Pendakian Gunung Pundak Via Tahura

Pendakian Gunung Pundak Via Tahura Pacet  Mojokerto bisa jadi pilihan alternatif untuk berwisata dan beraktivitas outdoor di alam bebas. Puncak gunung Pundak memiliki ketinggian 1.585 meter dari permukaan laut (Mdpl) menyuguhkan pemandangan yang masih asri.

Jalan setapak dan jalur pendakian yang landai. Hanya ada satu jalur yang cukup curam, itupun saat menuju puncak. Kondisi tersebut sangat pas untuk pendaki pemula atau mendaki bersama keluarga.

Ada tiga pos di sepanjang jalur pendakian yang harus sobat lalui. Jika berjalan secara santai estimasi waktu perjalanan dari basecamp Tahura hingga menuju puncak gunung Pundak sekitar 3 jam. Bisa kurang bisa lebih tergantung Fisik pendaki. 
Gunung Pundak
Gunung Pundak
Gunung Pundak

Lokasi Basecamp dan HTM Pendakian Gunung Pundak Via Tahura

Gunung Pundak juga dikenal sebagai tempat yang tepat untuk mengobati rasa rindu kepada alam dan belaian dingin sangkabut bukan sang mantan lo sob he he hee. Selain trek ringan dan pemandangan yang cukup menawan.

Gunung Pundak berlokasi di Dusun Claket, Kecamatan Pacet, Kabupaten Mojokerto, Provinsi Jawa Timur. Dekat dengan wisata pemandian air panas Pacet dan masuk dalam wilayah Hutan Raya Raden Soerjo. Ada dua Basecamp, jalur pendakian yang bisa diakses, yaitu Pendakian Via Puthuk Siwur dan Pendakian Via Tahura.

Enakanya lewat jalur Tahura, setelah turun gunung sobat bisa mampir di WANA WISATA PADUSAN, disini sobat bisa berenang,  mandi dan berendam air panas. Kalau perut sudah mulai lapar jangan kuatir di sekitaran wisata banyak warung yang menjual aneka makanan dan minuman.

Tidak enaknya lewat jalur ini sobat harus membanyar tiket masuk di pintu gerbang utama Wisata Wana Wisata Padusan sebesar Rp 15.000 per orang dan membayar lagi di Pos Perijinan Rp 15.000 per orang. Kalau ingin mandi dan berendam air panas bayar lagi Rp 10.000 per orang. sangat luar biasah wisata ini, banyar kok terus. he he heeeee.
Pendakian Gunung Pundak Via Tahura Pendakian Gunung Pundak Via Tahura Pendakian Gunung Pundak Via Tahura

Kalau sobat ingin yang gratis tidak banyar di gerbang utama wisata padusan saran dari dari penjaga basecamp, sobat sebaiknya lewat jalur Claket, sampai ketemu Patung Jamur lalu beloklah ke arah kanan, terus saja ikuti jalan sampai ketemu banner bertuliskan Gunung Pundak Dan Puthuk Pulosari.

Untuk sobat yang tidak mau ribet dan mempunyai dana lebih saya sarankan lewat Wana Wisata Padusan saja karena jalannya cuma 1 dan tinggal lurus saja sudah sampai di basecamp Tahura, kalau perjalanan sobat dari Surabaya langsung saja menuju ke Mojosari Mojokerto setelah itu ikuti petujuk jalan yang bertulisan pacet kalau masih tidak yakin gunakan GPS dan ketik pemandian air panas pacet mojokerto. Sudah akurat kok GPS nya.

Setelah sampai pemandian air panas terus saja melewati jalan cor yang menajak dan menikung disini teman-teman harap berhati-hati kalau musim hujan jalan licin karena jalan ditumbuhi lumut, setelah itu ada baner bertuliskan Pendakian Gunung Pundak, berati sobat sudah sampai di Basecamp Gunung Pundak.

Basecamp Tahura Gunung Pundak

Sebelum pendakian dimulai, setiap orang wajib membayar biaya retribusi sebesar 15K, Mengisi biodata di pos perijinan pendakian, pengisian biodata bisa di wakili ketua kelompok atau regu. tulislah nomer HP yang bisa dihubungi, misal nomer HP kakak atau Bapak. Jika sobat tidak mau ribet mengantri mengisi biodata, sobat bisa Daftar Online Gunung Pundak Via Tahura melalui tahuraradensoerjo.or.id dan untuk tutorial pendaftaran online klik disini.

kalau sobat ada apa apa sewaktu mendaki ada nomer HP keluarga yang bisa di hubungi. Sebelum memulai pendakian cek kembali barang bawaan anda siapa tau ada yang kurang atau tertinggal dan membawa air secukupnya karena di pos terakir ada sumber mata air.

Basecamp – Pos 1 Gunung Pundak Via Tahura

Untuk sampai kepuncak jalurnya sangat mudah karena di sepanjang jalan setapak pendakian ada pipa sumber mata air dari Pos 1 sampai pos 3. Jalan paving setelah itu masuk kehutan dan jalan setapak untuk sampai pos 1 butuh waktu sekitar 15 menit. di pos 1 ada pondok kecil untuk berteduh dan ada sumber mata air

Pos 1 – Pos 2 Gunung Pundak Via Tahura

Perjalanan dari pos 1 ke pos 2 cukup ikuti pipa air yang ada disekitar jalur pendakian disini para pendaki mulai merasakan jalur yang menajak untuk sampai di pos 2 butuh waktu sekitar 30 menit di pos 2 tidak ada gubuk untuk beristirahat.

POS 2 – Pos 3 Gunung Pundak Via Tahura

Pos 3 gunung pundak berupa hutan bambu. di pos 3 ada jalan setapak bercabang kalau ke arah kanan turun lagi kebasecamp, kalau lurus menuju puncak. Dari pos 3 menuju puncak gunung Pundak pendaki akan melewati sungai kecil yang airnya sangat bersih dan dingin disini tempat mengambil air untuk persediaan memasak dan menambah air untuk minum.

Pos 3 - Puncak Gunung Pundak Via Tahura

Setelah melewati sungai naik ke atas jalur sedikit menanjak Sebelum mencapai puncak pendaki melewati jalur zig zag dan ditumbuhi rumput ilalang yang lumayan tinggi. Setelah jalur ini terlewati pendaki akan melihat bendera Merah Putih berkibar berati sobat sudah dekat dengan puncak Gunung Pundak. Dari Pos 3 ke Puncak butuh waktu sekitar 30 Menit

Puncak Gunung Pundak Via Tahura

Gunung Pundak ramai dikunjungi karena medan yang dilalui tidak tersulit dan pemandangannya yang sangat bagus. Ada sumber mata air di sepanjang jalur pendakian juga menambah nilai plus gunung ini.

Tips dari saya kalau sobat mau mendaki gunung ini, berangkatlah pagi hari agar sobat bisa sampai di puncak tidak kemalaman dan bisa menikmati indahnya matahari tenggelam, kalau tidak kabut sobat bisa melihat lampu-lampu Kota Mojokerto.    

Puncak Gunung Pundak berupa tanah lapang yang mampu menampung banyak tenda. Pemandangan yang disajikan adalah Gunung Welirang dengan asap belerang yang menyelimuti puncaknya, terlihat juga gunung yang lain seperti Gunung Penanggungan, Arjuno dan Gunung Anjasmoro.


Pendakian Gunung Pundak Via Tahura Pendakian Gunung Pundak Via Tahura Pendakian Gunung Pundak Via Tahura Pendakian Gunung Pundak Via Tahura
Total waktu perjalanan dari pos perijinan sampai ke puncak Gunung Pundak adalah 2 jam 30 menit. Jika berjalan lebih santai lagi mungkin 3 jam. Gunung Pundak termasuk gunung yang pendek dan sangat cocok untuk pendaki pemula, tetapi persiapan sebelum mendaki gunung tetap harus dipersiapkan secara matang agar tidak tidak terjadi hal hal yang tidak di nginkan.

Sebelum mendaki gunung pundak ada baiknya mengajak teman yang sudah pernah kesini atau banyak bertanya tentang jalurnya di pos perijinan karena percabangan antara gunung Pundak dan gunung Welirang sangat banyak.

Setelah selesai mendaki jangan lupa bawa turun sampahmu, agar Gunung Pundak tetap terjaga kealamiannya dan keindahannya. Kurangi Sampah Plastic Perbanyak Piknik. Salam Lestari dan semoga pendakian anda menyenangkan.