Wisata Bukit Ongakan Besowo Kediri

Kabupaten Kediri memiliki banyak tempat wisata, Salah satu wisata alam yang tersembunyi di Desa Besowo yaitu Bukit Ongakan. Walau wisata baru Bukit Ongakan memiliki keindahan alam yang jos dan sobat bisa melihat Gunung Kelud dari sini,

tidak hanya itu sobat juga bisa melihat air terjun dari atas sini, tapi sayang akses jalan yang menuju ke air terjun belum ada. Kita berdo'a saja agar wisata baru ini dapat perhatian kusus dari pemerintah Kediri, sangat di sayangkan kalau wisata sebagus ini cuma trending sebantar lalu mati secara berlahan tanpa ada perkembangan.

Lokasi dan Rute Jalan Menuju Bukit Ongakan Besowo Kediri

Bukit Ongakan Besowo Kediri berlokasi di Desa Besowo. Kecamatan Kepung, Kabupaten Kediri. Di sepanjang perjalanan menuju Bukit Ongakan, sobat akan disuguhi dengan pemandangan alam yang masih sangat alami, pohon-pohon besar yang rindang, semak belukar dan suara burung di alam bebas menambah keasrian Bukit Ongakan.

Sebelum berwisata ke Bukit Ongakan sebaiknya sobat mempersiapkan beberapa hal, seperti kamera atau gadget yang kameranya lebih canggih. Sangat disayangkan, jika sobat tidak mengabadikan moment dan keindahan wisata Bukit Ongakan. Jadi tunggu apalagi. Jika akhir pekan ini sobat ada waktu luang silakan liburan di Bukit Onga’an Besowo dan nikmati indahnya ciptaan tuhan yang satu ini.

Rute Menuju Bukit Ongakan Besowo Kediri, Untuk sampai ke Bukit Ongakan, sobat saya sarankan menggunakan kendaraan pribadi, karena transportasi umum yang menuju kewisata ini cukup minim bahkan belum ada dan disarankan menggunakan kendaraan roda 2 kalau sobat menggunakan mobil bisa naik ojek di desa terakhir.

Saat saya liburan kesini perjalanan saya mulai dari Kota Pare, dari Pare sobat cari arah menuju Kandangan atau arah Malang. nanti ada Pasar Sapi Pare sobat belok kanan, lurus mentok belok kiri, lurus lagi sampai ketemu Pasar Desa Kepung.

Dari Pasar Kepung sobat lurus saja nanti akan ketemu pertigaan patung harinjing sobat belok kanan lurus saja sampai ketemu balai Desa Besowo, dari balai Desa 500 meter sobat belok kanan lagi nanti masuk dusun terakhir, disini sudah banyak papan petunjuk arah jadi sobat tidak perlu khawatir tersesat.

Setelah melewati Desa terakhir sobat akan masuk area hutan lindung Besowo, terusaja ikuti jalan sampai sobat ketemu pintu loket Wisata Bukit Onga'an Besowo. Jika sobat menggunakan GPS, arahkan GPS sobat ke Balai Desa Besowo. Kalau sobat langsung ketik Bukit Ongakan google map suka ngaco yang ada sobat malah kesasar.

Wisata Bukit Ongakan Besowo Kediri Wisata Bukit Ongakan Besowo Kediri Wisata Bukit Ongakan Besowo Kediri

Tiket Masuk dan Fasilitas di Bukit Ongakan Besowo Kediri

Setelah sampai di pintu loket sobat wajib membeli tiket masuk sebesar Rp 5,000 Setelah membayar tiket sobat harus melanjutkan perjalan masuk hutan lagi, setelah keluar dari hutan sampailah Anda ke Bukit Ongakan Besowo Kediri.

Setelah sampai di lokasi wisata sobat bisa beristirahat dulu minum Kopi atau bersantai di gazebo yang telah di sediakan pengelola, istirahat sudah slesai sobat bisa jalan-jalan mengelilingi Bukit Ongakan dan melihat indahnya pemandangan.

Gunung Kawi, Gunung Arjuna, Gunung Anjasmara, Puncak Gunung Kelud, Puncak Gajah Mungkur, Waduk Selorejo di sebelah Timur laut dan juga Waduk Siman di sebelah Utara. Selain yang saya sebutkan diatas Fasilitas yang tersedia ada tempat parkir, toilet dan mushola. Sarana pendukung lainnya pada umumnya masih bersifat alami.

Sejarah Bukit Ongakan Besowo

Puncak Bukit Ongakan langsung menghadap Gunung Kelud dan mempunyai ketinggian 860 meter diatas permukaan laut (mdpl), dengan ditandai Pohon Persah setinggi 10 sampai 15 meter dengan diameter sekitar 50 cm. Luar biasanya pohon ini merupakan satu-satunya pohon yang bertahan hidup di Ongakan pada saat Erupsi Kelud pada tanggal 13 Februari 2014 yang lalu.

Karena wisata ini berlokasi di pinggir hutan Bukit Ongakan sangat cocok bagi kalian yang suka bermain dengan alam. Cukup sekian dari saya semoga liburan kalian semua menyenangkan. Jangan lupa buang SAMPAHMU ditempat yang telah disediakan agar alam tidak rusak dan kotor karena sampah plastik. Mari lestatarikan Kawasan Wisata ini DEMI ANAK CUCU. Salam Lestari.