Menikmati Senja di Pantai Batu Bolong Canggu Bali

Berlibur ke Bali memang menjadi impian semua orang, tapi kebanyak orang berlibur ke tempat itu-itu dan itu lagi yang di kunjungi dan di ceritakan keteman temannya, padahal masih banyak obyek wisata pantai yang tak kalah bagusnya seperti pantai Batu Bolong.

Pura berdiri kokoh di atas batu karang yang besar berada di bibir pantai menjadi ciri khas tersendiri bagi pantai Batu Bolong. Pura ini dibangun warga setempat untuk sembahyang dan tempat pemujaan kepada Ida Batara Segara. Setiap hari, masyarakat Hindu Bali datang untuk melakukan ritual ibadah di Pura ini.

Pantai Batu Bolong Canggu Bali Pantai Batu Bolong Canggu Bali Pantai Batu Bolong Canggu Bali

Lokasi dan Rute Jalan ke Pantai Watu Bolong Bali

Pantai Batu Bolong bisa jadi alternative bagi sobat yang sedang liburan di Pulau Bali, pantai ini menyuguhkan pemandangan yang bagus seperti pantai di Tanah Lot. Suasana yang mirip, mulai dari batu karang besar dan pura yang terletak di atasnya. Waktu yang pas berkunjung kepantai ini pas sore hari.

Biasanya banyak turis menghabiskan waktu pada saat sore hari. Pemandangan matahari terbenam di Pantai Batu Bolong memang menakjubkan dan membuat saya ingin kembali kesini bersama sang pujaan hati. jika sobat bandingkan denagan Tanah Lot Tidak kalah kok bagusnya.

Pantai Batu Bolong berlokasi di Desa Canggu, Kecamatan Kuta Utara, Kabupaten Badung, bali Indonesia. Terletak sekitar 7 kilometer dari pusat Kota Denpasar. Perjalanan dari Denpasar menuju ke Pantai Batu Bolong membutuhkan waktu sekitar 30 menit.

Perjalanan sobat menuju pantai Batu Bolong akan lebih mudah jika sobat menggunakan kendaraan pribadi atau menyewa mobil dan motor. Harga sewa motor di Bali cukup terjangkau tergantung CC dan tipe motor yang akan sobat sewa, mulai dari harga Rp 75.000 sampai Rp 150.000 cukup murah kan sob he he heeee.

Saat saya liburan ke sini, perjalanan saya mulai dari kota Denpasar menuju jalan Gunung Agung, melewati Jalan Raya Canggu lalu belok kekiri masuk jalan pantai Batu Bolong. Sebelum sampai di pantai Batu Bolong sobat bisa melihat area persawahan, perumahan warga dan villa. Restoran, cafe guest house, SPA dan tempat berbelanja pernak Pernik untuk oleh-oleh juga banyak terlihat dipinggir jalan.

Tidak hanya itu, saya juga melewati sebuah taman bermain anak-anak, yang diberi nama Taman Segara Madu Water Park. Saat sore hari jalan ramai lancar, tapi tidak sampai macet. Karena sebagian besar pengguna jalan akan menuju pantai yang ada di Canggu.

Saat saya tiba di ujung jalan pantai Batu Bolong, disebelah kiri ada area parkir kendaraan yang luas dan enaknya sangat dekat dengan bibir pantai. Jadi tidak perlu susah payah berjalan menuju pantai. Sebagian besar pengunjung pantai adalah wisatawan muda mudi yang membawa papan selancar, mereka datang dengan sepeda motor ada juga yang menggunakan mobil.

Harga Tiket Masuk Pantai Batu Bolong Bali

Saat masih di jalan saya berfikir kira-kira kena berapa ya tiket masuknya? Sobat tahu sendirikan, ada beberapa objek wisata terkenal di Pulau Bali harus membayar tiket masuk untuk wisatawan. Tapi setelah sampai di pantai Batu Bolong, ternyata saya tidak disuruh membayar tiket masuk alias gratis. Tapi sobat wajib membayar biaya pakir kendaraan.

Biaya parkir motor kena Rp 2,000 dan parkir mobil kena Rp 5,000. Lumayankan sob murah meriah bisa melihat indahnya senja bersama si dia he he heee? Jadi bagi sobat yang sedang mencari tempat wisata pantai murah meriah di Pulau Bali, Pantai Batu Bolong di Canggu wajib masuk catatan untuk sobat kunjungi. Namun tidak semua objek wisata pantai yang ada di Bali gratis lo sob he he heee.

Pantai Batu Bolong Canggu Bali Pantai Batu Bolong Canggu Bali Pantai Batu Bolong Canggu Bali


Aktivitas dan Fasilitas di Pantai Batu Bolong Bali

Saat saya menginjakkan kaki di pasir Pantai Batu Bolong, terlihat bentangan pantai yang sangat panjang, kira-kira sejauh 2 kilometer. Di sepanjang bibir pantai, saya melihat ada sunbed yang disewakan untuk wisatawan.  Ada juga warung kecil dipinggir pantai yang menjual jagung bakar dan minuman segar. Di sebelah kiri pantai, saya mendengar suara musik yang berasal dari Old Man’s Bar.

Memandang jauh ke laut lepas, saya melihat banyak peselancar meliuk-liuk menerjang ombak yang bergulung-gulung, dalam hati saya berkata andai aku bisa pasti akan mencobaya. Sebagian besar pengunjung pantai Batu Bolong adalah wisatawan mancanegara. Lalu bagaimana jika sobat tidak ingin berselancar, aktivitas apa saja yang bisa dilakukan di pinggir pantai?

Saya tiba di Pantai Batu Bolong Bali sekitar pukul 15.00. suasana pantai masih panas, agar tidak tersengat pansanya sinar matahari. Saya mencari sunbed kosong agar bisa duduk santai sambil menikmati makanan ringan dan minuman dingin, saat duduk santai di pinggir pantai, saya melihat aktivitas wisatawan lain ada yang menunggang kuda, menikmati pijat dan sebagian besar hanya duduk santai di tepi pantai sambil menikmati hidup yang hanya sekali.

Tidak hanya itu saya melihat banyak wisatawan yang sedang liburan bersama keluarga dan anaknya. Sebagian besar anak-anak ini bermain pasir. Bagaimana jika anak dan teman sobat ingin berenang? Ombak di Batu Bolong lumayan besar dan ada bebatuan disekitar bibir pantai.

Kalau sobat ingin berenang, sobat harus mahir betul dalam hal berenang. Jika sobat berlibur bersama anak-anak, sebaiknya selalu berada dalam pengawasan orang dewasa saat dia bermain di pinggir pantai. Jika sobat ingin berenag dipantai saya sarankan untuk mengunjungi pantai Pandawa saja, karena ombaknya tenang dan damai.

Dipinggir Pantai Batu Bolong Beach ada dua restoran atau café, dengan desain unik khas Bali. Café di pinggir pantai Batu Bolong yang paling terkenal untuk nongkrong di tepi pantai adalah café The Old Man´s Canggu. Enaknya nonggkrong di café The Old Man´s Canggu, sobat bisa melihat senja sambil minum kopi atau sebotol Bir, asik kan bisa duduk santai dan menikmati senja.

Bagai mana sobat tertarik untuk liburan ke bali?  Jangan takut untuk liburan ke bali, cobalah bermain ke bali pasti sobat akan ketagihan. Muda berkelana tua bercerita. Jangan lupa buang sampah pada tempatnya agar wisata pantai di Pulau Bali tetap terjaga ke asriannya. Kurangi Sampah Plastik Perbanyak Piknik. Salam Lestari.