Pendakian Bukit Watu Jengger Mojokerto

Pendakia Bukit Watu Jengger Mojokerto. Mendaki gunung menjadi salah satu hoby yang paling diminati banyak anak muda, ditambah lagi Indonesia menjadi salah satu negara yang memiliki banyak gunung dan perbukitan yang biasa kalian daki. Jika berbicara mengenai mendaki gunung atau puncak gunung, rasanya tidak lengkap kalau belum membahas Jalur Pendakian Bukit Watu Jengger di Mojokerto yang sangat cocok untuk sobat yang masih belajar mendaki.

Pendakian Bukit Watu Jengger Mojokerto
Pendakian Bukit Watu Jengger Mojokerto
Pendakian Bukit Watu Jengger Mojokerto

Ketinggian Bukit Watu Jengger dan jalur pendakiannya yang tidaklah terlalu ekstrim membuat banyak orang berani dan tertarik untuk mendaki Puncak Bukit Watu Jengger. Nah, kalau sobat salah satu orang yang sedang merasa penasaran dengan Puncak Watu Jengger, akan lebih baik kalau sobat menyimak beberapa informasi penting dibawah ini.

Lokasi Bukit Watu Jengger

Lokasi atau alamat Bukit Watu Jengger berada di Hutan, Dusun Nawangan, Desa Tawangrejo, Kecamatan Jatirejo, Kab Mojokerto, Jawa Timur. Dari terminal Mojokerto kira-kira butuh waktu sekitar 30 menit sobat sudah sampai di Basecamp Pendakian Bukit Watu Jengger.

Perlu sobat tau, Ketika sudah berada di Jalan Dusun Nawangan, sobat mesti berhati-hati karena jalan yang akan sobat lalui cukup naik turun dan rusak poll, kalau tidak yakin mending teman sobat suruh turun lalu jalan kaki dari pada jatuh tersungkur dan gagal muncak. Setelah melewati jalan yang rusak tadi, sobat ikuti saja petunjuk arah yang menuju ke Bukit Watu Jengger. Tidak terlalu lama, sobat akan segera sampai di pedesaan, setelah itu parkir kendaraan kalian lalu lanjutkan perjalanan kalian menuju basecamp pendakian.

Pendakian Bukit Watu Jengger Mojokerto
Pendakian Bukit Watu Jengger Mojokerto
Pendakian Bukit Watu Jengger Mojokerto

Tiket Masuk Bukit Watu Jengger

Setelah sampai di Basecamp Watu Jengger sobat bisa beristirahat dulu karena lokasi parkir dan basecamp lumayan jauh, tapi lumayanlah buat pemanasan he he heeeeee. Setelah selesai istirahat bayarlah tiket masuk sebesar Rp. 10.000, isi biodata diri atau kelompok, lalu lanjutkan perjalanan kalian.

Jalur Pendakian Bukit Watu Jengger Mojokerto

Jalur pandakian ke puncak bukit watu jengger tidak terlu susah seperti yang sudah saya jelaskan diatas. Ada tiga pos pendakian yang akan sobat lewati, tapi setelah saya jalani tidak ada tulisan pos 1 2 dan 3 yang ada hanya tanah yang lapang di bawah pohon besar. Dari pada sobat bingung saya jelaskan dibawah.

Basecamp - Pos 1 Watu Jengger

Jalur pendakian dari basecamp menuju pos 1 berupa jalan makadam masih belum menanjak di sebelah kanan kiri ada pohon pinus, ikuti saja jalan makadam tersebut sampai ketemu petunjuk arah yang mengarahkan kalian menuju puncak watu jengger.

Setelah melewati papan petunjuk arah jalur pendakian yang akan sobat lalui mulai menanjak terus hingga di pos 1. Pos 1 berupa tanah yang lapang tidak ada apa-apa hanya ada pohon mahoni yang berdiri sejajar diam dan selalu ikhlas melindungi kalian dari panasnya teriknya matahari.

Baca Juga:

Pendakian Gunung Klotok Kediri

Pendakian Gunung Pundak Via Tahura

Pendakian Gunung Bekel Via Jolotundo

Jalur Pendakian Gunung Butak Via Panderman

Pendakian Gunung Penanggungan Via Tamiajeng

Pos 1 - Pos 2 Watu Jengger

Selesai beristirahat di pos 1 lanjut ke pos 2. Jalur pendakian munu pos 2 sementara ini masih datar tapi tidak lama jalur pendakian mulai menanjak lagi kanan kiri masih di kelilingi pohon mahoni, naik terus sobat akan sampai di pos 2. Pos dua berupa tanah lapang langit yang biru sudah mulai tampak jelas dari sini kareana tidak ada pohon mahoni lagi.

Pendakian Bukit Watu Jengger Mojokerto
Pendakian Bukit Watu Jengger Mojokerto
Pendakian Bukit Watu Jengger Mojokerto

Pos 2 - Pos 3 Watu Jengger

Setelah selesai minum kopi tremos dan makan bekal perjalanan saya lanjut menuju pos 3. Jarak antara pos dua menuju pos tiga lumayan jauh dan jalur pendakian yang akan sobat lewati mulai menanjak terus di sebelah kanan kiri sudah jarang ada pohon hanya ada rumput liar setingg dada.

Setelah itu jalur pendakian mulai terbuka berjajar bukit-bukit dan gunung-gunung terlihat jelas di depanmata, apalagi saat senja telah tiba keindahan Bukit Watu Jengger semakin lengkap, apalagi kesini bersama dia yang tercinta pasti keindahannya samakin lengkap dan sempurna.

Pos 3 berupa tanah yang lapang kira-kira muat sekitar 20 tenda disekitar pos tiga ada beberapa pohon saja. Jadi kalau sobat ingin mendaki Bukit Watu Jengger usahakan berangkat pagi atau siang hari agar sobat dapat jatah camp di pos tiga, kalau sobat ke maleman mungkin tempat ini sudah full tenda dan sobat harus camp di bawah pos tiga.

Pendakian Bukit Watu Jengger Mojokerto
Pendakian Bukit Watu Jengger Mojokerto
Pendakian Bukit Watu Jengger Mojokerto

Pos 3 - Puncak Watu Jengger

Dari pos 3 kepuncak Watu Jengger tidak butuh waktu lama, kira-kira buhtuh waktu 15 menit sobat sudah sampai puncak dan jangan berangkat terlalu pagi karena matahari terbit ketutup bukit lain dan jangan berangkat muncak terlalu siang panas polllllllll akan membuat kulit kalian gosong dan hasil foto kurang bagus. Puncak Bukit Watu Jengger cukup luas kalau sobat lihat dari pos 3 seperti punggung naga gunung Piramit. kanan-kiri terlihat jelas jurang yang begitu dalam.

Pendakian Bukit Watu Jengger Mojokerto
Pendakian Bukit Watu Jengger Mojokerto
Pendakian Bukit Watu Jengger Mojokerto

Info Pendakian Bukit Watu Jengger

  • Bukut Watu Jengger Mojokerto memilik ketinggian sekitar 1.100 Mdpl
  • Sebelum registrasi siapkan KTP, SIM atau KTM sebai laporan kalau sobat mendaki Watu Jengger
  • Situs pendaftaran online tahuraradensoerjo.or.id untuk pendaftaran online ini tidak wajib, cuman ingin mempermudah sobat saat registrasi saja.
  • Biaya tiket masuk Rp. 10.000
  • Biaya parkir Rp. 6.000
  • Disepanjang jalur pendakian tidak ada sumber mata air jadi bawahlah air dari bawah.
  • Lengkapi alat pendakian kalian agar pendakian kalian aman dan nyaman, tidak terjadi hal-ha yang tidak kita inginkan.

Cukup sekian dulu dari saya semoga pendakian kalian menyenangkan dan selamat sampai dirumah, jangan lupa bawa turun sampahmu agar Bukit Watu Jengger tetap terjaga keindahan dan keasriannya Salam Lestari.



Subscribe to receive free email updates: