Pantai Ngobaran Gunung Kidul Yogyakarta

Dari beberapa pantai yang ada di Gunung Kidul Pantai Ngobaran bisa jadi opsi rekreasi bahari kamu saat sedang singga di kota yogyakarta. Beberapa pantai yang berada di Kabupaten Gunung Kidul memang sangat populer mempunyai keelokan dan keunikan tertentu, begitu juga dengan Pantai Ngobaran.

Di pantai ini ada sebuah Pura dengan ornament-ornamen ciri khas seperti yang berada di Bali, Pura ini sering dipakai untuk melaksanakan ibadah dan tempat melakukan beberapa ritus.
Pantai Ngobaran Gunung Kidul
Keelokan Pantai Ngobaran jika dipadukan dengan eksotisme Pura sebagai kombinasi yang paling top, selain menikmati alamnya yang cantik sobat dapat bertandang ke arah tempat melaksanakan ibadah umat Hindu itu.

Riwayat Pantai Ngobaran

Sebuah tempat tidak lepas dari yang bernama riwayat atau cerita di periode lalunya, begitu juga dengan Pantai Ngobaran. Pantai ini mempunyai cerita riwayat yang cukup epik, bermula dari Kerajaan Majapahit dan Kerajaan Demak.

Di suatu hari Kerajaan Majapahit yang waktu itu di bawah kepimpinan Raja Prabu Brawijaya V, serang Kerajaan Demak yang dipegang oleh Raden Patah yang notabene sebagai anaknya.

Untuk menghindar perselisihan bersama anak kandungnya ditambah dengan ketidakmauannya untuk merengkuh Islam, pada akhirnya Raja Prabu Brawijaya memilih untuk mengalah dan melarikan diri.

Ada banyak anggapan mengenai ini, ada yang mengatakan jika beliau melarikan diri bersama anaknya, ada juga yang menjelaskan beliau bersama dengan ke-2 istrinya yang namanya Bondan Surati dan Dewi Lowati.

Mereka melarikan diri ke pedalaman sampai ke pesisir dan pada akhirnya sampailah di suatu pantai yang mempunyai ombak hebat laut selatan, hingga tidak dapat ke mana saja dan mendapati jalan buntu.

Sampai pada akhirnya Prabu Brawijaya V memilih untuk melakukan upacara moksa atau pembakaran diri, kejadian itu memunculkan kobaran api yang besar sekali. Dari kejadian itu timbulnya istilah Ngobaran, yang diambil dari kata "kobaran".

Banyak sekali cerita-cerita mengenai riwayat dibalik Pantai Ngobaran, tetapi yang jelas kita harus menghormati dan menghargai riwayat yang sempat terjadi di pantai ini.

Selanjutnya sekitaran tahun 2003 dibangunlah gapura dan patung-patung lambang agama Hindu dan Buddha, untuk menghargai kehadiran dari turunan Raja Brawijaya V di pantai itu. Bangunan ini disahkan di tahun 17 Agustus 2004.

Lokasi dan Alamat Pantai Ngobaran

Pantai Ngobaran beralamat di Desa Gebang, Dusun Kanigoro, Kecamatan Saptosari, Kabupaten Gunung Kidul, Wilayah Spesial Yogyakarta. Lokasinya dekat sama Pantai Baron, Pantai Ngrenehan dan Pantai Nguyahan. 

Jalan Menuju Pantai Ngobaran

Untuk ke arah Pantai Ngobaran bila perjalanan sobat dimulai dari arah Jogja bisa lewat Jalan Imogiri atau lewat Wonosari. Bila kamu memutuskan untuk ke arah Jalan Imogiri tinggal meluncurkan kendaraan sampai di Jalan Imogiri Timur.

Saat menemui pertigaan jalan beloklah arah ke kanan, selanjutnya masuk lajur lintas selatan. Tujukan kendaraan ke arah timur sobat akan sampai di Jalan Raya Panggang Wonosari. Disini kamu tinggal ikuti panduan jalan sampai gapura selamat datang di Pantai Ngobaran.

Bila sobat lewat Kota Wonosari, arahkan kendaraan sobat ke arah ringroad selatan menuju Piyungan. Tetaplah meluncur dan ikuti instruksi ke Pantai Baron, lalu belok ke arah kanan sobat akan sampai di pos retribusi Pantai Baron.

Selanjutnya belok ke kiri ke arah Ngobaran-Ngrenehan, ikuti saja jalan sobat akan sampai di Pantai Ngobaran. Jika sobat tertari mengujungi Ngobaran saya sarankan menggunakan kendaraan pribadi saja, jika sobat dari luar kota seperti saya lebih baik rental motor saja, karena masih kurangnya transportasi umum ke arah lokasi wisata.
Pantai Ngobaran Gunung Kidul
Pantai Ngobaran Gunung Kidul
Pantai Ngobaran Gunung Kidul

Ticket Masuk Pantai Ngobaran

  •  Ticket masuk Pantai Ngobaran sejumlah Rp. 5.000,- per-orang
  •  Parkir motor bayar Rp. 2.000,-
  •  Dan mobil bayar Rp. 5.000,-

Jam Membuka Pantai Ngobaran

Jam operasional Pantai Ngobaran dibuka tiap Senin sampai Minggu sepanjang 24 jam penuh.
Sarana di Pantai Ngobaran, sarana yang ada disekitaran Pantai Ngobaran cukup lengkap jadi sobat tidak usah khawatir sama kok seperti pantai-pantai lain seperti:
  • Tempat parkir kendaraan
  • Beberapa warung minuman dan makanan
  • Toilet umum
  • Spot Photo

Penginapan Sekitaran Pantai Ngobaran

Disekitaran Pantai Ngobaran belum ada pemondokan atau homestay, tetapi karena searah dengan jalan tempat rekreasi untuk mencari tempat pemondokan tidaklah terlalu susah.

Deskripsi Pantai Ngobaran

Pantai Ngobaran sebuah pantai yang ada di atas tebing batu dengan diperlengkapi sebuah pura di atasnya, serupa dengan tempat wisata di Bali yang namanya Uluwatu. Hingga beberapa pengunjung yang mengatakan dengan panggilan "Uluwatu di Jogja".

Aktivitas di Pantai Ngobaran

1. Santai Sekalian Nikmati Alam

Pantai Ngobaran mempunyai type pantai yang mempunyai cengkungan-cekungan dari bebatuan karang, cengkungan itu kerap digunakan pengunjungi untuk santai dan nikmati cantiknya laut biru.

Hingga sobat bisa menikmati alam tanpa berasa kepanasan, karena diproteksi oleh cengkungan itu. Air lautnya warna biru, berhiaskan buih putih hasil deburan dari ombak khas pantai selatan. Ditambah lagi bentangan pasir putihnya yang lumayan luas.

Suasana seperti sangat pas untuk menentramkan diri dan istirahat sesaat dari aktivitas diperkotaan yang seolah tidak ada hentinya. Berikanlah sedikit waktu untuk jiwa dan raga karena bekerja cari duit untuk di nikmati bukan untuk adu gengsi. 
Pantai Ngobaran Gunung Kidul
Pantai Ngobaran Gunung Kidul
Pantai Ngobaran Gunung Kidul
Pantai Ngobaran Gunung Kidul

2. Bermain Air

Saat sobat sudah di Pantai Ngobaran jangan sampai terlewat untuk bermain air di pinggiran pantainya, yang berhiaskan batu karang yang diselimuti rumput laut.

Sayangnya di pantai ini kamu tidak boleh berenang karena resikonya sangat besar kalau berenang, disekitar pinggiran pantai terdapat banyak bebatuan karang, dan ombak laut lepas pantai selatan benar-benar berbahaya.

3. Berkunjung Pura

Selainnya nikmati keelokan pantainya yang mengagumkan cantik dan sempurna, jangan sampai terlewatkan juga untuk berkunjung ke Pura yang berada di atas tebing.

Kesan pertama saat sobat melangkahkan kaki di pintu gerbang Pura seolah-olah sedang berada di pulau Bali, ornamen bangunan, patung dan arca-arca sangat mirip sekali. situasi di kekitaran sangatlah sejuk, karena banyak pepohonan tidak ketinggalan pohon kamboja juga ada disini memperlengkap suasana bali.

4. Hunting Foto-Foto Keren

Pantai Ngobaran mempunyai beberapa spot keren yang tidak bisa kamu pandang sebelah mata, untuk berpose di sejumlah spot photo yang di sediakan pengelola wisata, sobat harus bayar Rp. 3.000,- saja.

Untuk memperoleh hasil photo yang di inginkan, sobat bisa menggunakan jasa tukang photo keliling yang ada di sekitar pantai ngobaran. Ia akan mengarahkan pose saat sobat mau do photo hingga hasil fotonya bagus dan sesuwai harapan. Untuk memakai jasa tukang photo itu, kamu harus bayar dimulai dari Rp. 10.000 saja.

5. Kulineran Nikmat dan Murah

Eksplor Pantai Ngobaran sudah selesai, suara perut mulai bunyi music keroncongan karena lapar, tidak perlu jauh-jauh mencari restaurant. Tinggal datangi warung makan yang ada disekitaran pantai, lalu bersantaplah dengan menu yang ada.

Harga yang dijajakan benar-benar murah dan tidak akan membuat dompet kamu jadi kering kerontang, yaitu cuman sekitaran Rp. 20.000,- saja, itu sudah termasuk minumnya loh… murah meriahkan??????

Bagaimana sobat tertarik untuk berkunjung kesini? Sepertinya minggu depan hari yang pas untuk liburan. Jangan lupa buang sampah pada tempatnya agar wisata di negri ini tetap bersih dan terjaga keindahannya, Kurangi Sampah Plastik Perbanyak Piknik Salam Lestari.