Wisata Air Terjun Kalipait Banyuwangi

Jika biasanya Air Terju atau sungai yang sobat lihat berwarna bening, tapi tidak untuk Wisata Air Terjun Kalipait Banyuwangi, saat sobat berkunjung kesini, sobat akan melihat air terjun berwarna kuning kehijauan dan buih yang banyak. Bau belerang yang mengalir dari atas pun cukup kuat.

Lokasi Air Terjun tidak terlalu jauh Kawah Ijen dan sumber air yang mengalir berwarna kuning kehijauan tadi berasal dari danau belerang Gunung Ijen. selain itu lokasi air terjun ini terletak di pinggir jalan, jadi kalau sobat sedang berwisata ke Kawah Ijen sangat rugi kalau tidak mampir sekalian ke Wisata Air Terjun Kalipait Banyuwangi.
 
Wisata Air Terjun Kalipait Banyuwangi
Wisata Air Terjun Kalipait Banyuwangi
Wisata Air Terjun Kalipait Banyuwangi


Lokasi dan Rute Jalan ke Wisata Air Terjun Kalipait

Karena lokasi Air Terjun Kalipait terletak diantara dua Kabupaten, Kabupaten Banyuwangi dan Kabupaten Bondowoso. Banyak orang menyebutnya Air Terjun Kalipait Banyuwangi dan ada juga yang menyebutnya Air Terjun Kalipait Bondowoso.

Lebih tepatnya berada di Desa Kalianyar, Kecamatan Sempol, Kabupaten Bondowoso. Jawa Timur. Untuk sampai kelokasi wisata air terjun ada dua jalur yang bisa sobat lewati, jalur pertama lewat Bondowosa jalur ke dua lewat banyuwangi.

Rute Bondowoso

Jika sobat berangkat dari Surabaya, langsung saja cus menuju Situbondo, dari Situbondo cus  Bondowoso, setelah sampai Bondowoso sobat cari arah menuju Sempol dan Wonosari, teruskan perjalanan sobat akan sampai di daerah Paltuding berati sobat sudah dekat dengan wisata  Air Terjun Kalipait dan Kawah Ijen.

Rute ini terkenal paling cepat dan menyuguhkan pemandangan kebun kopi dan hutan pinus. Kalau melihat pemandangan seperti ini saya jamin cepek dan rasa ngantuk akan hilang seketika karena sobat ingin berhenti sejenak lalu berfoto-foto dulu he he heeee. Setelah itu ikuti jalan saja sampai ketemu air terjun kalipait di sebelah kiri jalan.

Rute Banyuwangi

Jika sobat berangkat dari luar Jawa Timur dan menggunakan angkutan umum Bus dan Kereta Api sobat wajib turun Banyuwangi. Setelah itu cari rental Motor saja, karena angkutan umum yang menuju lokasi Air Terjun Kalipait belum ada. Sewa motor di Kota Banyuwangi cukup terjangkau kok sob, mulai dari Rp 70.000 sampai Rp 150.000 tergantung tipe motor yang akan sobat sewa.

Setelah menyewa motor pacu kendaraan sobat menuju ke Kecamatan Licin, dari Kota Banyuwangi kira-kira berjarak 15 kilometer. Setelah melewati kecamatan Licin, sobat akan masuk wilayah Paltuding. Disini sobat harus hati-hati saat berkendara, karena jalan yang sobat lewati mulai menajak dan berkelok.

Menurut warga setempat sering terjadi kecelakaan di area ini jadi saya harap sobat berhati-hati dan tetap konsentrasi saat berkendara. Setelah sampai di basecamp pendakian gunung Ijen, sobat lurus saja hanya ada satu jalan kok jadi tidak usah takut kesasar. Terus saja ikuti jalan air terjun kalipait ada di sebelah kiri jalan.
 
Wisata Air Terjun Kalipait Banyuwangi
Wisata Air Terjun Kalipait Banyuwangi
Wisata Air Terjun Kalipait Banyuwangi
Wisata Air Terjun Kalipait Banyuwangi


Harga Tiket Masuk dan Fasilitas Air Terjun Kalipait

Perlu sobat ketahui nama Kalipahit diambil dari bahasa Jawa. Kali artinya sungai, dan pahit artinya pahit. Jadi kalau di artikan kebahasa Indonesia Kalipahit artinya sungai yang berasa pahit. Selain kenikan warna air-nya yang kuning kehijauan, kandungan air belerang Kalipahit di percaya dapat menyembuhkan berbagai macam penyakit. Terutama penyakit kulit dan beberapa jenis penyakit lainnya.

Untuk tiket masuk sebenarnya gratis kok sob, bayar tiket-nya sudah ikut dengan tiket masuk wisata kawah ijen, sobat tinggal bayar biaya parkir saja, untuk kendaraan roda dua sobat kena Rp 3.000 saja sedangkan kendaraan roda empat kena biaya Rp 5.000 saja. Gimana sob murah meriahkan sangat rugi sekali kalau sobat ke kawah ijen tidak mampik ke air terjun ini.

Untuk fasilitas umum belum ada apa-apa, karena lokasinya dekat dengan basecamp kawah ijen, mungkin pihak pengelola sengaja tidak membangun apapun kecuali gazebo untuk berteduh saat panas dan hujan, bahkan warung dan toiletpun tidak ada. Jadi kalau sobat ingin sholat dan lainnya sobat kembali saja ke basecamp pendakian gunung Ijen. 

Tips ke Air Terjun Kalipait

Kalau sobat tertarik untuk mengunjungi Air Terjun Kalipait, berangkatlah pagi hari sampai lokasi siang hari, beristirahat-lah sebentar di basecamp gunung Ijen, agar mesin kendaraan sobat ikut istirahat juga, setelah beristirahat dan ngopi pacu lagi kendaraan sobat menuju Air Terjun, setelah sampai di lokasi air terjun sobat bisa berfoto-foto dan cobalah basuh luka atau penyakit kulit sobat siapa tau bisa sembuh.

Kalau sobat belum puas ada satu lagi wisata di dekat situ namanya Wisata Kawah Wurung, dari air terjun cuma butuh waktu 15 menit perjalanan, kalau sobat belum kesorean sekalian saja mampir di wisata tersebut, malamnya baru nanjak ke kawah ijen lumayankan satu hari satu malam dapat 3 tempat wisata. Cukup sekian dulu dari saya termakasih sudah mampir ke blog saya. Kurangi Sampah Plastik Perbanyak Piknik, Salam Lestari.