Wisata Bendungan Selorejo Malang

Membicarakan Destinasi Wisata di Kabupaten Malang seolah tidak pernah ada habisnya, seperti Wisata yang akan kita ulas saat ini Waduk Selorejo Malang, jadi tidak usah bingung dan galau mencari tempat untuk liburan saat sobat sedang singgah di Kota Malang.

Wisata Waduk Selorejo memiliki luas sekitar 650 hektar dan dibangun pada masa penjajahan jepang  dengan tujuan untuk mencegah banjir, setelah diresmikan Presiden yang ke 2 Bpk Soeharto pada 22 Desember 1970. Sekarang di kelola Perum Jasa Tirta I dan di jadikan destinasi wisata Kabupaten Malang.  
Wisata Bendungan Selorejo Malang Wisata Bendungan Selorejo Malang Wisata Bendungan Selorejo Malang

Alamat Waduk Selorejo

Waduk Selorejo berlokasi di Dusun Selorejo, Desa Pandansari, Kecamatan Ngantang, Kabupaten Malang, Jawa timur. Untuk sampai kelokasi wisata anda bisa mengunakan angkutan umum dan kendaraan pribadi, tapi saya sarankan menggunakan kendaraan pribadi saja, karena lokasi Wisata Waduk Selorejo jauh dari jalan utama yaitu jalan raya Kediri Malang.

Rete Jalan ke Wisata Waduk Selorejo Malang

Perjalanan menggunakan kendaraan pribadi, jika sobat dari arah Kota Batu Malang, dari Alun-alun Batu - Songgoriti - Pujon - Selorejo. setelah masuk wilayah Selorejo sobat cari papan petunjuk arah di sebelah kiri  jalan, setelah itu ikuti saja jalan sobat akan sampai di depan pintu loket Wisata Waduk Selorejo. 

Jika sobat berangkat dari arah Kediri dan Jombang, dari Pasar Kandangan sobat cari arah menuju Malang, setelah itu masuk wilayah Kasembon - Ngantang - Selorejo. Setelah masuk wilah Selorejo ada papan petujuk arah di sebelah kanan jalan ikuti saja petujuk arah tersebut seperti yang sudah saya tulis diatas.

Bila sobat ingin naik bus dari Kediri, carilah bus jurusan Malang, kalau sobat dari Jombang pilih jurusan Malang, kalau sobat dari malang pilih bus jurusan kediri atau jombang. Nama busnya Puspa Indah dan Bagong setelah itu turun pertigaan Waduk Selorejo. Setelah sampai di pertigaan sobat bisa menggunakan jasa ojek menuju Wisata Bendungan Selerejo.
Wisata Bendungan Selorejo Malang Wisata Bendungan Selorejo Malang Wisata Bendungan Selorejo Malang

Tiket Masuk Waduk Selorejo

Sebelum masuk kelokasi wisata sobat harus membayar tiket masuk sebesar Rp 15,000 perorang. Setelah masuk lokasi wisata, Para wisatawan bisa menikmati indahnya Waduk Selorejo, berjajar bukit-bukit dan pegunungan, berkeliling dan berfoto-foto di pinggir waduk. Kalau sobat sedang singgah Malang, jangan lupa mampir kesini.

Fasilitas dan Aktifas di Waduk Selorejo

Selain berfoto dan memancing di pinggir waduk, sobat bisa menyewa perahu motor untuk mengelilingi waduk dan menyeberang ke Pulau Jambu. Pulau Jambu terletak di tengah Waduk Selorejo dan memili luas sekitar 7,5 hektar. Untuk menyewa perahu motor, sobat harus menyiapkan dana sebesar Rp 50.000 sampai Rp 100.000 ribu.

Setelah sampai di Pulau Kebun Jambu sobat harus membayar lagi tiket masuk sebesar Rp 5.000 ribu per orang dan bisa memetik buah jambu sepuasnya, jika sobat ingin membawa pulang buah jambu, para wisatawan harus membayar Rp 1,000 rupiah, dapat 3 buah jambu. Tidak hanya perahu motor perahu dayung juga disewakan dengan tarif sebesar Rp 30.000 ribu per jam. Fasilitas yang tersedia di sini cukuplengkap seperti Toilet, Warung Makan, Parkir Area dan Mushola.
Wisata Bendungan Selorejo Malang Wisata Bendungan Selorejo Malang Wisata Bendungan Selorejo Malang

Kuliner di Waduk Selorejo

Setelah puas mengitari waduk sambil berfoto-toto saatnya sobat mencoba kuliner andalan Wisata Waduk Selorejo, warung-warung di Waduk Selorejo menyediakan berbagai aneka makanan ikan segar seperti Ikan Wader, ikan Nila, Mujair, ikan Tombro dan masih banyak lagi. Ikan-ikan tersebut merupakan hasil tangkapan di Waduk Selorejo.

Semua ikan-ikan tersebut di masak dengan aneka hidangan, mulai dari penyetan sampai ikan bakar dan lainnya. Setelah selesai makan sobat bisa duduk santai dipinggir waduk melihat orang memacing dan menikmati panorama indahnya matahari terbenam di pinggir Waduk Selorejo bersama dia yang tercinta.

Penghinapan di Waduk Selorejo

Jika sobat masih betah dan ingin bermalam di Waduk Selorejo, jangan kuatir dipinggir waduk ada sejumlah Vila yang disewakan untuk umun atau untuk keluarga. Vila ini didukung dengan fasilitas yang lengkap berupa kamar untuk tidur, gedung pertemuan, lapangan golf, hingga camping ground.

Jika sobat berminat bermalam disini siapkan dana Rp 200,000 ribu sampai Rp 700,000 ribu perkamar. Bagaimana sobat tertarik berkujung ke wisata yang satu ini? Sepertinya akhir pekan besok waktu yang tepat untuk pergi liburan. Sekian dulu dari saya, semoga liburan kalian menyenangkan. Kurangi Sampah Plastik Perbanyak Piknik Salam Lestari.