Jalur Pendakian Gunung Butak Via Panderman

Jalur Pendakian Gunung Butak Via Panderman. Gunung Butak secara administratif  masuk wilayah dua Kabupaten yaitu Kabupaten Blitar dan Kabupaten Malang, Jawa Timur. Perlu sobat ketahui Gunung Butak, gunung Kawi dan gunung Panderman termasuk wilayah pegunungan Putri Tidur.

Ketinggian Gunung Butak sekitar  2.868 mdpl. seperti yang sobat tau setiap gunung memiliki kelebihan dan daya tarik tersendiri, kalau gunung Butak memiliki hamparan Padang Savana yang luas dan ditumbuhi bunga edelweis yang cukup banyak.
 
Jalur Pendakian Gunung Butak Via Panderman Jalur Pendakian Gunung Butak Via Panderman Jalur Pendakian Gunung Butak Via Panderman

Lokasi Basecamp Gunung Butak Via Panderman

Jika sobat ingin melihat bunga edelweis mekar, datanglah pada bulan Juni sampai Agustus. Karena pada bulan-bulan itulah biasanya bunga bunga edelweis  mulai bermekaran. Gunung Butak sendiri memiliki 2 jalur pendakian yaitu:

Gunung Butak via Sirah Kencong dan gunung Butak via Panderman. Basecamp gunung Butak via Panderman berlokasi di Dukuh Toyomerto, Desa Pesanggrahan sama persis dengan basecamp pendakian gunung Panderman. Karena satu jalur pendakian, jadi dinamakan via Panderman.

Untuk sampai ke basecamp Panderman, paling enak bisa sobat mulai dari alun-alun batu, dari mbatu pacu kendaraan sobat ke arah barat mengarah ke Kediri, pada perempatan ke dua belok ke kiri. Terus sampai perempatan, lihat kekanan ada gapura “Wisata Panderman”. Gapura ini merupakan pintu masuk Desa Pesanggrahan.

Dari gapura sobat terus lurus ikuti jalan utama. Medan dan jalan yang akan sobat lewati sangat menanjak, dan ada 2 belokan tajam, sobat harus waspada dan berhati-hati saat berkendara. Ikuti jalan utama hingga mentok ada pertigaan dan masjid ambil jalan ke arah kanan yang sedikit menanjak. Tidak jauh dari situ di sebelah kiri jalan terdapat basecamp pendakian gunung Butak Via Panderman.

Jika teman-teman menggunakan motor matic teman-teman tidak boleh membawa motor ke basecamp. Motor sobat harus di parkiran bawah, alasannya keamanan. Kalau sobat tidak mau jalan kaki bisa naik ojek yang sudah siap mengantarkan sobat ke basecamp dengan tarif Rp. 10 ribu perorang.
 
Jalur Pendakian Gunung Butak Via Panderman Jalur Pendakian Gunung Butak Via Panderman Jalur Pendakian Gunung Butak Via Panderman Jalur Pendakian Gunung Butak Via Panderman

Estimasi Waktu Pendakian Gunung Butak Via Panderman

Setelah sampai di basecamp sobat bisa beristirahat dulu sebelum melanjutkan pendakian. Fasilitas yang tersedia cukup lengkap seperti: Toilet, Mushola, Warung Makan dan Parkiran. Sebelum pendakian sobat mulai cek lagi peralatan, barang bawaan sobat siapa tau ada yang kurang atau tertinggal dan jangan lupa registrasi ya jangan menjadi pendaki gelap. di bawah ini pos-pos yang harus sobat lewati untuk sampai ke puncak Gunung Butak.

Basecamp – Pos 1 Gunung Butak Via Panderman

Jalur yang sobat lewati berupa jalan paving tidak lama jalur berubahmenjadi sedikit berbatu, sobat jalan terus hingga menemukan jalur percabangan antara Gunung Panderman dan Gunung Butak. Sobat Jangan takut keliru karena sudah ada petunjuk arah yang terpasang. Setelah itu sobat akan memasuki ladang penduduk. Jalur menuju Pos I membutuhkan waktu sekitar 1 jam, sampailah sobat di Pos 1. Di Pos 1 tidak ada bangunan dan sejenisnya.

Pos 1 - Pos 2 Gunung Butak Via Panderman

Jalur menuju pos 2 adalah, jalur tanah yang landai sehingga tidak banyak menguras tenaga. Jalur berkelok dan sedikit menanjak dan masih banyak di tumbuhi pohon jadi adem bangat tidak terasa panas saat melewati jalur ini. Waktu yang ditempuh untuk sampai pos 2 sekitar 2 jam. Di Pos 2 ini tidak ada bangunan.

Pos 2 – Pos 3 Gunung Butak Via Panderman

Jalur menuju pos 3 masih landai dengan jalan yang menyerupai lorong banyak ranting-ranting pohon yang melingkar diatas kepala pendaki. Ranting pohon ini membuat jalan tidak terlalu panas, Waktu yang ditempuh untuk sampai pos 3 sekitar 2 jam.

Pos 3 – Pos 4 Gunung Butak Via Panderman

Di jalur ini sobat akan melewati jalur bercabang ke kanan dan ke kiri, ambillah arah ke kiri dan setelah itu sobat akan melewati jalur yang menanjak kalau capek berhenti jangan di paksakan, setelah itu sampailah sobat di pos 4. Dari pos 3 ke pos 4 Waktu yang ditempuh sekitar 1 jam.

Pos 4 - Pos 5 Gunung Butak Via Panderman

Di sini tantangan baru yang akan sobat lewati. Tanjakan curam sudah terlihat di depan mata. Jarak yang cukup jauh dan menanjak akan sobat tempuh untuk menuju pos 5. Dari pos 4 menuju pos 5 membutuhkan waktu sekitar 1 jam bisa kurang bisa lebih tergantung fisik pendaki.

Pos 5 - Padang Savana Gunung Butak Via Panderman

Jalur menuju pos 5 jalan setapak menelusuri lebatnya hutan. Namun pemandangan menuju pos 5 ini sangatlah bagus dan indah bahkan bisa melihat gunung-gunung lain. Setelah melewati rintangan tadi sobat akan sampai Padang Savana,

tempat mendirikan tenda dan bermalam sebelum melanjutkan perjalanan kepuncak gunung bothak. Sebelum sampai di padang savan jalur yang akan sobat lewati sangat menanjak dengan jalur sedikit miring dan tebing yang curam. Dari pos 5 ke padang savana kurang lebih 90 menit. Jadi sobat harap berhati-hati saat melintasi jalur ini.

Di padang savana ada sumber mata air yang sangat jernih danbersih jadi para pendaki tidak perlu bawa air banyak dari Basecamp. Padang savana Gunung Butak Via Panderman berupa tanah lapang yang sangat luas sekali hijaunya reruputan menambah keindahaan dan ciri khas gunung botak.
 
Jalur Pendakian Gunung Butak Via Panderman Jalur Pendakian Gunung Butak Via Panderman Jalur Pendakian Gunung Butak Via Panderman

Padang Savana – Puncak Gunung Butak Via Panderman

Jalur menuju puncak Butak melewati pohon-pohon pinus, Jalur berupa tanah dan bebatuan yang cukup terjal, dan membutuhkan tenaga ekstra. Puncak Gunung Butak memiliki ketinggian 2868 mdpl. Dari puncak Gunung Butak sobat bisa melihat gunung-gunung lain yang ada di Jawa Timur seperti:

Gunung Arjuno, Gunung Weliriang dan Gunung Semeru, kalau cuaca sedang cerah dan sobat lagi beruntung bisa melihat Gunung Lawu. Dari padang savana untuk sampai puncak butuhkan waktu 30 menit. Bagai mana sobat tertarik untuk mendaki gunung Butak?

NOTE : Baca dan terapkan semoga pendakian menyenangkan dan selamat sampai rumah.

Gunung Buthak termasuk gunung yang ada sumber mata air, jadi untuk para pendaki di wajibkan membawa persediaan air secukupnya karena di Padang Savana ada sumber mata air yang melimpah, dan yang penting melengkapi peralatan mendaki yang Safety agar tidak merugikan team dan diri sendiri.

Patuhilah semua peraturan yang telah diberikan, karena gunung bukan tempat pribadi, melainkan tempat umum yang harus kita jaga bersama-sama. Jangan lupa bawa turun sampahmu, Kurangi Sampah Plastik Perbanyak Piknik, Salam Lestari.