Wisata Air Terjun Ngleyangan Kediri Jawa Timur

Wisata Air Terjun Ngleyangan berlokasi di Dusun Goliman, Desa Parang Kecamatan Banyakan, Kabupaten Kediri, Propinsi Jawa Timur. Rute paling mudah Via Krampyang ,Desa Kalipang , Kecamatan Grogol, Kab Kediri, Air Terjun Ngleyangan adalah salah satu wisata air terjun yang ada di Kabupaten Kediri, Selain air terjun Dolo dan Air Terjun Ironggolo.

Air Terjun Ngleyangan memiliki ketinggian sekitar 123 Meter dan berada diketinggian 800 Mdpl, karena letak air terjun ini berada di lereng Gunung Wilis, udara di sekitar air terjun sangat sejuk dan masih alami. Mendangar suara burung sedang bernyanyi untuk menghir sang pujaan hati, membuat otak kembali segar setelah dihajar tumpukan pekerjaan dan sikap dia yang suka menghilang tanpa kabar.

Rute Jalan Menuju Wisata Air Terjun Ngleyangan

Karena masih alami dan masih jarang orang yang datang, Wisata Air Terjun Ngleyangan hanya memiliki fasilitas tempat parkir seadanya. Itu pun dibangun oleh warga secara mandiri. Saat saya main kesini ada beberapa warung yang menjual aneka makanan dan minuman, perlu sobat ketahui kalau warung-warung ini hanya buka saat hari libur, saat hari biasah warung ini tutup karena sepi pengunjung.

Mungkin karena akses jalan yang terlalu jauh dari permukiman warga dan tak semulus jalan di Wisata Air Terjun Dolo dan Wisata Air Terjun Irenggo, membuat Wisata Air Terjun Ngleyangan sepi pengunjung. Seandainya Pemkab Kediri mau membantu membangun fasilitas umum dan ikut mempromosikan saya yakin Wisata Air Terjun Ngleyangan sangat ramai pengunjung, karena lokasinya tidak jauh dari Wisata Air Terjun Roro Kuning Nganjuk. Apa lagi kalau bandara Kediri sudah jadi pasti tambah ramai dan di bawah ini rute jalan menuju Wisata Air Terjun Ngleyangan.

Rute Jalan dari Kota Kediri

Jika perjalanan sobat di mulai dari Kota Kediri, arahkan kendaraan sobat menuju Kab Nganjuk, setelah sampai di perempatan Pabrik Gula Mrican beloklah kearah kiri terus saja sampai perempatan Pasar Banyakan, Setelah itu belok kiri ikuti petunjuk jalan menuju Dusun Goliman dan Desa Parang, Wisata Air Terjun Ngleyangan Kediri Jawa Timur.

Rute Jalan dari Kab Tungagung

Jika perjalan sobat di mulai dari Kab Tulungagung, arahkan kendaraan kalian menuju Karang Rejo - Kacamatan Mojo lanjut ke Mojoroto Kota Kediri. Lalu ikuti jalan seperti yang sudah saya tulis diatas.

Rute Jalan dari Kab Nganjuk

Jika perjalan sobat dimulai dari Kab Nganjuk, Arahkan kendaraan sobat menuju Jalan Raya Nganjuk - Kediri via Kecamatan  Loceret - Pace - Tarokan - Grogol. Setelah sampai di pertigaan Pasar Gringging, belokkan kendaraan kalian kearah kanan. Setelah masuk desa Tiron nanti ada perempatan lagi sobat belok kanan lagi, masuk wilayah Kecamatan Banyakan belok ke kanan lagi sobat akan sampai di Dusun Goliman, Wisata Air Terjun Ngleyangan Kediri Jawa Timur.

Rute Jalan dari Kab Jombang

Jika perjalanan sobat dari Kab Jombang, arahkan kendaraan sobat menuju Jalan Raya Jombang - Nganjuk via Kecamatan Perak - Bandar Kedung Mulyo. Setelah sampai Kertosono belok kiri menuju Kab Kediri, setelah sampai di perempatan lampu merah Papar, beloklah kearah kanan menuju Kecamatan Ngronggot, Kab Nganjuk.

Ikuti jalan saja sobat akan sampai di pertigaan Watu Dandang, Kecamatan Prambon, Kab Nganjuk, lalu belok kiri lurus mentok sampai Pabrik Gula Mrican. Dari Pabrik Gula Mrican, cari arah menuju Pasar Banyakan, lalu ikuti jalan seperti yang sudah saya tulis diatas. Jika masih bingung sobat bisa ikuti sudah akurat kok GOOGLE MAP

Setelah sampai di desa terakhir, jalan yang akan sobat sobat lewati akan berubah total awalnya jalan cor mulus berubah menjadi jalan makadam, setelah melewati jalan makadam sobat akan masuk ke jalan ladang penduduk dan hanya bisa di lewati kendaraan bermotor, kalau sobat membawa mobil berarti harus parkir di desa terakhir perjalanan di lanjut dengan jalan kaki selama 1 jam 30 menit. Jadi, jika sobat ingin liburan ke air terjun Ngleyangan bawa motor saja jangan membawa mobil.

Setelah melewati ladang penduduk sobat akan melewati sungai kecil, setelah melewati sungai sobat akan melewati sungai sobat akan mulai melewati hutan, jalur yang akan sobat lewati mulai naik turun dan melewati sungai lagi setelah itu sobat akan sampai di parkir area khusus motor.

Setelah parkir motor sobat lanjut jalan kaki menuju air terjun Ngleyangan tidak terlalu jauh tapi sobat harus tetap berhati-hati terutama saat musim hujan, karena struktur tanahnya tanah merah khas pegunungan, kalau musim hujan licin dan pas musim panas pasti berdebu. Jadi saya ingatkan lagi agar sobat berhati-saat berkunjung ke sini dan jangan lupa membayar parkir motor sebesar Rp 5.000.

Kegiatan saat liburan di Air Terjun Ngleyangan

Setelah sampai di lokasi Wisata Air Terjun Ngleyangan, tidak usah mengeluarkan cuan karena wisata yang satu ini free 100% selain itu, sobat bisa melakukan beberapa aktivitas agar liburan kalian semakin menyenangkan dan selalu abadi didalam ingatan untuk di ceritakan kepada anak cucu kita di masadepan, tentang air terjun Ngleyangan. dibawah ini adalah beberapa kegiatan saat liburan di Air Terjun Ngleyangan.

Setelah capek bekendara dan badan berkeringat saat jalan kaki menuju wisata, sobat bisa mandi di bawah air terjun Ngleyangan. Jika sobat tahan dengan dinginnya air Ngleyangan, rasanya sangat cesssss sekali terasa sampai kehati  dan kenangan he he heeeeee.

Kalau sobat berani dan nekat, kalian bisa Camping di area Air Terjun Ngleyangan lokasinya dan datar nyaman sekali kalau buat camp ceria. Tapi sebelum sobat berniat camp ceria di air terjun Ngleyangan ada bainya sobat meminta izin dahulu kepada tokoh masyarakat setempat atau ketua RT RW, agar tidak terjadi hal hal yang tidak kita inginkan.

Jika sobat tidak membawa baju ganti atau takut kedinginan sobat nikmati saja suasana air terjun sambil duduk manis di atas batu besar yang ada di pinggir air terjun dan  suara gemuruh air terjun Ngleyangan sambil tiduran di hammock atau rendam kaki kalian di pinggir sungai, jangan sampai lupa foto-foto ya lalu share ke Sosial media kalian agar Wisata Air Terjun Ngleyangan semakin di kenal banyak orang lalu terkenal.

Karena Wisata Air Terjun Ngleyangan belum terkenal, saya harap kalian semua memaklumi keadaan baik fasilitas dan jalan. Ayo sama-sama kita viralkan agar semua orang tau kalau Kab Kediri mempunyai wisata  alam yang bagus dan masih alami. Cukup sekian dulu dari saya semoga bermanfaat untuk kalian semua. Kurangi Sampah Plastik Perbanyak Piknik dan Salam Lestari.