Lokasi Rute Jalan dan Keindahan Kawah Wurung Bondowoso Jatim

Kawah Wurung Bondowoso. Lokasi Kawah Wurung berada di daerah Sempol, lebih tepatnya di Desa Sampit Kabupaten. Bondowoso, Jawa Timur dan memiliki ketinggian 1500 mdpl, keindahan-nya pun sudah tidak di ragukan lagi, rute dan petunjuk jalan sudah saya tulis dibawah jadi baca sampai selesai agar sobat tidak tersesat dan kembali ke jalan yang benar he he heeee.

Selain bagus dan indah lokasi Kawah Wurung tidak terlau jauh dari Gunung Ijen (Kawah Ijen). Jika sobat mau berkunjung ke Kawah Ijen, tidak ada salahnya sobat mampir ke Kawah Wurung. Dari kawah Ijen membutuhkan waktu sekitar 30 menit saja sobat sudah sampai di lokasi wisata Kawah Wurung.

Lokasi Rute Jalan dan Keindahan Kawah Wurung Bondowoso JatimLokasi Rute Jalan dan Keindahan Kawah Wurung Bondowoso JatimLokasi Rute Jalan dan Keindahan Kawah Wurung Bondowoso Jatim

Kawah Wurung Bondowoso dan Keindahannya

Kata wurung berasal dari bahasa Jawa, kalau di artikan ke dalam bahasa Indonesia artinya sesuatu yang Batal, Gagal dan Tidak jadi. Jadi Kawah Wurung mempunyai arti adalah kawah yang tidak jadi terbentuk atau kawah yang gagal terbentuk.

Kalau Kawah Ijen terkenal dengan air danau-nya yang kebiruan dan sangat mematikan. Kalau Kawah Wurung tidak memiliki air sama sekali. Kawah disini hanya berupa cekungan tanah yang luas dan ditumbuhi rerumputan yang hijau.

Di tepi kaldera kosong Kawah Wurung dikelilingi pohon dengan bentuk melingkar orang sini menyebutnya Bukit Cicin. Saat saya duduk di pinggir tebing dan memandang kesemua arah tempat ini mirip dengan Gunung Bromo, bedanya wisata ini tidak ada lautan pasir yang ada cuma hamparan rumput padang savanna.

Lokasi - Rute Jalan dan Tiket Masuk Wisata Kawah Wurung

Kalau sobat tertarik untuk mengunjungi wisata ini dari Kota Banyuwangi jaraknya lumayan jauh, sobat harus menempuh 3 jam perjalanan (dengan kecepatan standar). Rute yang akan sobat lalui sama persis denagan rute menuju Kawah Ijen.

Setelah sobat sampai di area Kawah Ijen sobat lurus saja sampai ketemu wisata Air Terjun Kalipait di sebelah kanan jalan. Jika waktu memungkinkan sobat bisa mampir kesini untuk berfoto dan istirat sejenak agar mesin kendaraan sobat tidak kepanasan karena telah berjuang keras naik turun bukit.

Setelah istirahat selesai lanjutkan perjalanan sobat, lurus saja ikuti jalan sampai ketemu petunjuk arah di kiri jalan menunjukan arah ke Kawah Wurung. Sobat belok kiri melewati kebun kopi terus saja nanti sobat akan ketemu Dusun Curah Macan, sobat lurus saja sampai ketemu SDN Kalianyar sebelah kanan, sobat beloklah kekiri terus saja ikuti jalan.

Yang membuat saya terkesan melihat Dusun ini adalah rumah warga dusun sangat unik dan minimalis, rumahnya tidak besar juga tidak tinggi dan tidak terlalu bagus, tapi sangat enak untuk dipandang. didepan rumah ada berbagai macam tumbuhan seperti bunga dan aneka sayuran.

Setelah sobat melewati Dusun Curah Macan, sobat akan melewati ladang penduduk dan Padang Savana disini sudah terlihat jelas tulisan KAWAH WURUNG BONDOWOSO berwarna kuning dan merah.

Di pinggir jalan ini sobat bisa berhenti dan berfoto dulu sambil menghirup udara segar yang tidak akan sobat temui di daerah perkotaan. Selesai berfoto lanjutkan perjalanan ikuti jalan sampailah sobat di pintu loket. Setelah sampai pintu loket sobat wajib membayar tiket sebesar Rp 3,000 per orang biaya parkir Rp 2,000 murah meriah kan he he heeeeeee.

Fasilitas dan Spot Foto Kawah Wurung Bondowoso

Kalau sobat ingin bermalam di Kawah Wurung Bondowoso bisa juga Camp area sudah di sediakan, tapi banyar berapa saya tidak tau karena saya bermalam di Camp area Kawah Ijen. Fasilatas yang tersedia di wisata ini ada beberapa warung yang menjajahkan aneka makanan dan minuman, tempat duduk di bawah pohon untuk beristirahat, Mushola, kamar mandi dan area parkir yang luas.

Untuk sampai kepuncak dan berfoto di bawah tulisan KAWAH WURUNG BONDOWOSO sobat harus berjalan jalan kaki menaiki anak tangga yang lumayan banyak, kalau capek jangan di paksa sobat bisa beristirahat di kursi besi dan kursi cor yang di sediakan pengelola wisata. Setalah energi kembali pulih lanjut berjalan hingga sampai di tulisan KAWAH WURUNG BONDOWOSO disini sobat bisa beristirahat dulu sambil makan bekal yang sobat bawa.

Dari tulisan KAWAH WURUNG BONDOWOSO sobat jangan langsung turun tapi lanjutkan perjalan naik untuk pergi kesebuah Menara. Di atas Menara sobat bisa melihat luasnya padang Savana yang hijau, berjajar bukit bukit dan gagahnya Gunung Ijen beserta kepulan asapnya. Setelah puas memandang alam yang indah turun dan lanjut naik mengarah kekiri.

Disini sobat harus berhati-hati karena jalan melipir tebing, tapi pemandangan disini sangat luar biasah, kalau sobat beruntung bisa melihat sapi milik warga yang di lepas bebas seperti sapi liar di Taman Nasional Baluran, gimana sobat tertarik untuk berkunjung sini?

Tips Saat Berwisata di Kawah Wurung Bondowoso

Kalau sobat ingin mampir kesini saya sarankan menggunkan kendaraan pribadi saja, karena lokasi wisata Kawah Wurung tidak di lewati angkutan umum dan lumayan jauh dari pemukiman. Sebelum berangkat cek dulu kendaraan sobat, karena jalan yang akan sobat melewati jalan-nya naik turun dan sedikit berkelok.

Kalau sobat kesini pas musim hujan datanglah pagi-pagi sekali agar bisa melihat matari terbit dan saat pulang sobat tidak kehujanan. Kalau pas musim kemarau datanglah sore hari agar sobat bisa melihat matari tenggelam dan suasana sudah tidak terlalu panas. Karena setelah melewati parkiran tidak ada satupun tempat berteduh, jadi kalau siang panas kalau hujan ya basah semua he he heeee.

Tolong bawa turun sampah-mu, karena pihak pengelola wisata belum menyediakan tempat sampah di sekitaran anak tangga yang menuju puncak KAWAH WURUNG, terutama bawa pulang sampah plastic. Sampah plastic sangat susah terurai jadi harap bawa turun sampahmu ya sob agar wisata di Kawah Wurung Bondowosa tetap terjaga kealamiannya dan keindahannya.

Jangan cuma menjadi penikmat alam, tapi cobalah merawat alam dan menjaga alam dengan cara tidak membuang sampah sembarangan dan kalau bisa sobat kurangi penggunaan sampah plastic. Ok sekian dulu dari saya dan terimakasih. Salam Lestari.