Pantai Wediombo Gunung Kidul Jogja

Pantai Wediombo – Berkunjung ke Kota Gudeg Jogja apa sobat tidak bosan berkunjung di tempat itu-itu saja? Sekali-kali berkunjunglah ke daerah Gunung Kidul, di Gunung Kidul masih banyak tempat yang belum dikunjungi oleh wisatawan. Seperti Pantai Wediombo Gunung Kidul yang akan kita bahas kali ini.
Pantai Wediombo Gunung Kidul Jogja
Nama Pantai Wediombo diambil dari Bahasa Jawa, Wedi artinya Pasir dan Ombo artinya Luas. Jadi arti dari Pantai Wediombo adalah: Pantai Pasir Luas, walaupun pasir-pasir yang ada di pantai ini tak seluas pantai-pantai yang ada di Bali he he heeee. Namun, bukit dan karang yang ada di pantai ini menambah kecantikan wisata pantai yang satu ini.
 
Pantai Wediombo Gunung Kidul Jogja Pantai Wediombo Gunung Kidul Jogja Pantai Wediombo Gunung Kidul Jogja

Harga Tiket Masuk Pantai Wediombo

Harga tiket masuk ke Pantai Wediombo tidalah mahal cukup banyar Rp 10.000,- per orang. Bayar parkir motor Rp 3.000,- dan parkir mobil Rp 5.000,- Sobat sudah bisa masuk area pantai dan menikmati ke indahan pantai wediombo. Dari tempat parkir sobat harus berjalan menuruni anak tangga. setelah itu sobat lewat depan warung dan penjual oleh-oleh khas patai wediombo, dari tempat parkir, butuh waktu 15 menit sobat sudah sampai di di bibir pantai.

Alamat Pantai Wediombo

Wisata Pantai Wediombo Gunung Kidul berlokasi di Desa Jepitu, Kecamatan Girisubo, Kabupaten Gunung Kidul, DIY (Yogyakarta) Berjarak sekitar 76 KM dari dari pusat Kota Yogyakarta dan membutuhkan waktu sekita 1 jam 45 menit, sobat sudah sampai di lokasi wisata pantai wediombo.

Rute menuju Pantai Wediombo, ada beberapa jalur yang bisa sobat lewati. Rute pertama jika sobat berangkat Kota Yogyakarta sobat bisa lewat daerah Piyungan, Pathuk, Wonosari, lalu ke Desa Mulo. Setelah masuk Desa Mulo Sobat belok ke arah kiri, lurus saja sampai masuk Desa Jepitu. Lalu belok ke kanan terus saja sobat akan sampai lokasi parkiran pantai wediombo.

Rute selanjutnya yang bisa sobat lalui, dari Wonosari sobat menuju ke daerah Mulo, setelah itu Baron. sobat terus saja sampai ketemu pertigaan beloklah ke kanan menuju daerah ke kukup, krakal, Tepus, Jepitu. Sampailah sobat di pantai wediombo.

Bila perjalan sobat dimulai dari Kota Solo. Sobat bisa melewati rute Sukoharjo, Wonogiri, Praci, Rongkop, Nglindur, setelah masuk wilayah Nglindur cari Pasar Ngrancah, setelah itu sobat belok ke kanan menuju Desa Jepitu. sampailah sobat di pantai wediombo. Jika sobat masih bingung dengan rute yang telah saya jelaskan diatas.

Sobat bisa menggunakan GOOGLE MAPS yang tersedia di smartphone sobat, sudah akurat kok jadi jangat takut kesasar ya he he heeeee. Cabalah untuk mengunjungi Pantai Wedi Ombo agar liburan kalian tidak mebosankan. Muda Berkelana Tua Bercerita he he heeeeee.

 Aktifitas di Pantai Wediombo 

Agar liburan sobat semakin menyenangkan dan mengsikkan ada beberapa aktivitas yang bisa sobat lakukan seperti: Berenang, Foto-foto, Memancing, Camping dan melihat matahari terbenam.

Berenang di Pantai Wediombo

Berenang di pantai adalah aktifitas yang wajib sobat lakukan, Pantai Wediombo tidak seperti pantai-pantai lain yang ada di gunung kidul, pantai ini memiliki kolam renang alami. Kolamnya terbuat dari batu karang dan airnya sangat jernih dan menyegarkan. Tapi tidak semua area pantai di perbolehkan untuk beranang, ada area kusus yang di tulisi dilarang berenang. Sobat jangan renang di area itu nanti terjadi hal hal yang tidak kita inginkan.

Spot Foto di Pantai Wediombo

Jangan hanya kesyikan berenang sobat sampai lupa memberi makan Instagram he he heeee. Selain perbukitan yang sudah saya jelaskan diatas, batu karang di bibir pantai juga terlihat mengesankan. Sayang sekali bila hanya dilihat saja tidak sobat abadikan kedalam gambar. Oleh karena itu, bawalah kamera DSLR atau kamera mirrorless lengkap dengan Tripod, filter GND dan Lensa Ultra Wide. Agar menghasilkan gambar yang joss lalu share ke sosial media sobat, pasti dapat like banyak he he heeeee.
 
Pantai Wediombo Gunung Kidul Jogja Pantai Wediombo Gunung Kidul Jogja Pantai Wediombo Gunung Kidul Jogja

Fasilitas Pantai Wediombo Gunung Kidul

Fasilitas umum yang tersedia di Pantai Wediombo cukup lengkap seperti wisata pantai pada umumnya seperti: 
  • Kamar mandi 
  • Musholla 
  • Area parkir yang luas
  • Warung
  • Camp area 
Serta masih banyak lagi yang akan sobat nikmati di pantai ini.

Menikmati Kuliner di Pantai Wediombo

Liburan di pantai wediombo sobat bisa memilih dan menikmati aneka macam kuliner ikan laut, rasanya bisa membuat lidah sobat bergoyang seolah-olah sobat sedang mendengarkan lagu Kartoyo Medot janji he he heee. Harganya pun tidak terlalu murah dan tidak mahal cocoklah untuk pelancong kere seperti kita-kita he he heee,  nama-nama ikan yang bisa sobat pilih, mulai dari ikan nila, kerapu, udang, dan cumi. Terus di masak dengan berbagai macam olahan memandang saja sudah kelihatan nikmat dan lezat. ah jadi kangen ke gunung kidul.

Penginapan di sekitar Pantai Wediombo 

Pengalaman saya berkunjung ke wisata pantai ini membuat saya ingin untuk datang lagi ke sini lagi karena pas saya main kesini cuaca lagi kurang bersahabat, saya tidak bisa Senorkeling di pantai wediombo, jadi liburan saya terasa kurang lengkap.

Tidak jauh dari pantai wediombo ada penginapan yang sudah berdiri kokoh seperti, hotel, resort, villa, homestay juga. Salah satu nama penghinapannya adalah  Widya loka Guesthouse. Harganya mulai dari 200 ribuan per malam. Tempanya nyaman dan view nya mengesankan.

Selain Widya loka ada penghinapan lain, Limasan Bangsal Endah. Tempatnya cukup bersih, wangi dan pelayanannya sangat ramah. Harga per malamnya sama mulai dari 200 ribuan. Cobalah sobat menghinap disini dari pada menghinap di jogja nanti sobat kecapek an di jalan.

Memancing di Pantai Wediombo

Perlu sobat ketahui juga, kalau pantai wediombo adalah tempat favorit bagi para pemancing mania. saat saya kesini saya melihat banyak pemancing mendapatkan ikan yang besar. Ada yang mendapatkan ikan kerapu, tenggiri, dan lain-lain. Jika sobat punya hobi mancing tidak ada salahnya sobat mencoba mancing disini. Saya do'akan sobat beruntung dan mendapatkan ikan kakap batu yang beratnya dua puluh kilogram he he heee.

Melihat Indahnya Matahari Tenggelam di Pantai Wediombo

Banyak orang bilang kalu wediombo surganya para penikmat senja. Pemandangan siluet karang-karang dan perpaduan mentari dan cakrawala sedang bercumbu di barat sana, sangat menarik kalau sobat jadikan background foto. Jangan heran kalau sobat ketemu komunitas Fotografi Landscape datang dan berkumpul untuk mejepret semua keindahan pantai wediombo.

Camping di Pantai Wediombo

Bagi sobat yang ingin backpackeran seperti saya, sobat tidak usah kuatir pengelola wediombo sudah menyediakan tempat untuk camping area. Lokasinya yang luas bisa sobat manfaatkan. Apalagi pas hari libur. Suasana camping area berubah menjadi pasar. Ramai sekali, api unggun dinyalakan suara music saling bersaut-sautan.

Kebersamaan antar pelancong terjalin disini, kalau sobat bernasip baik dan beruntung bisa dapat jodoh he he heeee. Rasakanlah pengalaman yang seru dan nikmati irama ombak di pantai wediombo yang akan terdengar sepanjang malam. Bersama dengan bintang-bintang di langit yang semakin malam semakin bertaburan, seolah berkata jangan kau tinggalkan.

Lebih indah lagi kalau sobat kesini bersama sang pujaan dan mendengarkan Lagu Pulau Impian (Shaggydog feat. Danar Pramesti) Lalu berdiskusi tentang masa depan. Tapi sayang seribu sayang engkau menghilang seiring mentari tenggelam. Ah sudahlah terkadang semesta suka bercanda he he heeee.
 
Pantai Wediombo Gunung Kidul Jogja Pantai Wediombo Gunung Kidul Jogja Pantai Wediombo Gunung Kidul Jogja
 
Pantai Wediombo adalah surga yang terletak di Ujung DIY Yogyakarta. Lokasinya hampir bersebelahan dengan Kabupaten Wonogiri membuatnya seakan terpinggirkan. Ayo datang ke Pantai Wediombo Gunung Kidul Jogja dan buat cerita-cerita baru yang pernah kita diskusikan dulu.

Cukup sekian dulu dari saya dan terimakasi telah mampir untuk membaca tulisanku, ada sedikit pesan dari ku semoga bermanfaat untuk anak cucu. Kurangi Sampah Plastik Perbanyak Piknik. Salam Lestari.