Air Terjun Tretes Wonosalam Jombang

Air Terjun Tretes dalah air terjun tertinggi di Jawa Timur, bahkan tertinggi di Pulau Jawa. ada dua aliran air terjun sekaligus yang jatuh ke bawah, membuat air terjun ini semakin elok untuk di pandang. Air terjun Tretes memiliki ketinggian sekitar 158 meter dan terletak di ketinggian 1250 meter di atas permukaan air laut dan berasal dari hulu sungai Sumber Watu Bonakah. Lalu dimana lokasi Air Terjun Tretes Wonosalam Jombang
 
Air Terjun Tretes Wonosalam Jombang Air Terjun Tretes Wonosalam Jombang Air Terjun Tretes Wonosalam Jombang

 Lokasi Air Terjun Tretes Wonosalam Jombang

Air Terjun Tretes berlokasi di Dusun Pangajaran, Desa Galengdowo, Kecamatan Wonosalam, Kabupaten Jombang, Propinsi Jawa Timur. Masuk kawasan Taman Hutan Lindung TAHURA R. SOERJO di Gunung Jurug Guah, satu komplek dengan Gunung Anjasmoro, kawasan ini merupakan kawasan hutan lindung yang masih terjaga keasriannya dan keindahan alamnya.

Pada kawasan ini terdapat aliran sungai yang merupakan sambungan dari Air Terjun Tretes, sehingga kebutuhan air di wilayah Wonosalam dapat terpenuhi dengan baik. Curah hujan di kawasan ini berkisar 5.856 mm/th. Sedangkan suhu rata-rata 24 °C.


Bagi para wisatawan yang berkunjung ke air terjun Tretes disarakan tidak mandi di bawah air terjun secara langsung. Derasnya air akan membuat tubuh sakit bahkan bisa terluka. Namun, sobat masih bisa menikmati segarnya air Terju Tretes dengan mandi di sekitaran air terjun.

Rute Jalan menuju Air Terjun Tretes Wonosalam Jombang

Bagi wisatawan asal Jombang, tentunya sudah hafal dan tidak asing lagi dengan jalan menuju air terjun ini. Untuk sampai ke lokasi Air Terjun Tretes, saya sarankan menggunakan kendaraan pribadi saja. Karena transportasi umum yang menuju kawasan ini cukup minim bahkan tidak ada.

Sebelum berwisata ke Air Terjun Tretes sebaiknya sobat mempersiapkan beberapa hal, seperti kacamata, baju ganti untuk basah-basahan dan jangan lupa bawa kamera atau gadget yang kameranya lebih canggih. Sangat disayangkan, jika teman-teman tidak mengabadikan moment dan keindahan wisata air terjun Tretes.


Selain itu, persiapkanlah fisik dan kendaraan sobat karena perjalanan yang akan sobat tempuh membutuhkan tenaga ekstra dan kesabaran. Jadi tunggu apalagi. Sepertinya akhir pekan ini waktu yang tepat untuk liburan ke wisata Air Terjun Tretes he he heeee.


Rute menuju Air Terjun Tretes Ada dua jalan yang bisa sobat lewati . Yang pertama lewat kabupaten jombang dan yang ke dua Kabupaten Kediri, kalau kediri menuju Kecamatan Kandangan. Setelah sampai di pertigaan pasar Kandangan, belok ke arah kanan menuju Desa Medowo.


Setelah itu Menuju Desa Galengdowo. Setelah sampai di Galeng Dowo sobat jangan kuatir karena disepanjang jalan sudah dipasang papan petujuk arah menuju Air Terju Tretes. Ikuti saja jalan sobat akan sampai di lokasi parkir area. Kalau masih bingung sobat gunakan saja google MAP.
 
Air Terjun Tretes Wonosalam Jombang Air Terjun Tretes Wonosalam Jombang Air Terjun Tretes Wonosalam Jombang

Harga Tiket Masuk Air Terjun Tretes Wonosalam

Setelah sampai di tempat parkir sobat harus melanjutkan perjalan dengan jalan kaki sejauh 3 kilometer, dengan jalur batu dan sedikit menanjak. Sebelum sampai ke pintu loket sobat akan melewati perkebunan kopi. Setelah itu kebun bambu, Setelah melewati kebun bambu sampailah di Pos Perhutani di sinilah tempat membayar tiket masuk air Terjun Tretes.

Setelah membayar tiket sebesar Rp 10.000. sobat masih melanjutkan perjalan sejauh 2 kilometer lagi, dengan jalur tanah hitan padat, Setelah berjalan sekitar 1 jam sampailah di air terjun Tretes Wonosalam. Perlu sobat ketahui perjalan ini seperti orang mendaki gunung walau tak sesulit mendaki gunung jadi siapkan fisik sebelum berwisata kesini.
 
Air Terjun Tretes Wonosalam Jombang Air Terjun Tretes Wonosalam Jombang

Fasilitas  di Air Terjun Tretes Wonosalam

Fasilitas dan bangunan penunjang kegiatan wisata air terjun belum lengkap seperti wisata air terjun lain, di sini hanya tersedia beberapa warung itu pun hanya buka pas hari lubur, tempat parkir masih jauh dengan lokasi wisata dan toiletnya atapnya sudah jebol.

Sarana pendukung lainnya pada umumnya masih bersifat alami. Jadi tempat ini sangat cocok bagi sobat yang demen bermain dengan alam. Sekian dulu dari saya Jangan lupa bawa pulang SAMPAHMU agar alam tidak rusak dan kotor karena sampah plastik. Mari lestatarikan kawasan hutan TAHURA R. SOERJO DEMI ANAK CUCU. Salam Lestari