Tiket masuk dan Lokasi Pantai Ngrumput Gunung Kidul Yogyakarta

Pantai Ngrumput berlokasi di Desa Ngestirejo, Kecamatan Tanjungsari, Kabupaten Gunung Kidul, Yogyakarta. Tiket masuk dan tempat parkir satu atap dengan Puncak Kosakora. Pantai Ngrumput baru dibuka sekitar tahun 2015 yang lalu. Akses jalan dari parkiran mobil dan motor lumayan jauh dan harus jalan kaki menyusuri ladang warga membuat pantai Ngrumput tidak seterkenal pantai sebelahnya yaitu pantai Drini.

Kalau diadu kecantikannya Pantai Ngrumput tidak kalah bagus di banding pantai di sebelahnya. Hamparan pasir pantai yang luas mengikuti lekuk tebing yang berada di kanan kiri pantai, fenomena ini menjadi daya tarik tersendiri bagi Pantai Ngrumput, meskipun garis pantainya tidak panjang, tetap memanjakan mata wisatawan.
Tiket masuk dan Lokasi Pantai Ngrumput Gunung Kidul Yogyakarta
Tiket masuk dan Lokasi Pantai Ngrumput Gunung Kidul Yogyakarta
Tiket masuk dan Lokasi Pantai Ngrumput Gunung Kidul Yogyakarta

Lokasi dan Rute Jalan ke Pantai Ngrumput Gunung Kidul

Pantai Ngrumput berlokasi di Desa Banjarejo, berjarak sekitar 61 km dari kota Yogyakarta dan berjarak sekitar 27 km dari Wonosari. Untuk sampai ke lokasi wisata pantai Gunung Kidul dari Yogyakarta yang saya tau ada dua rute yang bisa sobat lewati.

Rute pertama dimulai dari Yogyakarta, Piyungan, Patuk, Gading, Wonosari, Jalan Baron, Baron, Pantai Kukup, Pantai Drini sampailah sobat di parkiran Pantai Ngrumput. Lokasi parkiran pantai Ngrumput masih satu atap dengan Kosakora, jadi bayar parkir 1 kali dapat 2 wisata sekaligus lumayan hemat dana liburan he he heeee.

Jalur yang kedua Yogyakarta, Bantul, Parangtritis, Panggang, Saptosari, Baron, Pantai Kukup, Pantai Drini, Bukit Kosakora. Bagi teman teman yang berasal dari luar Yogyakarta seperti saya, saya sarankan menyewa mobil atau motor di kota Jogja saja, karena angkutan umum untuk menuju kewisata Kosakora belum ada.

Harga penyewaan motor di Kota Yogyakarta umumnya Rp 60.000 sampai Rp 150.000 tergantung tipe dan CC motor yang akan sobat sewa. jika sobat masih bingung dengan rute yang saya jabarkan diatas, sobat bisa menggunakan GOOGLE MAP saja yaaaa. sudah akurat kok google MAP-nya.

Setelah sampai di parkiran sobat harus meneruskan perjalanan dengan jalan kaki menyusuri ladang penduduk, setelah melewati ladang sobat akan sampai di lokasi wisata pantai Ngrumput. Kalau menggunakan GOOGLE MAP jangan di ketik pantai Grumput tapi ketiklah Puncak kosakora saja, kalau sobat mengetik langsung pantai Ngrumput sobat akan diarahkan kepantai Drini terus jalan kaki lumayan jauh.
Tiket masuk dan Lokasi Pantai Ngrumput Gunung Kidul Yogyakarta
Tiket masuk dan Lokasi Pantai Ngrumput Gunung Kidul Yogyakarta
Tiket masuk dan Lokasi Pantai Ngrumput Gunung Kidul Yogyakarta

Tiket Masuk Pantai Ngrumput Gunung Kidul

Harga Tiket masuk wisata pantai Gunung  Kidul sebesar Rp 20.000 untuk dua orang, Harga tiket masuk ini sudah mewakili tiket masuk ke pantai-pantai lain yang ada di sekitar pantai Ngrumput seperti Pantai Drini, Baron, Krakal, Kukup, Indrayati, Sepanjang, dan Watu Kodok.

Jadi, jika sobat semua yang ingin berkunjung ke pantai Gunung Kidul jangan sampai melewatkan destinasi wisata pantai satupun OK, lumayan ngirit tiket masuk he he heee. Untuk biaya parkir Rp 5.000 permalam, biaya naik bukit kosakora Rp 2.000. Perlu sobat catatan harga tiket dll. bisa berubah setiap saat.

Pantai Ngrumput Camp

Butiran pasir putih kecokelatan di Pantai Ngrumput agak besar dan kasar. Di sekitar bibir pantai terpampang batu-batu karang membentuk seperti gua di pinggir tebing dan karang-karang bolong, bagus untuk spot foto bersama teman dan keluarga. Saat menjalang malam senja di pantai ini sangat bagus sekali,

jadi kalau sobat tertarik untuk berkunjung kesini saya sarankan berangkatlah siang hari sampai lokasi wisata pas sore hari, nikamati senja dan bermalam di pinggir pantai, kalau cuaca sedang cerah bintang dilangit indah bertaburan melihat sobat dan kawan-kawan bercanda dan saling curhat tentang mantan he he heee.

Biaya mendirikan tenda Rp 15.000 pertenda. Bagi sobat yang camping disini dan ingin membuat api unggun atau bakar-bakar tidak perlu khawatir, ada yang jualan kayu bakar, harga perikat kayu bakar sekitar Rp 10.000. Perlu sobat catat harga tiket dll. bisa berubah setiap saat.
Tiket masuk dan Lokasi Pantai Ngrumput Gunung Kidul Yogyakarta Tiket masuk dan Lokasi Pantai Ngrumput Gunung Kidul Yogyakarta Tiket masuk dan Lokasi Pantai Ngrumput Gunung Kidul Yogyakarta

Fasilitas di Pantai Ngrumput Gunung Kidul

Fasilitas umum yang tersedia di pantai Ngrumput cukup lengkap seperti warung makan, mushola, dan Camp Area. Kalau sobat malas pulang atau ingin bermalam di sini bisa membawa tenda dari rumah, kalau malas membawa tenda sendiri dari rumah sobat bisa menyewa tenda di tempat ini, harga penyewan tenda di pantai ini saya tidak tau karena saya bawa tenda sendiri dari rumah.

Jika sobat sudah mulai bosan bermain air dan pasir pantai, tidak ada salahnya sobat mencoba mendaki di Bukit Kosakora letaknya di sebelah timur pantai tanjakannyapun tidak seberat mendaki gunung, tapi sobat harus tetap berhati-hati kalau mau mendaki kepuncak Kosakora.

Bukit Kosakora adalah salah satu bukit tertinggi di kawasan perbukitan Pantai Drini dan Pantai Ngrumput. Pemandang dari atas bukit bagus juga cukup untuk menambah koleksi foto di IG sobat, disini bisa melihat pemandangan pantai-pantai lain dan yang paling di tunggu para pelancong di puncak bukit Kosakora adalah saat senja.

Menikmati senja bisa di bibir pantai Ngrumput atau di puncak Kosakora itu terserah Anda, kalau saran saya lebih asyik di puncak saja, Minum Kopi di Temani Senja, kalau teringat saat-saat yang indah bersamanya sakitnya masih terasanya. He he heeeee, kalau main kesini jangan sampai kebegal kenangan loooo sob.

Bagai mana sobat tertarik untuk berkujung kesini? Sepertinya liburan minggu depan waktu yang cocok untuk liburan, Camping ceria bersama teman atau keluarga paling asyiksih datang bersama kekasih tercinta he he heee. Cukup sekian dulu dari saya , semoga liburan mu menyenangkan dan selamat sampai dirumah. Kurangi Sampah Plastik Perbanyak Piknik. Salam Lestari.