Air Terjun Grojogan Sewu Tawangmangu

Berkunjung ke Kota Karanganyar rasanya ada yang kurang kalau belum mampir ke wisata-wisata daerah Tawangmangu, seperti Wisata Air Terjun Grojogan Sewu. Untuk sampai di pusat air terjun sobat harus menyusuri 1.250 anak tangga.

Sobat tidak perlu khawatir, karena di sepanjang perjalanan sobat akan disuguhi pemandangan yang indah, masih banyak pohon pinus yang berjajar rapi dan kicauan burung yang ramai. Bisa menjadi obat penghilang rasa Lelah sobat saat menuruni anak tangga Air Terjun Grojogan Sewu.
Air Terjun Grojogan Sewu Tawangmangu
Air Terjun Grojogan Sewu Tawangmangu
Air Terjun Grojogan Sewu Tawangmangu

Asal Usul Grojogan Sewu Tawangmangu

Dalam Bahasa Jawa arti dari Grojogan  adalah Air terjun dan arti dari sewu adalah seribu. Menurut warga setempat nama air terjun ini di ambil dari banyaknya jumlah anak tangga yang akan sobat lewati untuk menuju ke pusat Air Terjun Grojokan Sewu. Saat saya kesini, sebenarnya saya tidak menghitung jumlah anaktangga tapi kata orang-orang jumlah anaktangga lebih dari seribu.

Mitos Grojogan Sewu Tawangmangu

Selain terkenal dengan anak tangganya dan keindahan-nya, ada sebuah mitos di Air Terjun Grojogan Sewu  yang dipercaya oleh warga sekitar. Menurut cerita rakyat, ada  satu jembatan terbuat dari kayu, warga sekitar biasah menyebutnya Kreteg Pegat (bahasa Jawa) yang artinya Jembatan Pemisah.

Konon katanya, apabila ada pasangan yang belum menikah (masih pacaran) jika melewati jembatan itu, maka hubungan asmara mereka akan putus dan tidak akan pernah sampai kejenjang pernikahan. Maka dari itu jembatan ini dinamakan Kreteg Pegat. Sobat tenang saja itu cuma mitos saja kalau ingin uji coba ya tidak papa nanti kalau terbukti putus jangan lupa tinggalkan comment sobat di kolom komentar yaaa he he heeeeee.

Air Terjun Grojogan Sewu Tawangmangu
Air Terjun Grojogan Sewu Tawangmangu
Air Terjun Grojogan Sewu Tawangmangu

Lokasi dan Jalan menuju Air Terjun Grojogan Sewu

Air terjun Grojokan Sewu terletak di lereng Gunung Lawu. lebih tepatnya berlokasi di Desa Sepanjang, Kecamatan Tawangmangu, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah. tidak jauh dari jantung Kota Karanganyar kok sob. Hanya butuh waktu sekitar 45 menit, sobat sudah sampai di lokasi Air Terjun Grojokan Sewu.

Untuk sampai di area air terjun akses jalan bisa ditempuh menggunakan kendaraan pribadi atau transportasi umum dan yang perlu sobat catat, jalan menuju lokasi air terjun jalannya menanjak dan berkelok, jadi persiapkanlah kendaraan sobat sebelum berangkat dan berwisata ke Air Terjun Grojokan Sewu agar tidak terjadi hal-hal yang tidak di inginkan.

Bagi sobat yang tinggal di luar kota Kabupaten Karanganyar dan sekitarnya, sobat bisa mengambil arah menuju kota Karanganyar terlebih dulu lalu melanjutkan perjalanan menuju ke Tawangmangu, setelah masuk wilayah Tawangmangu sudah terpasang papan petunjuk jalan yang mengarah ke Air Terjun Grojokan Sewu, jadi sobat tidak perlu kuwatir kesasar saat berwisata kesini.

Jika sobat menggunakan angkutan umum dimulai dari terminal Tirtongadi Solo. Naik Bus jurusan Solo-Tawangmangu salah satu transportasi yang tersedia untuk menuju ke Air Terjun Grojogan Sewu. Nama busnya Rukun Sayur, Bus Langsung Jaya dan Bus Setia Usaha. Kalau hari sabtu pagi atau pas libur panjang banyak pendaki yang naik bus itu menuju Basecamp Gunung Lawu.

Tiket Masuk ke Wisata Grojogan Sewu

Setelah sampai di lokasi wisata sobat wajib membeli tiket masuk terlebih dahulu. Harga tiket cukup terjangkau bagi wisata lokal, namun tidak untuk wisatawan asing, untuk wisatawan lokal akan dikenakan biaya tiket ada di foto. sedangkan untuk wisatawan asing dikenakan biaya tiket sekitar Rp. 160.000/orang. Biaya parkir motor Rp. 3,000. penitipan helm Rp. 2,000.
Air Terjun Grojogan Sewu Tawangmangu Air Terjun Grojogan Sewu Tawangmangu Air Terjun Grojogan Sewu Tawangmangu

Fasilitas dan Tata Tertib Grojogan Sewu

Banyak fasilitas yang tersedia ditempat wisata ini. Mulai dari warung makanan, souvenir, kamar mandi, kolam renang dan taman satwa. Sebelum sobat masuk ketempat wisata harap untuk berhati-hati karena ada monyet yang berkeliaran bebas dan bisa mencopet barang bawaan anda terutama kalau anda membawa makanan dan mimuman.

Jika sobat ingin menginap dan bermalam di sekitar wisata, di sini sudah ada hotel yang bisa digunakan untuk menghabiskan malam bersama keluarga. Tata Tertip yang harus sobat patuhi saat berkunjung ke Wisata Air Terjun Grojogan Sewu.
  1. Dilarang membawa senapan angin
  2. Dilarang berburu
  3. Dilarang membawa senjata tajam
  4. Dilarang membawa minuman keras
  5. Dilarang corat coret fasilitas umum
  6. Dilarang membuang sampah sembarangan
Bagaimana sobat tertarik untuk mengunjungi wisata yang satu ini? Sepertinya weekend besok waktu yang pas untuk liburan ke Wisata Air Terjun Grojogan Sewu. Cukup sekian dulu dari saya semoga liburan anda menyenangkan. Kurangai Sampah Plastik Perbanyak Piknik Salam Lestari.