Pendakian Gunung Ungaran Via Mawar

Gunung Ungaran sebenarnya kawasan pariwisata. Banyak wisatawan yang datang untuk menikmati keindahan alam di sekitarnya, ada beberapa tempat wisata yang ramai dikunjungi seperti Candi Gedongsongo dan Umbul Sidomukti. Tidak hanya itu para pendaki bisa menikmati keindahan kebun Teh, Sunrise dan menikmati indahnya cahaya lampu kota Semarang dari ketinggian. Keindahan itu bisa sobat dapatkan setelah melakukan pendakian di Gunung Ungaran. 
Pendakian Gunung Ungaran Via Mawar Pendakian Gunung Ungaran Via Mawar Pendakian Gunung Ungaran Via Mawar
Salah satu jalur yang paling ramai dan favorit adalah jalur pendakian Gunung Ungaran Via Jimbaran. Jalur ini lebih dikenal dengan Gunung Ungaran Via Mawar atau Pos Mawar. Gunung Ungaran memiliki ketinggian 2.050 mdpl, dan berada di Kecamatan Ungaran, Kabupaten Semarang, Provinsi Jawa Tengah. Gunung ini cukup terkenal dikalangan pecandu ketingian dan sangat cocok untuk para pendaki pemula atau sekedar mengobati rasa rindu kepada dinginnya kabut, karena jalur pendakian tidak sesulit gunung-gunung yang ada di Jawa Tengah. Tak sedikit pula ada yang dari luar kota semarang hanya untuk menikmati keindahan gunung ini.


Untuk sampai ke basecamp mawar bisa menggunakan GPS kalau dari kota ungaran bisa menggunakan transportasi umum menuju pasar Jimbaran arahnya sama menuju Umbul Sidomukti. Setelah sampai pasar Jimbaran sobat bisa naik ojek atau jalan kaki sampai Basecamp Mawar. Kalau sobat ingin hemat biaya jalan kaki saja anggap anggap saja buat pemanasan he he heee.

Setelah sampai di basecamp sobat harus daftar dan mengisi data diri dan kelompok pengisian diri bisa diwaki ketua geng atau kelompok tinggalkan nomer HP keluarga yang bisa dihubungi kalau ada sesuatu pada kelompok sobat pihak basecamp bisa menghubungi keluarga sobat. Sebelum pendakian di mulai ada baiknya sobat mengecek lagi barang bawaan siapa tau ada yang kurang atau ada yang tertinggal.

Basecamp Mawar – Pos 1 Gunung Ungaran

Jalur yang di lewati cukup jelas banyak melewati warung sebelum masuk kawasan lereng gunung. Trek masih ringan, tidak terlalu menanjak tapi dikelilingi semak, rumput dan jarang pohon besar pemandangan kota semarang terlihat di sebalah kanan. Pos 1 berupa gubuk kecil beratap seng pos 1 cocok buat istirahat sebentar dan memulihkan tenaga sebelum melanjut perjalanan. Dari Basecamp Mawar menju Pos 1 membutuhkan waktu sekitar 1 jam 20 menit bisa kurang bisa lebih tergantung fisik sobat. 

Pos 1 – Pos 2 Gunung Ungaran

Jalur pendakia masih sama dengan pos 1 dengan trek yang masih datar, teduh dan sejuk membuat suasana pendakian jadi lebih menyenangkan. Kalau sobat sudah bertemu aliran air menandakan pos 2 sudah setengah perjalanan. Shelter pos 2 tidak beda jauh dengan shelter pos 1. Dari Pos 1 ke Pos 2 membutuh waktu sekitar 25 menit bisa kurang bisa lebih. 

Pos 2 – Pos 3 Gunung Ungaran

Dari Pos 2 menuju Pos 3 medan masih sama seperti yang saya jelaskan diatas pepohonan yang rimbun masih menjadi penyelamat dari teriknya sinar sang surya. Trek tanah yang padat berubah menjadi jalan makadam menandakan sobat akan segera sampai di pos 3. 

Pos 3 biasanya di sebut dengan kolam renang, disebut kolam renang bukan berati sobat boleh berang loyaaa. di sebut kolam renang karena ada bak penampung air yang besar dan terbuat dari cor. nanti sobat lihat sendiri mirip seperti kolam renang, disinilah para pendaki mulai mengambil air untuk keperluan memasak dan sebagainya. Dari Pos 2 menuju Pos 3 butuh waktu sekitar 25 menit bisa kurang bisa lebih. 

Pos 3 – Kebun Teh Gunung Ungaran

Kebun teh merupakan jalur pertemuan antara jalur Mawar dan jalur Promasan. Tapi ada seorang pendaki yang memberitahu saya kalau ada baru yang lebih cepat tapi tidak melewati kebun teh, saya belum melewatinya kalau sobat ingin melewati jalur baru carilah informasi di basecamp dulu agar sobat tidak tersesat, kalau salah satu dari sobat pembaca pernah melewati jalur baru tolong tinggalkan di kolom komentar agar sobat pembaca yang lain tau informasi tentang jalur baru. Jalur pendakian dari tanah padat berubah menjadi jalur makadam. Area terbuka dan jalur mulai menanjak ringan tak jarang ada motor lewat hilir mudik ditempat ini.

Tapi tenang semua itu bisa sobat alihkan karena indahnya pemandangan kebun teh sudah di depan mata dan angin yang sepoi-sepoi membuat saya dan 2 (dua) teman saya ingin berlama-lama di kebun teh ini, dan akhirnya benar kedua teman saya memutuskan untuk mendirikan tenda di kebunteh Promasan. 

Tak lama setelah saya dan teman saya mendirikan tenda datanglah para pendaki lain juga ikut mendirikan tenda, kami semua saling sapa dan saling lempar senyum hangat lalu bertanya dari mana asal kita bertiga danseterusnya. Tak tersa sang surya sudah mulai lelah memancarkan cahanya. sambil menikmati senja tak lupa secangkir kopi hitam menjadi pelangkapnya, apa lagi kalau di temani si dia mungkin kebun teh ini serasa di surga he he heee.  

Kebun Teh – Puncak Gunung Ungaran

Pendakian Gunung Ungaran Via Mawar sebenarnya baru dimulai dari kebun teh ini, jalur makadam yang mulai menanjak mengantarkan sobat sampai di pintu hutan saja, disinilah pendakian yang sebenarnya akan dimulai. Setelah masuk hutan sobat akan melewati trek yang didominasi oleh bebatuan yang terjal, sempit dan menanjak dimana akar-akar pohon sangat berguna untuk tumpuan kaki dan pegangan tangan.

Trek seperti ini akan sangat menguras tenaga para pendaki. Sebelum sampai puncak sobat akan melihat rerumputan hijau yang tumbuh di sela-sela bebatuan, perkebunan teh, perbukitan hijau dan Kota Semarang terlihat jelas kalau cuaca sedang bagus dan tidak kabut. tidak hanya itu sobat bisa melihat gagahnya Gunung Merapi, Gunung Merbabu serta luas nya Danau Rawa Pening dari atas sini.

Sebelum sampai kepuncak masih ada satu bukit lagi yang harus sobat lewati dengan trek yang masih megemaskannya, menanjak dan berbatu terjal, setelah melewati bukit dan selamat sobat sudah sampai di puncak Gunung Ungaran. Gunung Ungaran sebenarnya memiliki 3 puncak yaitu, Puncak Gendol, Puncak Botak dan yang tertinggi adalah puncak Ungaran. Dari kebun teh ke puncak membutuhkan waktu sekitar 2 jam 30 menit bisa kurang bisa lebih tergantung fisik pendaki. 


Pendakian Gunung Ungaran Via Mawar Pendakian Gunung Ungaran Via Mawar Pendakian Gunung Ungaran Via Mawar
Puncak Gunung Ungaran cukup luas dan datar biasanya ada yang mendirikan tenda di puncak. tapi saya sarankan jangan mendirikan tenda di puncak Ungaran sangat berbahaya kalau cuaca sedang buruk dan sedang terjadi badai. Karena di pinggir puncak tidak ada perlindungan seperti rumput ilalang dan temannya. 


Dari pada tenda sobat roboh karena terpaan angin lebih baik turunlah sedikit kearah jalur Gedong Songo di sini aman dan nyaman loksi tidak jauh dari puncak, lokasinya datar dan masih ada pepohonan jadi sobat tidak kepanasan dan kedinginan kalau camp di lokasi ini.

Baca dan terapkan semoga pendakian menyenangkan dan selamat sampai rumah.

Gunung Ungaran termasuk gunung yang tidak ada sumber mata air, jadi untuk para pendaki diwajibkan mengambil persediaan air di Pos 3 yg banyak agar tidak kekurangan air dan mecegah terjadinya kejadian yg tidak diinginkan. Melengkapi peralatan mendaki yg Safety agar tidak merugikan team dan diri sendiri. 

Patuhilah semua peraturan yang telah diberikan penja basecamp, karena gunung bukan tempat pribadi, melainkan tempat umum yang harus kita jaga bersama-sama. Jangan lupa bawa turun sampahmu, karena di gunung tidak ada petugas kebersihan sampah. Sekian dan terimakasih semoga pendakian anda menyenangkan. Kurangi Sampah Plastik Perbanyak Piknik Salam lestari