Pendakian Bukit Mongkrang Karanganyar

Mendaki Gunung merupakan kegiatan yang sangat mengasikan, apa lagi saat akan masuk musim kemarau, langit cerah, sunrise yang indah merupakan sesuatu yang sangat istimewa dihati para pendaki gunung. Jika sobat bukan seorang pendaki gunung tapi ingin mencoba sensasi mendaki gunung sobat bisa mencoba Pendakian Bukit Mongkrang Karanganyar.

Selain cocok untuk pendaki pemula Bukit Mongkrang cocok juga untuk kalian para pendaki senior yang lagi rindu belainyan dinginnya kabut dan rindu kopi senja, kalau cuaca sedang cerah pas malam hari sobat bisa melihat bintang bertaburan. Bukit Mongkrang dimana lokasinya?
Pendakian Bukit Mongkrang Karanganyar Pendakian Bukit Mongkrang Karanganyar Pendakian Bukit Mongkrang Karanganyar


Lokasi Bukit Mongkrang Karanganyar

Bukit Mongkrang memiliki ketinggian 2194 Mdpl dan berlokasi di sebelah selatan Gunung Lawu, lebih tepatnya berada di Desa Gondosuli, Kecamatan Tawangmangu, Kabupaten Karanganyar. Tidak jauh dari Basecamp pendakian Gunung Lawu yaitu: Basecamp Cemara Kandang dan Basecamp Cemara Sewu. Jika  sobat membawa kendaraan pribadi, dari kedua basecamp tersebut hanya butuh waktu sekitar 5 sampai 10 menit, sobat sudah sampai di lokasi parkir area Bukit Mongkrang.

Rute Jalan Menuju Pos Pendakian Bukit Mongkrang

Sebelum berangkat mendaki Bukit Mongkrang saya sarankan menggunakan kendaraan pribadi saja, agar sobat bisa mampir di tempat wisata lain yang ada di Karanganyar dan wisata Tawangmangu. Jangan lupa cek kendaraan sobat karena jalan yang akan sobat lewati naik turun dan sedikit berkelok.

Jika sobat berasal dari luar Kota Karanganyar, sobat sewa motor saja di Kota Solo, biaya sewa motor di Solo tidak terlalu mahal kok, mulai dari harga Rp 70.000 sampai Rp 100.000 tergantung CC dan tipe motor yang akan sobat sewa.

Saat saya kesini, rute jalan saya mulai dari Solo menuju Karanganyar, lalu menuju jalan utama Karanganyar - Magetan Via Cemara Sewu. 1 Km sebelum Basecamp Pendakian Cemoro Kandang, sobat tengok sebelah kanan jalan nanti ada sebuah gapura bertuliskan Tlogo Dringo. Jangan sampai kebablasan ya sob, kalau sampai kebablasan sobat tidak jadi ke Bukit Mongkrang malah mendaki Gunung Lawu he he heee.
Pendakian Bukit Mongkrang Karanganyar Pendakian Bukit Mongkrang Karanganyar Pendakian Bukit Mongkrang Karanganyar

Harga Tiket Masuk Bukit Mongkrang Karanganyar

Sebelum memulai pendakian dan berfoto-foto di sekitar Bukit Mongkrang sobat wajib membayar tiket masuk sebesar Rp 5.000 perorang. Jangan lupa membayar biaya parkir kendaraan sobat Rp 5.000. Jika sobat ingin bermalam atau camping disini, sobat kena biaya tambahan sebesar Rp 7.500 perorang. Kalau di tempat lain biasanya pertenda tapi kalau di Bukit Mongkrang kena perorang, jadi jangan kaget ya sob dan jangan dikira pemalakan he he heeee.

Jalur Pendakian Bukit Mongkrang Karanganyar

Jalur pendakian Bukit Mongkrang tidaklah sulit dan tidak membutuhkan waktu yang lama, dari camp area hingga puncak Mongkrang hanya butuh waktu 1 jam jalan kaki, itu saya kalau sobat yang masih pemula mungkin 1 jam 30 menit sudah sampai di puncak, nama puncak Bukit Mongkrang adalah Puncak Bukit Candi.

Selain tidak terlalu susah dan tidak butuh waktu lama, di sepanjang pos pendakian ada warung yang menjajahkan berbagai makanan dan minuman, jadi kalau sobat kesini tidak usah bawa bekal banyak-banyak tapi bawalah uang yang banyak agar bisa membeli makanan dan minuman di warung he he heeeee.

Puncak Bukit Mongkrang

Puncak Bukit Mongkrang sangat datar dan cukup luas mungkin bisa menampung sekitar 20 tenda, tapi tidak ada warungnya. Warung hanya ada di Pos 2 dan Pos 3. Enaknya camp di Puncak sobat bisa melihat matahari tenggelam dan matari terbit. Tidak hanya itu sobat bisa berfoto dengan bunga Alang-Alang dengan background foto Gunung Lawu.
 
Pendakian Bukit Mongkrang Karanganyar Pendakian Bukit Mongkrang Karanganyar Pendakian Bukit Mongkrang Karanganyar

Tips dan Peraturan saat Mendaki Bukit Mongkrang Karanganyar

  1. Karena Bukit Mongkrang tidak terlalu tinggi. Bawalah tas bodypack saja untuk membawa bekal dan air mineral.
  2. Jika sobat berencana untuk camping atau bermalam di Bukit Mongkrang, bawalah tenda yang kokoh agar tidak goyah saat di terpa angin, karena di puncak Mongkrang dan camp area Mongkrang tidak ada pohon dan rumput yang tinggi untuk mengikat dan memberi perlindungan tenda kalian.
  3. Jangan sampai lupa membawa jaket yang tebal atau jaket anti badai. Karena suhu udara di Bukit Mongkrang cukup dingin, apa lagi kalau angin sedang berhembus kencang dinginnya sampai ke tulang.
  4. Pastikan sobat memakai celana panjang saat mendaki Bukit Mongkrang. Karena banyak rumput ilalang membuat betis sobat gatal-gatal.
  5. Dilarang membuat api unggun, karena banyak rumput ilalang di khawatirkan akan terjadi kebakaran.
  6. Dilarang membawa sajam dan senapan angin.
  7. Dilarang membawa minuman keras atu minuman yang beralkohol.
  8. Dilarang membuang sampah sembarangan. karena di Bukit Mongkrang tidak ada petugas pembersih sampah. Jadi bawa turun sampahmu jangan cuma jadi penikmat alam tapi ikutlah menjaga alam dengan cara tidak membuang sampah sembarangan.
Cukup sekian dulu dari saya semoga pendakian kalian menyenangkan dan sampai dirumah dengan selamat. Kurangi Sampah Plastik Perbanyak Piknik Salam Lestari.