Kedung Cinet Grand Canyonnya Jombang

Kedung Cinet terkenal sebagai Grand Canyon-nya Kabupaten Jombang, air nya yang jernih kebiruan dan tebing batu kapur yang di ukir oleh alam membuat daya tarik tersendiri bagi pecinta traveling. Selain pernah  memakan korban jiwa lokasi Kedung Cinet berada hutan jati dan jalannya tidak terlalu bagus saya yakin kalau pas musim penghujan jalannya becek dan licin karena struktur tanah-nya tanah liat kemerahan.

Jadi kalau sobat ingin main kesini jangan musim penghujan, selain jalan yang licin sungai banjir dan  keruh, bulan paling bagus untuk berkunjung ke wisata ini adalah. Bulan Mei sampai bulan Agustus. Karena hujan sudah mulai reda dan debit air sudah menurun. Kalau sobat datang diatas bulan Agustus, sungai mengering dan sampah dedaunan membuat air keruh dan biru seperti kolam lele.

Kedung Cinet Grand Canyon nya Jombang Kedung Cinet Grand Canyon nya Jombang Kedung Cinet Grand Canyon nya Jombang

Sejarah Kedung Cinet Jombang

Mitos dan sejarah di Kedung Cinet, kata warga setempat dulu pas jaman kejayaan Kerajaan Majapahit para tentara atau prajurit dan dayang-dayang sering mandi di sungai ini sehingga membuat sungai ini berbau mistis dan angker.

Alamat dan Rute Jalan ke Kedung Cinet Jombang

Alamat Kedung Cinet berada di Desa Klithih, Kecamatan Plandaan, Kabupaten Jombang, Jawa Timur. Jika sobat tertarik untuk mengunjungi tempat wisata ini harap berhati dan tetap waspa, kata mas mas penjaga parkir kedung cinet pernah memakan korban jiwa, sehingga kedung cinet di tutup sementara.

Waktu saya kesini perjalanan saya mulai dari Jombang, dari Kota Jombang sobat ambil arah menuju Ploso, setelah sampai Ploso nanti ada jembatan sungai Brantas, setelah itu sobat ambil arah ke Plandaan, jalan ini bisa tembus ke Nganjuk dan Kertosono.

Ikuti terus jalan ini sampai sobat ketemu jembatan dan POLSEK PLANDAAN. Setelah itu ambil arah belok kanan lurus saja sampai masuk desa Pojok Klitih. Setelah melewati desa Pojok Klitih sobat akan melewati jembatan gantung milik perhutani.

Ikuti terus jalan nanti ada papan petujuk jalan yang mengarah ke Kedung Cinet, setelah melewati desa terakhir dan masuk ke hutan jati. Jalannya belum diaspal sehingga kalau musim hujan jalan licin berhati-hatilah saat melewatinya.

Kedung Cinet Grand Canyon nya Jombang Kedung Cinet Grand Canyon nya Jombang Kedung Cinet Grand Canyon nya Jombang Kedung Cinet Grand Canyon nya Jombang


Tiket Masuk dan Fasilitas di Kedung Cinet

Karena wisata Kedung Cinet belum dibuka secara resmi fasilitas umum yang tersedia di wisata ini belum lengkap alias ala kadarnya tidak seperti tempat wisata pada umumnya, seperti Toilet, Warung makan dan Parkir Area.

Kalau di tempat wisata ini tempat Parkir Area di pinggir jalan di bawah tebing, yang jaga mas mas biasah mungkin pemuda kampung sebelah, kalau sobat sedang parkir gunakanlah kunci ganda, menurut info yang saya dapat sudah ada kejadian motor hilang.


Tiket masuk pun mirip pos klampling, penjual makanan ringan dan minuman ada pas hari minggu saja, kalau sobat datang kesini hari-hari biasah saya sarankan membawa makanan dan minuman dari rumah saja, Saya datang kesini sabtu siang dan tidak membayar tiket masuk alias Free.

Terus pas saya pulang ada mas mas minta uang Rp 5.000 katanya buat parkir ya saya kasih saja kan sudah menjaga motor saya he he heeeee. Menurut info yang saya dapat tiket masuk wisata Kedung Cinet sebesar Rp 5.000, parkir motor Rp 5.000 dan sewa Prau juga Rp 5.000 gimana cukup murah kan he he heeee?

Cukup sekian dulu dari saya semoga liburan Anda menyenangkan. buang sampah pada tempatnya agar wisata Kedung Cinet tetap terjaga keasriannya, kalau bisa kurangi sampah plastik perbanyak piknik salam lestari.