adalah, air tidak langsung jatuh seperti air terjun pada umumnya, melainkan merambat mengalir dari atas melewati bebatuan yang tertata rapi seperti anak tangga. Warga sekitar biasah menyebutnya banyu mrambat (air merambat turun kebawah).

Wisata Air Terjun Irenggolo Kediri Jawa Timur
Wisata Air Terjun Irenggolo Kediri Jawa Timur
Wisata Air Terjun Irenggolo Kediri Jawa Timur

Fasilitas Umum Wisata Air terjun Irenggolo

Tidak hanya itu Air Terjun Irenggolo juga memiliki daya tarik tersendiri bagi wisatawan. Selain akses jalan mudah di tempuh dan tidak sesulit akses jalan menuju air terjun Dolo, yang mengharuskan sobat dan para wisatawan lain turun melewati ratusan anak tangga, kalau disini anak tangganya sedikit dan banyak landainya. Fasilitas umum pun tidak kalah lengkap dengan air terjun Dolo, seperti Camp area, Moshola, Kamar Mandi, Taman bermain, Tempat Parkir dan Warung Makan. Bagi teman-teman pecandu ketingian dan rindu kabut tempat ini sangat cocok buat camp ceria Bersama keluarga tercinta. semua Foto klik disini.

Upacara Adat dan Legenda Wisata Air terjun Irenggolo

Selain menikmati udara sejuk khas pegunungan, Kalau Bulan Suro sobat bisa melihat dan mengikuti acara Upacara Adat Sesaji Tirto Husodo. Kegiatan ritual yang dilaksanakan oleh masyarakat setempat di air terjun Irenggolo. Kegiatan ini dilakukan untuk memohon keselamatan kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mengenang jasa-jasa pendiri Dusun Besuki dan sekitarnya, tokoh itu bernama Resi Wasis Curigonoto.

Selain upacara adat air terjun Irenggolo memiliki legenda yang sangat menarik untuk sobat ketahui. Legenda ini masih berkaitan dengan sejarah asal usul pemberian nama air terjun Irenggolo. Sinkat cerita, pada jaman dahulu sebelum ada IG dan WA, ada Kerajaan lokasinya terletak di sebelah barat Gunungan Wilis, sang raja sangat berambisi ingin menaklukkan Kerajaan Kediri. Karena keinginannya sudah tak terbendung lagi, sang raja mengutus seorang Panglima Perang yang sakti mondroguno, bernama Iro Manggolo.

Sebelum berangkat ke medan perang panglima Iro Manggolo dapat titah dari sang raja, titah sang raja senopatiku Iro Manggulo kowe ojo sampek muleh lak gorong iso gae sungsang bawono negoro kediri. (panglimaku Iro Manggulo kamu jangan sampai pulang kalau belum bisa meluluh lantahkan negara kediri).

Karena tau kerajaan Kediri mau di serang, sang raja Kediri mengutus Panglima Perang  jago pilih tanding, sakti kang lintang jayaning perang bebasan tinatah medat, jinoro menter, dinombak pengkong, disudok putong itulah sang senopati Kediri. Di medan laga kedua panglima ini bertemu lalu bertarung satu lawan dan beradu ilmu kanuragan, beradu ilmu kesaktian dan berbagai senjata pusaka di keluarkan dan akhirnya kemenangan berpihak kepada panglima Perang Kediri.

Meskipun kalah perang, panglima Iro Manggolo tidak dibunuh malah diberi kesempatan untuk pulang ke kerajaanya. Namun Karena merasa malu dan tidak bisa menyelesaikan tugasnya, panglima Iro Manggolo tidak ingin lagi pulang. sang panglima perang memutuskan untuk mengasingkan diri dan bertapa di sisi sebelah timur lereng Gunungan Wilis. Untuk menghormati dan mengenang panglima Iro Mangguro masyarakat setempat menamai lokasi ini IRENGGOLO. sesuai nama Panglima Perang yang sedang bertapa di daerah ini.

Acara Adat boleh di ikuti semua kalangan mulai dari anak-anak sampai yang tua ikut membaur untuk meramaikan acara tersebut. Kata warga setempat acara ini diadakan setiap tahun agar kebudayaan ini tidak mati tergerus jaman dan diteruskan oleh generasi muda. Yang membuat saya terheran lagi tumpeng yang di buat bukan dari beras bisah melainkan dari beras ketan dan lengkap dengan berbagai macam lauknya.

Wisata Air Terjun Irenggolo Kediri Jawa Timur
Wisata Air Terjun Irenggolo Kediri Jawa Timur
Wisata Air Terjun Irenggolo Kediri Jawa Timur

Rute Menuju Wisata Air Terjun Irenggolo

Untuk sampai ke lokasi Wisata Air Terjun Irenggolo dan Air Terjun Dolo, saya sarankan mengunakan kendaraan pribadi saja karena jarak loket ke tempat wisata masih jauh banget dan yang perlu dicatat kendaraan sobat harus dalam kondisi PRIMA karana jalan yang akan sobat lewati naik turun dan berkelok, kalau musim hujan kabut turun sangat tebal sekali jarak pandang Cuma 5 meter.

Agar lebih gampang perjalan bisa sobat mulai dari Terminal Tamanan Kediri, setelah itu ambil kanan kearah Pasar Semen, setelah Pasar Semen lurus saja sampai ketemu plang petunjuk arah menuju ke air terjun dolo dan puhsarang. Setelah itu tinggal ikuti jalan saja tidak perlu takut kesasar karena sepanjang pertigaan jalan sudah terpasang papan-papan petunjuk jalan yang mengarah kelokasi wisata.
Wisata Air Terjun Irenggolo Kediri Jawa Timur Wisata Air Terjun Irenggolo Kediri Jawa Timur Wisata Air Terjun Irenggolo Kediri Jawa Timur

Tisp Liburan di Wisata Air Terjun Irenggolo

Tips liburan kesini dari saya, berangkat lah pagi-pagi sekali, langsung sobat gas menuju wisata Air Terjun Dolo. karena sobat berangkat pagi bisa santai dulu dan berfoto-foto di sepanjang perjalanan, selesai berfoto lanjutkan perjalanan menuruni anak tangga air terjun dolo, karena masih pagi saya jamin foto-foto sobat pasti bagus hasilnya. karena cahaya matahari pagi itu masih merata.

Setelah selesai berfoto-foto dan menikmati keindahan air terjun dolo saatnya makan, warung makan di wisata ini ada banyak dan lengkap menu makanannya jadi tidaj usah kawatir kelaparan, setelah selesai makan dan mentari sudah diatas kepala saatnya pindah kewisata Air Terjun Irenggolo. sebelum ke irenggolo sobat bisa mampir di cafe-cafe yang ada di pinggir jalan. mau langsun juga boleh, santai dan bermain air di irenggolo.

Bagai mana sobat tertarik untuk mengujungi tempat wisata ini? Sepertinya weekend besok patut untuk di coba dan jangan lupa buanglah sampah di tempatnya agar tempat wisata di negara kita semakin bersih, tidak kumuh dan terkenal sampai ke Mancanegara. SALAM LESTARI.