Menikmati Senja di Puncak Kosakora Gunung Kidul Yogyakarta

Berwisata di daerah Gunung Kidul seolah tidak ada habisnya jajaran pantai yang elok menjadi daya tarik tersendiri, Puncak Kosakora termasuk salah satunya dan sudah tidak di ragukan lagi kecantikannya, banyak para Fotografi Landscape mencari spot foto disekitaran pantai selatan Gunung Kidul dan bukit Kosakora tak luput dari kejaran para penikmat senja.

Puncak Kosakora menyuguhkan pemandangan yang eksotis dan saat senja terlihat lebih bagus lagi, kalau sobat berada di puncak Kosakora sobat bisa melihat jajaran pantai lain mulai dari Pantai Ngrumput, Pantai Watu Bolong, Pantai Drini, Pantai Watu Kodok dan seterusnya. Agar keindahan ini lebih lengkap lagi, ajaklah sang pujaan hati. Melihat senja berdua di temani secangkir kopi.
Menikmati Senja di Puncak Kosakora Gunung Kidul Yogyakarta
Menikmati Senja di Puncak Kosakora Gunung Kidul Yogyakarta
Menikmati Senja di Puncak Kosakora Gunung Kidul Yogyakarta


Lokasi dan Rute Jalan ke Puncak Kosakora

Puncak Kosakora berlokasi di Desa Banjarejo, Kecamatan Tanjungsari, Kabupaten Gunung Kidul, Yogyakarta. Berjarak sekitar 61 km dari kota Yogyakarta dan berjarak sekitar 27 km dari Wonosari. Untuk sampai ke lokasi wisata dari Yogyakarta yang saya tau ada dua jalur.

Jalur pertama dimulai dari Yogyakarta, Piyungan, Patuk, Gading, Wonosari, Jalan Baron, Baron, Pantai Kukup, Pantai Drini sampailah sobat di parkiran Puncak Kosakora. Lokasi parkiran Kosakora masih satu atap dengan pantai Ngrumput, jadi bayar parkir 1 kali dapat 2 wisata sekaligus lumayan hemat dana liburan he he heeee

Jalur yang kedua Yogyakarta, Bantul, Parangtritis, Panggang, Saptosari, Baron, Pantai Kukup, Pantai Drini, Bukit Kosakora. Bagi teman teman yang berasal dari luar Yogyakarta seperti saya, saya sarankan menyewa mobil atau motor di kota Jogja saja, karena angkutan umum untuk menuju kewisata Kosakora belum ada.

Harga penyewaan motor di Kota Yogyakarta umumnya Rp 60.000 sampai Rp 150.000 tergantung tipe dan CC motor yang akan sobat sewa. jika sobat masih bingung dengan rute yang saya jabarkan diatas, sobat bisa menggunakan GOOGLE MAP saja yaaaa. sudah akurat kok google MAP-nya.

Setelah sampai di parkiran sobat harus meneruskan perjalanan dengan jalan kaki tidak terlalu jauh kok jadi santai saja, sebelum mendaki ke Puncak Kosakora sobat bisa beristirahat dulu di pantai Ngruput, baru melanjutkan perjalanan sobat menuju puncak, Saat saya tiba di puncak Cuma ada 3 tenda saja, tendaku tendak anak Sukoharjo dan terakhir tenda anak Semarang.
Menikmati Senja di Puncak Kosakora Gunung Kidul Yogyakarta
Menikmati Senja di Puncak Kosakora Gunung Kidul Yogyakarta
Menikmati Senja di Puncak Kosakora Gunung Kidul Yogyakarta


Harga Tiket Masuk Puncak Kosakora

Sebelum sampai di lokasi parkiran Puncak Kosakora sobat wajib membayar tiket Rp 19.000. Tiket masuk ini sudah paket komplit. Setelah membayar tiket tersebut sobat bebas memilih mau pergi ke Wisata Pantai Gunung  kidul. Setelah sampai ke lokasi wisata sobat tinggal bayar biaya parkir Rp 5.000 permalam, biaya naik bukit Kosakora Rp 2000. Biaya mendirikan tenda Rp 15.000 pertenda.

Fasilitas dan Aktivitas di Puncak Kosakora

Selain menikmati indahnya Senja yang ditemani secangkir kopi dan sedikit dibumbui cerita yang indah saat bersamanya. Fasilitas di Puncak Kosakora ada satu Warung yang menjual makanan dan minuman, Toilet, Mushola kecil alakadarnya dan tempat Camp area.

Jadi kalau sobat ingin berkunjung ke Puncak Kosakora, saran saya berangkatlah siang hari sampai lokasi  pas sore hari. Kalau males pulang dan tidak mau ribet sobat bisa menyawa tenda dan bermalam disini, kalau tidak ingin menyawa tenda dan mau ribet seperti saya sobat bisa membawa tenda sendiri dari rumah, biaya mendirikan tenda Rp 15.000 pertenda.

Biaya dan Fasilitas Kosakora Camping

Kalau sobat tidak mau susah payah membawa dan mendirikan tenda sobat cukup mengeluarkan UANG sebesar Rp 80.000 perorang, sobat bisa menikmati fasilitas free parkir, free tiket naik kepuncak Kosakora, free mengecas HP, free kekamar mandi, dapat makan dan minum 2X prasmanan dan tentu saja dapat tenda untuk tidur dan beristirahat.

Untuk paket hematnya sobat keluarkan UANG Rp 60.000 perorang yang membedakan cuman makanannya dapat nasi bungkus dan dapat jatah mandi Cuma 1 X saja untuk tiket masuk dll sama. Kalau sobat berminat menyewa tenda dan bermalam di Puncak Kosakora bisa hubungi Warung Kosaakora ini nomer HP nya 087834759088 atau hubungi mbak ika wahyuni 087738016947, perlu sobat catat harga tiket, penyewaan tenda dll. bisa berubah setiap saat.
Menikmati Senja di Puncak Kosakora Gunung Kidul Yogyakarta Menikmati Senja di Puncak Kosakora Gunung Kidul Yogyakarta Menikmati Senja di Puncak Kosakora Gunung Kidul Yogyakarta

Asal-Usul Nama Puncak Kosakora

Mungki karena saya datang kesiangan jadi masih sepi, kalau sudah sore sekitar jam 15 WIB, banyak pengunjung mulai berdatangan untuk menikmati indahnya ciptaan tuhan. Karena saya gabut alias tidak tau mau ngapain dan sedikit terbegal kenangan yang indah saat bersamanya, akhirnya saya putuskan pergi ngopi di warung sambil bertanya kepada pemilik warung asal usul nama Puncak Kosakora.

Kata pemilik warung dulu ada dua orang pendaki gunung main kesini bernama Koyon dan Rangga di bulan Januari tahun 2015. Perjalan di mulai dari Poktunggal menuju ke bukit ini, setelah sampai di lokasi mereka berdua menunggu Senja ditemani secangkir Kopi dan selembar Koran jadi KOSAKORA itu hanya nama singkatan saja dan kepanjangan dari KOSAKORA adalah Koran Saklembar Kopi habis Ramasalah.

Terus lama-lama kok mulai ramai, bukalah lah warung ini, karena bingung mau di kasih nama apa untuk bukit ini? Kasih nama saja bukit KOSAKORA. jika ada yang salah dari tulisan ini mohon di koreksi di kolom komentar ya sob. Cukup sekian dulu dari saya, semoga liburan sobat menyenangkan dan selamat sampai di rumah. Kurangi Sampah Plastik Perbanyak Piknik. Salam Lestari