Pantai Pulau Merah Banyuwangi BWI

Pantai Pulau Merah salah satu pantai yang ada di Bumi Blambangan Banyuwagi tempat wisata ini tidak hanya menawarkan pemandangan pantai saja, tak jauh dari bibir pantai ada perbukitan kecil setinggi 200 meter bertanah merah, saat senja datang pasir pantai berubah menjadi merah dari situlah nama pantai ini di ambil jadilah nama pantai pulau merah.

Sebelum pantai Pulau Merah terkenal, pantai ini bernama Pantai Ringin Pitu, tidak jauh dari pantai  ada pura juga, warga setempat biasah menyebutnya Pura Tawang Alun, pura ini dipakai umat Hindu Banyuwangi untuk sembahyang dan melaksanakan upacara Mekiyis dan melakukan upacara keagamaan lainnya.
Pantai Pulau Merah Banyuwangi BWI
Pantai Pulau Merah Banyuwangi BWI
Pantai Pulau Merah Banyuwangi BWI

Lokasi dan Rute jalan ke Pulau Merah Banyuwangi

Pantai Pulau Merah berlokasi di ujung selatan Kabupaten Banyuwangi dan berjarak sekitar 60 kilometer dari pusat kota Banyuwangi, masuk wilayah Desa Sumber Agung, Kec Pesanggaran, Kab Banyuwangi, Jawa Timur, Indonesia.

Perjalanan menuju pulau merah membutuhkan waktu sekitar 3 jam, bisa kurang bisa lebih tergantung sobat berkendara. kalau sobat ingin liburan ke pantai ini saya sarankan mengunakan kendaraan pribadi saja karena Transportasi umum yang menuju ke lokasi wisata belum ada, hanya ada ojek itu pun hanya ada di Terminal Pesanggaran.

Kalau sobat menggunkan kendaraan pribadi ada dua jalur yang bisa sobat lewati. Jalur  pertama kalau sobat dari arah barat Banyuwangi. Atau dari arah Kecamatan Genteng, sobat bisa langsung menuju ke Kecamatan Pesanggaran. Nanti akan sobat temukan papan petunjuk arah menuju Pantai Pulau Merah.

Jalur kedua dari arah timur Banyuwangi. Perjalanan dimulai dari Kecamatan Jajag, sobat langsung saja menuju ke Kecamatan Pesanggaran. Nanti sobat akan ketemu papan petunjuk arah menuju pulau merah kalau sobat kurang yakin bisa mengunakan GOOGLE MAP.

Jika sobat tetap memilih menggunakan jasa angkutan umum, tidak mau menyewa motor atau mobil dikota Banyuwangi, perjalan sobat dimulai dari Terminal Jajag, dari Terminal Jajag turun di Terminal Pesanggaran. Dari Terminal ini, sobat bisa menggunakan jasa ojek untuk menuju kelokasi wisata Pantai Pulau Merah.

Tiket Masuk Pulau Merah Banyuwangi

Setelah sampai di lokasi wisata pantau Pulau Merah, sobat wajib membayar tiket masuk dulu sebelum melakukan aktivitas dan berfoto-foto di Pulau Merah. Harga tiket masuk di pantai ini cukup murah tapi tidak murahan dan tidak akan menguras kantong sobat. Sobat bisa berwisata dan menikmati keindahan pantai hanya dengan merogoh kocek sebesar Rp 10.000 per orang. untuk parkir kendaraan bermotor Rp. 3.000. parkir mobil Rp 5.000

Fasilitas dan Aktivitas di Pulau Merah Banyuwangi

Liburan di pantai Pulau Merah tidak hanya berfoto-foto saja, jika sobat bisa Surfing? sobat bisa bermain Surfing sambil menikmati pemandangan Sunsetnya. Waktu saya main kesini ada beberapa anak kecil berlarian di pinggir pantai, di tangannya menenteng sebuah papan selancar, panasnya terik matahari tak memadamkan api semangatnya untuk menaklukan gulungan ombak Pulau Merah.

Wisatawan dari mancanegarapun tidak maukalah, sama gesitnya meliuk-liuk di atas papan selancar menaklukan ombak Pulau Merah. Karena saya tidak bisa bermain Surfing saya cuma melihat dan mengagumi orang-orang bermain selancar sambil minum air kelapa muda dibawah pohon Pandan Laut ditambah semilirnya angin menambah rasa damai dihati, setelah di tinggal pergi sang pujaan hati.

Untuk fasilitas umum tidak perlu dijelaskan terlalu panjang ya sob karena tidak jauh berbeda dengan wisata pantai di negrikita tercinta, seperti kamar mandi, tempat parkir, warung makan, mushola. Setelah puas berwisata di pulau merah sobat jangan lupa mampir di pantai lain disekitar sini ada Pantai Teluk Ijo, Pantai, Sukamade, serta Pantai Pancer dan masih banyak lagi yang ingin saya kunjungi. Bagai mana sobat tertarik untuk liburan kesini? Sepertinya weekend besok cocok untuk liburan he he heeeee.

Penginapan di Pantai Pulau Merah Banyuwangi

Bila sobat ingin bermalam di Pantai Pulau Merah, ada baiknya sobat memilih hotel di Pantai Pulau Merah Banyuwangi sesuai dengan budget yang ada di dompet sobat. Semakin dekat penginapan dengan pantai, semakin mahal tarif yang harus sobat bayar. Penginapan yang ada di sekitar pantai yaitu Red Island Jessi’s Beach House. Biaya yang harus sobat keluarkan sebesar Rp. 500.000. permalam

Kuliner di Pantai Pulau Merah Banyuwangi

Setelah capek beraktivitas perut sobat sudah mulai laparkan? Ketika sobat memasuki kawasan Pantai  sobat sudah melihat warung-warung yang berjajar rapikan? Jadi tidak usah khawatir sobat akan kelaparan saat berkunjung di Pantai Pulau Merah. di pantai ini sobat akan menemukan berbagai macam makanan khas Banyuwangi, seperti Rujak Soto, Rujak Bakso, Rawon, dan berbagai sajian khas lainnya.

Cukup sekian dulu dari saya semoga liburan anda menyenangkan. Jangan lupa buang sampah pada tempatnya agar wisata pantai Pulau Merah tetap terjaga kebersihannya dan kealamiannya, Kurangi Sampah Plastik Perbanyak Piknik Salam Lestari.