Tips dan Trik berwisata ke pulau Bali

Berlibur ke Pulau Dewata memang menjadi impian dan ke inginan banyak orang, menikmati senja di bibir pantai, melihat seni tradisional yang di jaga dengan baik olaeh warga bili dan masih banyak lagi, bukankah semua itu sangat mengasikkan? Tapi kebanyakan orang berfikir kalau liburan ke bali itu sangat mahal padahal tidak sama saja seperti liburan di Jogja, Bandun dan seterunya.

Harga hotel, tiket masuk wisata, rental motor, rental mobil, makan dan minumanpun sama seperti di kota kota lain yang ada di Jawa dan Pulau lainya, yang mahal buat liburan ke Bali itu transpotasinya dari Surabaya ke Bali atau dari Jakarta ke Bali dan Kapan waktu terbaik liburan ke Bali?

Tips dan Trik berwisata ke pulau Bali
Pantai Tegal Wangi
Hindari Musim Hujan. Sudah hukum alam ada misim hujan dan musim kemarau, namun sobat bisa merencanakan kapan waktu yang tepat untuk liburan, saran saya hindari liburan saat musim hujan di Bali. Musim kemarau di Bali biasanya jatuh pada bulan April, September.

di bulan ini hujan di pulau Bali sudah berkurang. Konsekuensi memilih liburan saat musim panas di Bali kulit sobat akan tambah gelap, karena tersengat terik matahari. Oleh karena itu, jangan sampai lupa membawa sun block agar dapat mengurangi kulit terbakar sinar matahari.

Hindari Berlibur Saat Musim Ramai. Selain melihat faktor cuaca, sobat juga harus tahu kapan musim padat pengunjung. Karena pada saat ramai pengunjung, hampir semua harga yang ada di bali naik. Seperti harga tiket pesawat, harga hotel, harga sewa mobil dll ikut naik. Sangking ramainya kenaikan harga bisa sampai 25% – 40 %  ngeri gak tuh? Mau irit malah tombok he he heeee.

Musim liburan di Bali biasanya jatuh pada bulan Juni dan Juli (musim liburan sekolah), di bulan Agustus (musim liburan warga negara asing), dan bulan Desember sampai awal Januari (musim liburan natal dan tahun baru). Jadi jika sobat ingin mencari liburan murah, hindari bulan bulan itu. Selain harga naik, pada saat musim liburan di Bali, sebagian besar jalan di Bali akan macet, terutama di kawasan tempat wisata Bali selatan.

Sebelum booking tiket pesawat, tiket Kereta dan tiket Bus untuk pergi ke Bali, jangan lupa gunakan incognito modeIncognito mode atau mode penyamaran, mode ini sangat berguna saat sobat menjelajah ke beragam situs website penerbangan, hotel dan jasa travel.

Kalau sobat tidak menggukan mode itu website travel agen yang sobat kunjungi bisa melacak ‘history’ yang sebelumnya, sehingga saat memasuki situs mereka untuk kedua atau ketiga kalinya, sistem akan menaikkan harga atau istilahnya dynamic pricing. Untuk menghindarinya, gunakanlah mode penyamaran agar sistem tidak bisa mendeteksi history sobat.

Tips dan Trik berwisata ke pulau Bali
Pantai Batu Bolong 
Bandingkan juga harga tiket pesawat antara satu maskapai dengan maskapai lainnya jika sobat naik bus bandingkan tiket bus antar PO Jangan hanya lihat harganya, pertimbangkan juga waktu perjalanan nya, Sangat disayangkan kalau mendapatkan harga paling rendah namun perjalan tertunda, Lebih baik pilih yang sedikit mahal tapi tepat waktu.

Kalau sobat naik Kereta Api turunnya di Stasiun Banyuwangi Baru. Setelah itu jalan kaki menuju Pelabuhan, setelah sampai pelabuhan jangan langsung masuk pelabuhan tapi tunggulah bus ke Denpasar di depan pelabuhan nanti ada Bus Akas, Bus Laju dan Bus Gunung Harta.

Jadilah traveler yang cerdas. jangan mudah terkecoh dengan penginapan yang murah. Penginapan dengan harga murah memang sangat menggiurkan, tapi sobat harus mempertimbangkan juga fasilitasnya, apa saja yang diberikan. Contohnya, daripada menyewa kamar dengan harga permalam Rp. 100.000 tanpa sarapan dan lokasi jauh dari pusat kota.

Lebih baik sobat memilih penginapan seharga 150.000 rupiah tapi sudah termasuk sarapan dan lokasinya strategis dekat dengan fasilitas publik. Jangan malas membaca sekarang sudah mudah tinggal cek Aplikasi di HP sobat bisa dengan mudah medapatkan hotel tiket dan lainnya.

Setelah urusan booking tiket pesawat dan penginapan sudah selesai, sekarang saatnya memperhitungkan transportasi apa yang akan digunakan selama keliling Bali, jika sewa motor bisa lebih hemat kenapa harus pakai taksi? Kalu ingin mengunjungi destinasi wisata di sekitar pusat kota, sewa motor saja, biaya yang harus dikeluarkan untuk sewa motor per hari sebesar Rp 70.000 sampai Rp 150.000 ribu rupiah, tergantung tipe dan CC motor yang akan sobat sewa.

Biaya itu belum termasuk uang bensin looo sob. Tips saat mesewa motor, pilihlah motor yang bergigi jangan matic. Karena sobat sudah tau sendiri, motor matic jauh lebih boros daripada motor bergigi catatan harga bisa berubah setiap saat.

Tips dan Trik berwisata ke pulau Bali
Pantai Dreamland Beach
Kalau mau wisata murah di Bali, kunjungilah tempat - tempat wisata yang gratis saja, Bali punya banyak pantai yang bisa sobat kunjungi tanpa mengeluarkan uang sedikitpun alias gratis, seperti pantai Tegal Wanggi, pantai Dreamland Beach, Pantai Batu Bolong dan masih banyak lagi yang belum  saya kunjungi he he heeee. Kalau ingin beli oleh oleh banyak took - toko souvenir dan pusat perbelanjaan yang menarik untuk dijelajahi.

Meskipun cuma sekadar melihat lihat tidak membeli yang penting sudah tau kalau di tanya teman jadi tidak malu he he heee, berjalan mengelilingi pusat perbelanjaan cukup menyenangkan. Sobat bertemu warga local bertanya tentang pernak - pernik kerajinan tangan, dan lainnya, agar sobat tau lebih tentang bali.

Yang ini tidak berkaitan dengan budget, namun sobat harus tau saat liburan ke Bali, sobat sudah tau Banten kalau dijawa biasanya di sebut sajen berupa bunga dan persembahan lainnya dalam wadah janur, orang bali menyebutnya canang sari. biasanya diletakkan di pintu masuk dan area-area yang sering dilalui orang. Banyak sekali pertanyaan bagaimana kalau saya tidak sengaja mengijaknya?

Sebenarnya tidak masalah kalau sobat memang tidak sengaja menginjaknya. Jika sobat menginjaknya di depan pemilik sajen atau penjaga toko atau ditempat sajen itu diletakkan, cukup minta maaf dan dan bilang tidak sengaja. Kalau bisa saat sobat berjalan hindarilah dengan melewatinya, jangan sampai malah di sengaja menginjaknya nanti sobat malah kena masalah dan masuk bui.

Saat sobat berkunjung ke pura atau tempat - tempat yang dianggap suci oleh masyarakat setempat. Hargailah dan ikuti saja adat istiadat warga setempat. Gunakanlah pakaian yang sopan. kalau sobat mengenakan celana pendek, pakailah sarung atau kain.

Ada beberapa tempat yang mewajibkan sobat mengenakan kain sarung dan senteng. Kalau ada orang lagi sembahyang jangan berjalan di depannya itu tidak sopan dan saat sobat memotret upacara adat jangan menyakan flash itu sangat menggagu.

Bagi yang perempuan, jangan masuk ke dalam pura saat sedang datang bulan. Itu sedikit tips dan trik dari saya jika ada yang kurang jangan sungkan untuk berkomentar. Selamat liburan semoga petualangan sobat menyenangkan dan jangan lupa buang sampah pada tempatnya agar tempat pariwata kita tetap indah dan terjaga ke asriannya salam lestari.