Barang - Barang yang wajib dibawa saat mendaki Gunung

Mendaki gunung merupakan kegiatan yang sangat mengasikkan. Menikmati indahnya alam, udara yang sejuk, tertawa lepas Bersama teman sejawat dan menikmati kopi di saat senja menjadi kenikmatan tersendiri bagi para penikmat lelah. 

Mendaki gunung tidak semudah yang sobat bayangkan, melihat postingan teman di sosmed terkadang membuat IRI dan Dengki melanda hati, yakinlah semua itu butuh perjuangan dan do’a yang extra, kekompakan teman-teman menjadi penentu aman, nyaman dan mengasikkan saat pendakian berjalan. Setiap gunung mempunyai ketinggian dan karakter tersendiri. Sebelum sobat mendaki gunung ada beberapa barang yang wajib di bawa. 

Barang - Barang yang  wajib di bawa saat mendaki Gunung Barang - Barang yang  wajib di bawa saat mendaki Gunung
  1. Tas carrier ukuran 40 sampai 80 liter lengkap dengan cover bag dan kantong plastic sampah. 
  2. Jaket gunung, Jaket merupakan perlengkapan mendaki gunung yang wajib dibawa setiap pendaki Wanita atau Pria. Karena cuaca di gunung begitu dingin. menggunakan jaket juga untuk menghindari terjadinya hipotermia.
  3. Sepatu gunung. Sepatu Gunung berfungsi melindungi kaki dari bahaya yang tak terguga. Memberikan kenyamanan saat sobat melangkahkan kaki saat jalur mulai terjal, melindungi kaki dari gigitan lintah dan hewan berbahaya lainnya. Melindungi kaki dari tumbuhan beracun yag tumbuh liar di jalur pendakian. Melidungi kaki saat cuaca hujan dan panas dan yang lebih penting lagi menambah kegantengan dan kecantikan sobat saat mendaki gunung he he heee.
  4. Sleeping bag. Sleeping bag sangat penting dalam pendakian. Menggunakan sleeping bag ketika sobat tidur membuat tubuh terasa lebih nyaman dan membuat tubuh semakin hangat.
  5. Matras. Matras berfungsi sebagai alas tidur pengganti tikar. Dengan matras, tubuh tidak langsung menempel di lantai tenda yang begitu tipis. Tanpa matras, suhu dingin dari tanah bisa langsung menusuk tubuh. Apalagi dalam keadaan hujan, matras jadi pelindung dari rembesan air tanah. 
  6. Jas hujan. Jas hujan penting saat musim hujan. Dengan menggunakan jas hujan,sobat bisa meminimalisir dari basah kuyup agar tidak masuk angin dan terjadi hipotermia.
  7. Uang cash sesuai rencana budget yang diperlukan. Kalau bisa ya di lebihkan karena di basecamp ada penjual pernak Pernik dan kaos buat oleh oleh teman atau keluwarga.
  8. Kamera DSLR atau Smartphone dan jangan sampai lupa powerbank, agae fotomu sobat bisa terabadikan dan  bisa jadi cerita anak cucu.
  9. Celana panjang/kargo dan celana pendek.
  10. Pakaian ganti. Mendaki gunung adalah aktivitas yang menguras keringat. Namun suhu yang dingin membuat tubuh cepat menyerap keringat, bila sobat tak kunjung ganti baju, keringat bisa memicu tubuh terkena jamur, Apalagi bagi yang bau badan, tidak mengganti pakaian dapat mengganggu teman sejawat dan mengurangi rasa PD saat mau kenalan sama bidadari gunung. Bagi pendaki cewek harus membawa berupa kemeja flannel, kaus panjang/pendek, celana dalam, bra, manset, tanktop. Serta barang tambahan bagi pendaki Muslimah, kerudung, sarung tipis dan mukena. Jangan lupa membawa Make up standar sesuai kebutuhan dan pilihan.
  11. Sarung tangan dan kaos kaki sangat dibutuhkan para pendaki gunung. Sarung tangan dan kaos kaki bisa meminimalisir dingin. Pakailah kaos kaki dan sarung tangan saat tidur. Jadi bawalah kaos kaki lebih dari 1 pasang agar bisa dipakai saat perjalanan dan saat tidur.
  12. Masker, Slayer atau kain kecil, bandana dan topi. Masker berfungsi saat jalur pendakian berdebu dan topi bisa melindunngi kepala dari panasnya terik matahari
  13. Peralatan mandi yang meliputi handuk kecil, pasta gigi, dan sikat gigi. Ini penting diwaba saat turun gunung sobat bisa mandi di basecamp agar badan bersih dan wangi siapa tau saat perjalan pulang ada bidadari cantik yang  mau diajak kenalan he he heeeee
  14. Alat makan dan alat masak seperti, gelas plastik, piring plastik atau mangkuk, sendok, kertas minyak, kompor gunung dan gas. 
  15. Botol minum dan jurigen 5L untuk membawa air. Terutama di gunung jawa tengah wajib membawa air yang banyak karena sepanjang perjalanan tidak ada sumber mata air. 
  16. Tisu basah dan tisu kering berfungsi untuk membersihkan diri juga berfunsi untuk membersikan alat masak. Untuk kedua barang ini sebelum berangkat mendaki carilah info dulu karena ada peraturan baru tidak memperbolehkan membawa tisu basah. Karena bahan  dari tisu basah susah di urai.
  17. Obat-obatan, seperti antangin, tolak angin, minyak kayu putih, balsem, hansaplast, obat merah, dan lainnya sesuai keperluan sobat pendaki.
  18. Travel vacuum bag atau kantung plastik yang berfungsi untuk menyimpan barang elektronik, pakaian kotor dan sampah. Bawa turun sampahmu jangan bawa turun sombongmu.
  19. Senter atau headlamp. Kedua alat ini berfungsi untuk menerange tenda dan menerangi jalur pendakian kalau sobat kemaleman saat menuju camp area.
  20. Korek api. Selain untuk menyalakan rokok juga berfungsi saat keadaan terdesak. Sobat bisa membuat api unggun agar binatang buas tidak mendekat. Kalau mendaki di pulau jawa tidak usah membuat api unggun karena binatang buas sudah tidak ada.
  21. Sunblock berfunsi untuk menangkal pasnasnya terik matahari di wajah. Kalau tidak paikai Sunblock turun gunung wajah sobat akan pecah pecah dan kulit wajah akan menglupas.
  22. Logistik secukupnya. Makanan dan minuman sudah pasti wajib untuk dibawa dalam pendakian. Tanpa makanan dan minum yang cukup, tubuh akan lemah dan dehidrasi. Selain membawa mie Instan bawa juga Spaghetti, Sup Makroni, Sarden, Sup Krim, Bubur ayam, Nugget, Sosis, kalau sobat camp lebih dari satu malam dan ingin sedikit ribet tapi asyik. Bawalah telur, minyak goreng, beras, sanyur dan buah pasti pendakian kalian lebih nikmat dan berkesan.
  23. Tenda. Tenda tentu menjadi peralatan yang wajib  dibawa, bila sobat memutuskan menginap di gunung. Di alam terbuka, tidur ditenda itu lebih nyaman dan hangat. Tenda dapat melindungi pendaki dari guyuran hujan, teriknya matahari dan angina kencang.
Itu sedikit saran dari saya, yang sobat catat bermain di alam bebas bukan untuk ajang pamer menujukkan siapa yang paling cepat sampai kepuncak. Tapi lebih ke kerja sama tim dan menguji kesabaran. Jika soba tidak bisa mekukan semua itu lebih baik jangan naik gunung tidur saja di rumah lebih nyaman. Tetap jaga sopan santun, bawa turun sampahmu dan sapalah pendaki lain di dekatmu. Salam lestari.