Lokasi dan Rute Jalan ke Kawah Ijen Banyuwangi

Kawah Ijen Banyuwangi adalah salah satu destinasi wisata yang paling terkenal di Indonesia bahkan Dunia. Siapasih yang tidak tau Gunung ijen? Selain pemandangan yang indah dan udara yang sejuk, adanya fenomena Blue Fire menjadi magnet penarik wisatawan untuk mengunjungi gunung ini. Apalagi fenomena Blue Fire ini hanya ada 2 di Dunia, membuat kalian penasarankan? he he heeee

Kabupaten Banyuwangi saat ini memang menjadi primadona wisata di Indonesia, banyak dikunjungi wisatawan lokal maupun wisatawan mancanegara. Karena memiliki potensi wisata alam yang sangat keren, sayang sekali untuk dilewatkan begitu saja. Mulai dari wisata pantai hingga pegunungan, kenapa harus keluar negri kalau wisata di negara ini sangat bagus dan indah?
 
Lokasi dan Rute Jalan ke Kawah Ijen Banyuwangi

Harga Tiket Masuk Kawah Ijen Banyuwangi

Selain melihat fenomena Blue Fire yang hanya ada 2 di Dunia, kawah ijen memiliki panorama yang indah, air di dalam kawah berwarna biru tosca dan tepi-tepi tebingnya berwarna putih. Saat pagi menjelang, sobat bisa melihat pemandangan matahari terbit yang indah sayang sekali jika momen ini sobat lewatkan begitu saja.

Sebelum menikmati indahnya pemandangan Gunung Ijen dan memulai pendakian sobat wajib membayar tiket masuk terlebih dahulu, untuk Wisatawan domestik seperti sobat kena Rp 5.000 untuk hari biasa dan Rp 7.500 untuk akhir pekan dan hari-hari besar.

Untuk Wisatawan Mancanegara kena Rp 100.000 untuk hari biasa dan Rp 150.000 untuk akhir pekan dan libur panjang, Jika sobat membawa kamera atau ingin mengadakan acara pengambilan gambar di lokasi Kawah Ijen dan di komersilkan, maka sobat dikena biaya tambahan sebesar Rp 10.000 Harga Tiket Parkir Kendaraan Kawah Ijen Roda Dua Rp 5.000. Roda Empat. Rp 10.000. Berkemah, Rp 5.000. Gimana cukup murahkan? Jadi kapan sobat berkunkung kesini? 

Pendakian Kawah Ijen untuk Pemula

Gunung Ijen atau Kawah Ijen memiliki ketinggian sekitar 2.443 mdpl. Jalur pendakian menuju puncak Gunung Ijen tidak sesulit dan seterjal gunung lainnya, cukup bersahabat kok sob tenang saja, Jalur pendakian yang akan sobat lewati lebar dan papan petunjuk arah sudah terpasang dengan jelas, jadi sobat tidak  usah takut tersasar.

Disepanjang perjalanan menuju puncak kawah Ijen, Sobat akan menemui pemandangan yang unik dan langka. Yaitu taksi Ijen, perlu sobat tau taksinya bukan kendaraan bermotor atau mobil pada umumnya, tapi gerobak yang didorong menggunakan tenaga manusia. Saat perjalanan mendaki biasanya di dorong 3 orang.

Jika Sobat sudah terlalu capek dan tidak kuwat melanjutkan perjalan, sobat bisa menggunakan jasa taksi Ijen ini dengan Tarif Rp 600,000. PP. Jika sobat lupa tidak membawa air meneral atau bekal makan tidak usah khawatir di sepanjang Pos peristirahatan ada warung yang menjual makanan dan minuman. Jadi bagi sobat yang masih pemula tenang saja lapar ada warung capek tinggal naik taksi he he heeeee.
 
Lokasi dan Rute Jalan ke Kawah Ijen Banyuwangi Lokasi dan Rute Jalan ke Kawah Ijen Banyuwangi Lokasi dan Rute Jalan ke Kawah Ijen Banyuwangi

Waktu Terbaik untuk Berkunjung ke Kawah Ijen Banyuwangi

Perlu sobat ketahui kalau wisata Kawah Ijen ada jam operasional setiap hari, tidak seperti gunung-gunung lain mau muncak jam berapa saja ok los gak rewel. wisata Kawah Ijen mulai di buka pukul 00.00 dini hari dan di tutup lagi pukul 12.00 siang.

kalau sobat datang kesiangan santai saja, sobat bisa berkunjung ke wisata lain jaraknya tidak terlalu jauh dari Kawah Ijen seperti wisata Air Terjun Kali Pait dan wisata Kawah wurung. kalau datangnya kesorean sobat bisa sewa tenda lalu sobat pasang di camp area Kawah Ijen untuk beristirahat atau tidur nanti pukul 00.00 dini hari baru memulai perjalanan menuju puncak Gunung Ijen.

Sebenarnya, wisata Kawah Ijen bisa sobat kunjungi kapan saja, tergantung kapan kalian libur. Yang pasti, hindarilah saat-saat liburan sekolah, karena bisa saya pastikan jumlah pengunjung akan membludak, membuat liburan sobat tidak asyik lagi. Terus, kapan bang waktu terbaik untuk mengunjungi Kawah Ijen?

Antara Bulan Desember Sampai Januari

Di akhir Bulan Desember, biasanya intensitas kabut yang menyelimuti puncak Gunung cenderung sudah mulai menipis. kalau kabut sudah menipis sobat bisa melihat blue fire dengan jelas dan melihat dengan Danau Kawah Ijen yang berwarna biru tosca nancantik tanpa terhalang kabut tebal.

Tapi, bulan Desember sampai bulan Januari mulai masuk musim penghujan. Ada baiknya, sobat membawa jas hujan dan Dry bag, agar alat elektronik yang sobat bawa tidak rusak saat hujan melanda di tenggah pendakian menuju puncak gunung Ijen.

Antara Bulan Juli Sampai September

Kalau bulan Juli sampai September tidak usah sobat tanya lagi, bulan-bulan inilah waktu favorit bagi pendaki gunung tidak hanya di gunung Ijen gunung lainpun juga bagus kalau masuk bulan Juni Sampai September. musim sudah berganti dan tanpa takut kehujanan,

permukaan tanah yang akan sobat lewati sudah mengering dan tidak licin, akan memudahkan sobat saat mendaki gunung Ijen. Selain itu, sinar matahari lebih cerah dan lebih cetar saat menikma indah matari terbit di ufuk timur. Bagai mana sobat sudah siap untuk mengunjungi Kawah Ijen?

Lokasi dan Rute Jalan ke Kawah Ijen Banyuwangi

Wisata Kawah Ijen lokasi-nya berada di Desa Tamansari. Kecamatan Licin. Kabupaten Banyuwangi. Jawa Timur. Untuk sampai kelokasi wisata Kawah Ijen ada beberapa rute yang bisa sobat lewati, di bawah ini jalur-jalur yang bisa sobat lewati:

Rute Bondowoso

Jika sobat berangkat dari Surabaya, langsung saja cus menuju Situbondo, dari Situbondo cus  Bondowoso, setelah sampai Bondowoso sobat cari arah menuju Sempol dan Wonosari, teruskan perjalanan sobat akan sampai di daerah Paltuding berati sobat sudah dekat dengan wisata Kawah Ijen. 

Rute ini terkenal paling cepat dan menyuguhkan pemandangan kebun kopi dan hutan pinus. Kalau melihat pemandangan seperti ini saya jamin cepek dan rasa ngantuk akan hilang seketika karena sobat ingin berhenti sejenak dan berfoto-foto dulu.

Rute Banyuwangi

Jika sobat berangkat dari luar Jawa Timur dan menggunakan angkutan umum Bus dan Kereta Api sobat wajib turun Banyuwangi. Setelah itu cari rental Motor saja, karena angkutan umum yang menuju lokasi wisata Kawah Ijen belum ada. Sewa motor di Kota Banyuwangi cukup terjangkau kok sob, mulai dari Rp 70.000 sampai Rp 150.000 tergantung tipe motor yang akan sobat sewa. 

Setelah menyewa motor pacu kendaraan sobat menuju ke Kecamatan Licin, dari Kota Banyuwangi kira-kira berjarak 15 kilometer. Setelah melewati kecamatan Licin, sobat akan masuk wilayah Paltuding. Disini sobat harus hati-hati saat berkendara, karena jalan yang sobat lewati mulai menajak dan berkelok. Menurut warga setempat sering terjadi kecelakaan di area ini jadi saya harap sobat berhati-hati dan tetap konsentrasi saat berkendara.
 
Lokasi dan Rute Jalan ke Kawah Ijen Banyuwangi Lokasi dan Rute Jalan ke Kawah Ijen Banyuwangi Lokasi dan Rute Jalan ke Kawah Ijen Banyuwangi

Tips ke Kawah Ijen

  1. Persiapkan Fisik: Walau tak sesulit gunung lain, tapi sobat akan jalan kaki sejauh 3 km. dan waktu tempuh yang akan sobat butuhkan kira-kira sekitar 2 jam bisa kurang bisa lebih tergantung fisik sobat. Jadi sebelum berangkat ke Kawah Ijen berolahraga dulu ya sob, agar sobat mendaki sampai kepuncak dan melihat indahnya Blue Fire he he heeee.
  2. Masker: Kalau sobat punya bawalah masker yang bagus. Sejenis masker N95 atau masker respirator, kalau tidak punya atau lupa membawa sobat bisa beli atau menyewa di warung-warung di sekitar area camp gunung Ijen.
  3. Senter: Alat satu memang sangat sepele tapi sangat penting dan sering ketinggalan he he heee. Sudah saya tulis juga di atas kalau pendakian ke Kawah Ijen baru dimulai saat malam hari dan membuat jalan yang akan sobat lewati menjadi sangat gelap. Jangan sampai lupa Bawa senter, minimal Senter HP lah sob.
  4. Snack: Hal ini cukup penting juga, karena di atas puncak Kawah Ijen tidak ada warung apalagi restoran. Warung hanya ada di pos-pos peristirahatan, jadi untuk mengganjal perut sobat setelah susah payah berjuang saat pendakian yang berat, maka bawalah sncak ringan, kalau perlu bawa nasi bungkus dari bawah he he heee.
  5. Siapkan uang secukupnya: Jangan bawa uang terlalu banyak saat sobat berwisata. Karena sobat akan bertemu banyak orang dan bermacam-macam orang dari berbagai latar belakang. Pisah-pisahkan uang sobat, jangan di taruh dalam satu tempat.  Sangat tidak lucu sekali jika sobat kehilangan uang dan tidak punya cadangan uang untuk pulang. 
Cukup sekian dulu dari saya semoga liburan sobat di wisata Kawah Ijen Banyuwangi menyenangkan dan perjalajan sobat selamat sampai dirumah. Jangan lupa bawa turun kembali sampahmu agar wisata Kawah Ijen tetap bersih dan tetap terjaga keasriannya, kalau bisa Kurangi Sampah Plastik Perbanyak Piknik. Salam Lestari.