Menikmati Senja di Pantai Ngliyep Malang Selatan

Berlibur ke pantai memang menyenangkan dan menjadi ke inginan kebanyakan orang, apa lagi pantai yang akan sobat kunjungi memiliki panorama yang bagus dan mempunyai senja yang sangat indah. Bagi sobat yang ingin menikmati indahnya senja tidak perlu jauh-jauh ke Bali, di Jawa Timur juga ada pantai bagus namanya  Pantai Ngliyep.

Sebelum sobat liburan ke Pantai Ngliyep, saya sarankan jangan datang pas weekend atau hari libur panjang, kata mas-mas penjaga pantai, pengunjung cukup banyak. Paling enak datanglah saat weekday, saya pastikan sepi seperti pantai milik pribadi, apa lagi sobat kesini bersama sang pujaan hati pasti akan lebih indah hidup ini he he heeeeeee.
Pantai Ngliyep Malang Selatan Pantai Ngliyep Malang Selatan Pantai Ngliyep Malang Selatan

Lokasi Pantai Ngliyep

Pantai Ngliyep masuk wilayah kabupaten Malang bagian selatan. Lebih tepatnya berada di Desa Kedungsalam, Kecamatan Donomulyo, Malang, Jawa Timur dan berjarak sekitar 60 km dari Kota Malang waktu tempuh perjalanan sekitar 2 jam, kalau menggunakan kendaraan bermotor.

Jika sobat tertarik mengunjungi pantai ini saya sarankan mengggunakan kendaraan pribadi saja karena angkutan umum untuk menuju kelokasi pantai Ngliyep belum ada. Kalau sobat dari luar kota Jawa Timur bisa rental motor atau mobil di Kota Malang. Saat saya main ke pantai ini perjalanan saya mulai dari Kota Malang.

Pantai Ngliyep Malang Selatan
Pantai Ngliyep Malang Selatan
Pantai Ngliyep Malang Selatan
Dari Kota Malang arahkan kendaraan sobat menuju Kepanjen, setelah itu ke arah Sumbermanjing Kulon, setelah sampai Pagak banyak papan petunjuk arah. Lalu belokkan kendaraan sobat ke arah kanan, ke Jl. Ahmad Yani, terus saja menuju Jl. Raya Kedungsalam setelah itu belok kiri ke Jl. Raya Pantai Ngliyep. Terus saja ikuti jalan nanti sobat akan ketemu pintu loket Wisata Pantai Ngiyep. Kalau masih bingung sobat bisa gunakan GPS saja.

Tiket Masuk Pantai Ngliyep Malang

Pantai Ngliyep masih alami dan terjaga, dikelilingi tebing-tebing curam serta hutan tropis yang masih rimbun. Ombaknya cukup tenang walau berada di pantai selatan, tetapi sobat harus tetap waspada dan berhati-hati, taati semua peraturan yang tertera di pinggir-pinggir pantai terutama saat sobat sedang bermain air.

Tiket masuk pantai Ngiyep Rp 15.000, perorang, biaya parkir motor biaya Rp 5.000 dan mobil Rp 10.000, setelah semua itu di bayar lunas sobat bebas mengelili pantai dan berfoto ria Bersama teman atau keluarga. Setelah puas berfoto-foto sobat bisa bermain pasir dan air di pinggir pantai.

Pantai Ngliyep Malang Selatan Pantai Ngliyep Malang Selatan Pantai Ngliyep Malang Selatan

Daya Tarik Pantai Ngliyep

Karena berhadapan langsung dengan Samudera Hindia, Pantai Ngliyep Malang memberikan pesona indah pesisir laut kidul yang sudah pasti layak kalian datangi. Hamparan pasir putih yang lembut, luas dan panjang. Semakin memanjakan mata memandang, berdiri kokoh benteng dari tebing batu karang yang di tumbuhi pohon rindang menambah daya tarik  pantai ngliyep.

Sementara itu, suara alunan ombak khas laut kidul mampu menghadirkan suasana semakin damai dan tentram dihati membuat saya mengantuk. Suasana itulah yang menjadikan cikal bakal nama pantai ngliyep. Pada intinya, pantai ini mengajak kalian bersantai sepenuhnya hilangkan pikiran dari hiruk-pikuk perkotaan atau saat di tinggal mantan.

Misteri Gunung Kombang Pantai Ngliyep Malang

Jika sobat sudah bosan bermain air dan pasir di pinggir pantai cobalah mendaki Gunung Kombang, Gunung Kombang salah satu pilihan alternatif yang menyenangkan. Di atas bukit sobat bisa melihat laut lepas dan melihat gulungan ombak yang sangat liar, kalau cuaca sedang cerah sobat bisa menikmati senja, tidak hanya itu di puncak gunung Kombang ada petilasannya juga lo sob.

Kata warga setempat, Gunung Kumbang adalah tempat Nyi Roro Kidul bertapa sebelum dia menjadi Ratu di Pantai Selatan. Karena itu pantai Ngliyep sering di sliputi dengan cerita-cerita misteri dan sangat kental Nuasa Kejawennya. Seperti pantai-pantai lain di selatan Pulau Jawa, Nyi Ratu Roro Kidul yang menjadi tokoh utama dalam cerita mitos atau cerita rakyat di pesisir Segoro kidul.
Pantai Ngliyep Malang Selatan
Pantai Ngliyep Malang Selatan
Pantai Ngliyep Malang Selatan
Tidak hanya itu, pada tanggal 14 bulan Maulud (Rabiulawal), di pantai Ngiyep ada acara Ritual Labuhan menyerahkan sesaji kepada ratu pantai selatan. Kegiatan ini di adakan masyarakat setempat untuk meminta keselamatan kepada sang Maha Pencipta. Tidak hanya berdo’a bersama warga desa juga menyembelih hewan ternak seperti kambing, sapi dan kerbau.

Daging hasil sembelihan di masak dan dibagikan kepada masyarakat sekitar pantai. Namun, bagian kepala hewan dilarung  ke tengah laut bersama makanan, bunga-bunga khas sesajen dan seterusnya. Sebelum di larung Sesaji itu diarak lebih dahulu mengelilingi desa dan di iringi kesenian Jaranan. Ada juga parade pengiring yang mengenakan pakaian adat. menuju Gunung Kombang.

Pantai Ngliyep Malang Selatan Pantai Ngliyep Malang Selatan Pantai Ngliyep Malang Selatan

Mitos Teluk Putri Pantai Ngliyep Malang 

Setelah puas berjalan mengelilingi Gunung Kombang, lanjutkan Penjelajahan sobat menuju ke Teluk Putri. Sangat beruntung bagi mereka yang datang kesini bersama Pacar atau gebetannya, karena menurut Mitos dan certa rakyat.

Barang siapa saja yang datang kesini bersama orang yang di cintai berjalan atau mendaki bukit dan sampai kepuncak Teluk Putri, cinta meraka berdua akan kekal abadi sampai akhir hayatnya. Kalau sobat pernah mencoba dan berhasil tolong tinggalkan komen di bawah ya agar para jomblo di Negeri ini bisa berkurang he he heeeeeeeee.

Kuliner dan Oleh-Oleh di Pantai Ngliyep Malang

Kalau sobat sudah puas berkeliling dan perut mulai bernyanyi lagu keroncong itu bertanda kalau sobat sudah lapar he he heeee. Kuliner di Pantai Ngiyep banyak pilihan makanan yang sangat megugah selera. Kalau di pantai lain kulinernya biasah seperti bakso gurita, ikan bakar, ikan goreng, cumi asam manis dan seterusnya.
  1. Bakso Gurita Bakso 

    Bakso Gurita Bakso yang terbuat dari daging sapi sudah biasah, Kalau di pantai Pantai Ngliyep sobat bisa mencoba Bakso Gurita, disini sobat bisa mencoba bakso berbahan dasar gurita. Jangan membayangkan yang aneh aneh apalagi menyeramkan karena sekali mencobanya saya jamin sobat akan ketagihan. Harga bakso Gurita tidak terlau mahal berkisar 50 - 60 ribu rupiah yang terbilang enak dan membuat penasaran. 

  2. Tongseng Gurita  

    Tidak cuma bakso Gurita, sobat wajib mencoba makanan lainnya seperti tongseng Gurita. Makan ini tidak akan sobat temui di tempat lain kalau tidak di pantai Ngliyep. Untuk menemukan makanan khas yang satu ini sangatlah gampang karena hampir semua warung yang ada di pantai Ngliyep menyuguhkan menu ini. Sensasi Tongseng Gurita yang bikin lidah bergoyang mampu menghabiskan nasi putih lebih dari satu porsi.

  3. Kakap Merah Panggang 

    Kalau di tempat wisata lain ikan kakap merah biasanya dimasak dengan bumbu yang pedas, manis agar aroma dan kelezatannya semakin nendang dilidah. Kalau di pantai Ngliyep kakap merah disajikan dengan cara dipanggang. Jika sobat tidak suka makanan yang pedas, sobat bisa pesan yang tidak pedas. 

  4. Abon Tuna  

    Abon Tuna Pantai Ngliyep Setelah  perut keyang saatnya pulang, agar pulang tidak membawa tangan kosong di Pantai Ngliyep ada oleh khas yang tidak akan pernah sobat temukan di pantai-pantai lain yaitu Abon Tuna, Abon Tuna sudah di patenkan sebagai buah tangan oleh nelayan. Abon ini menjadi spesial karena hanya dibuat oleh istri para nelayan pantai Ngliyep.  

    Tampak sekilas terlihat sama, mirip sekali dengan abon ayam atau abon sapi, namun ciri khas rasa yang menjadi pembeda lebih makyus abon tuna. Pengemasannyapun bermacam-macam mulai dari 1 ons hingga 1 kilogram, sehingga tak jarang pengunjung Pantai Ngliyep membelinya sebagai oleh-oleh. Jangan sampai lupa membeli ya kalau sobat main ke pantai Ngiyep karena Cuma ada di pantai ini! 

Fasilitas Pantai Ngliyep Malang

Tidak hanya itu, Ngliyep juga memberikan spot-spot foto dengan background tebing-tebing curam membuat foto travelling kalian semakin sedap di pandang. Fasilitas yang tersedia di pantai ngliyep sudah lengkap seperti:
  • Warung penjual makanan dan minuman

  • Motels (penginapan) 

  • Lahan parkir kendaraan yang luas

  • Musola, 

  • Kamar mandi 

  • Gazebo untuk bersantai bersama keluarga. 

Penginapan di Pantai Ngliyep

Jika kalian Backpacker atau Traveler dari luar kota seperti saya dan ingin bermalam disini, pengelola wisata memberikan 2 pilihan, jika kalian punya dana yang lebih bisa bermalam di motels  (penginapan)  yang telah di sediakan pengelola.
 
Harga penginapan di pantai ini tidak terlalu mahal kok sekitar Rp 100.000. permalam. jika sobat kaum mendingan seperti saya lebih baik menyewa tenda di warung-warung didekat wisata, biar lebih hemat dan bisa membeli oleh-oleh untuk keluarga di rumah he he heeeee.
Pantai Ngliyep Malang Selatan
Pantai Ngliyep Malang Selatan
Pantai Ngliyep Malang Selatan
Bagaimana sobat tertarik untuk mungunjungi dan Menikmati Senja di Pantai Ngiyep Malang Selatan? Kalau ada salah kata saya mohon maaf sebesar-besarnya dan jangan lupa buang sampah pada tempatnya agar wisata pantai di negara kita tercinta tetap asri dan terjaga keindahannya. Kurangi Sampah Plastik Perbanyak Piknik. Salam Lestari.