Air Terjun Jumog Putri Tawangmangu Karanganyar

Air Terjun Jumog Putri, salah satu air terjun yang berada di kawasan wisata Tawangmangu, Karanganyar. Air terjun ini berbeda dengan air terjun Jumog yang berada di Desa Berjo, Kecamatan Ngargoyoso, Kabupaten Karanganyar.

Air Terjun Jumok Putri baru dibuka untuk umum jadi belum terkenal seperti wisata Air Terjun Grojogan Sewu. Waktu saya mampir kesini masih dalam proses pembangunan, tapi sudah lumayan bagus kok untuk foto-foto dan mengistirahatkan kendaraan sobat. 
Air Terjun Jumog Putri Tawangmangu Karanganyar
Air Terjun Jumog Putri Tawangmangu Karanganyar
Air Terjun Jumog Putri Tawangmangu Karanganyar

Asal Usul Air Terjun Jumog Putri

Sebelum Air Terjun Jumog Putri ditemukan, warga setempat menganggap biasa saja seperti air  sungai yang mengalir pada umumnya mengalir keladang Pak Subali dan ladang warga lain. Tapi setelah rumput liar di bersihkan Pak Subali, mulailah terlihat air terjatuh dari atas dan mengalir jernih sekali disela-sela bebatuan besar.

Kata Pak Subali air terjun ini tidak pernah kering meskipun di musim kemarau. Sebenarnya sungai ini ada dua, yang satu mengalir ke arah Utara seperti yang di foto ini, sedangkan yang satu lagi mengarah ke barat daya lokasinya di balik bukit dan sangat curam tutur Pak Subali. Lalu di mana lokasi Air Terjun Jomog Putri?

Air Terjun Jumog Putri Tawangmangu Karanganyar Air Terjun Jumog Putri Tawangmangu Karanganyar Air Terjun Jumog Putri Tawangmangu Karanganyar

Lokasi dan Rute Jalan Menuju Air Terjun Jumog Putri

Lokasi air terjun Jumog sangat strategis, sangat mudah dijangkau karena berada di tepi jalan alternatif Lawu ke arah Magetan (jalan baru). Lebih tepatnya Air Terjun Jumog Putri berlokasi di Dusun Ngargoyoso Gondosuli Kidul, Desa Gondosuli, Tawangmangu, Karanganyar.

Saat saya main ke air terjun ini rute perjalanan saya mulai dari Surabaya turun Maospati Ngawi. Sampai Maospai kira-kira jam 3 pagi, karena angkutan umum menuju Mangetan belum ada, terpaksa saya dan 5 orang lainnya naik angkutan mobil kijang kapsul lama. 1 orang bayar Rp 15,000.

Kalau sobat ingin muncak ke Gunung Lawu, sobat bisa sewa mobil kijang kapsul tersebut untuk mengantarkan sobat ke Basecamp Gunung Lawu Via Cemoro Sewu dengan tarif Rp 300,000. kalau sobat pintar nego mungkin bisa kena lebih murah.

Akhirnya sampailah di terminal Mangetan. Setelah diterminal Magetan saya didatangi tukang ojek, si mas tukang ojek menawarkan mengantar saya sampai Basecamp Gunung Lawu dengan tarif Rp 40,000. Kalau naik angkutan umum mobil carry lawas yang di haruskan untuk pensiun kena tatif Rp 50,000 ribu. Saya pikir naik angkutan lebih murah eh ternyata, ingin irit malah orot orot.

Setelah sampai Basecamp Cemoro Sewu saya menunggu teman sambil foto dan menikmati dinginnya udara pagi kala itu. Setelah teman saya tiba langsung meluncur menuju air terjun Air Terjun Jumog Putri, rencananya sih mau ke Air Terjun Grojokan Sewu berhubung ada papan petujuk air terjun sekalian mampir dan beristirahat dulu, lumayan sekali jalan dapat 2 tempat wisata he he heeee.

Jika perjalanan sobat dimulai dari Solo. Saya sarankan sobat mengunakan kendaraan pribadi atau menyewa kendaraan di Kota Solo saja, agar sobat lebih leluasa saat berkunjung ke wisata-wisata yang ada di Tawangmangu. Sebelum berangkat cek dulu atau di servis kendaraan sobat, karena jalan yang menuju air terjun menanjak dan berkelok, kalau sobat masih bingung dengan pentunjuk arah bisa mengunukan GOOGLE MAP saja sudah akurat kok sob he he heee.

Dan jika sobat menggunakan angkutan umum, bisa dimulai dari terminal Tirtongadi Solo. Naik Bus jurusan Solo - Tawangmangu salah satu transportasi yang tersedia untuk menuju ke Air Terjun Jumog Putri. Nama busnya Rukun Sayur, Bus Langsung Jaya dan Bus Setia Usaha. Kalau hari sabtu pagi atau pas libur panjang banyak pendaki yang naik bus itu menuju Basecamp Gunung Lawu.

Air Terjun Jumog Putri Tawangmangu Karanganyar
Air Terjun Jumog Putri Tawangmangu Karanganyar

Tiket Masuk Fasilitas dan Aktivitas di Air Terjun Jumog Putri

Setelah sampai lokasi wisata sobat wajib membayar tiket masuk Rp 5,000 dan membayar parkir kendaraan Rp 2,000 murah meriahkan sob he he heee. Karena wisata air terjun baru di buka fasilitas umum yang tersedia belum lengkap,

cuma ada Toilet, Parkir Area, Mushola dan Satu  Warung. Dan aktivitas yang bisa sobat lakukan selain berfoto-foto ya bermain air namanya juga wisata air terjun he he heeeee. Cukup sekian dulu dari saya, semoga liburan Anda menyenangkan. Kurangi Sampah Plastik Perbanyak Piknik. Salam Lestari.